Batu Marmer

5 Agustus 2013

Marmer adalah batuan kristalin kasar yang berasal dari batu gamping atau dolomit. Marmer yang murni berwarna putih dan terutama tersusun oleh mineral kalsit.

Marmer atau batu pualam merupakan batuan hasil proses metamorfosa atau malihan dari batu gamping. Pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen menyebabkan terjadi rekristalisasi pada batuan tersebut membentuk berbagai foliasi mapun non foliasi.

Akibat rekristalisasi struktur asal batuan membentuk tekstur baru dan keteraturan butir. Marmer Indonesia diperkirakan berumur sekitar 30–60 juta tahun atau berumur Kuarter hingga Tersier. Campuran warna yang berbeda,dapat mempunyai pita-pita warna.kristal-kristalnya sedang sampai kasar,jika ditetesi asam akan mengeluarkan bunyi mendesis

Tulungagung adalah salah satu penghasil marmer terlama di Indonesia. PT. Citatah Tbk adalah salah satu penghasil marmer di Indonesia dengan lokasi quarry terbesar saat ini di Pangkep, Ujung Pandang dan membawa nama Indonesia sebagai salah satu produsen marmer di dunia, sekaligus yang terbesar di Indonesia.

Saat ini daerah penghasil marmer di Indonesia sudah tersebar luas, antara lain Lampung, Jawa Tengah, Bandung, Sulawesi, Kalimantan, Bangka, dan Kupang, namun marmer terbaik terdapat di Sulawesi Selatan

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

3 komentar :

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~