Undang-Undang No. 6 Tahun 2014

2 Februari 2015
Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa ini diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan disusun oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kementerian Dalam Negeri yang merupakan lembaga pelaksana PNPM Perdesaan.

Peraturan ini mensinergikan sejumlah prinsip Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) termasuk perencanaan partisipatif desa, implementasi kegiatan berbasis desa, kolaborasi antar-desa dan upaya meningkatkan mekanisme akuntabilitas.


Dengan disahkannya UU Desa ini, masyarakat diharapkan mengemban tanggung jawab dan kendali atas urusan desanya dalam upaya pemenuhan kebutuhan pembangunan. Musyawarah tahunan masyarakat desa akan menjadi forum tertinggi dalam pengambilan keputusan. Forum ini diadaptasi dari mekanisme akuntabilitas dalam PNPM Perdesaan. Undang-undang ini mengukuhkan prinsip pemberdayaan dan menjadi langkah pelembagaan PNPM.

Berikut cuplikan dari Undang-Undang No. 6 Tahun 2014

BAB I
KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:
  1. Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.
Selengkapnya bisa download di sini
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

29 komentar :

  1. ini tentang undang-undang desa ya Pak MArs

    BalasHapus
  2. by hajiale15

    Informasi Mengenai Beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Sinusitis Serta Cara Ampuh Mengobati Sinusitis dengan Obat Alami Sinus Jelly Gamat Gold G

    BalasHapus
  3. keren infonya semoga lancar undang undangnya

    BalasHapus
  4. mantab pak. tambah sukses pak.

    BalasHapus
  5. is good artikel Thank you so much

    BalasHapus
  6. by hajiale15

    Informasi Mengenai Beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Sinusitis Serta Cara Ampuh Mengobati Sinusitis dengan Obat Alami Sinus Jelly Gamat Gold G

    BalasHapus
  7. artiklenya sangat bermanfaat neh bagus banget

    BalasHapus
  8. wah nambah deh ilmu ane. makasih mas..

    BalasHapus
  9. Informasi Mengenai Obat Herbal Pencegah dan Penyembuh Flu Menahun serta Cara Cepat dan Ampuh Menyembuhkan Flu Menahun dengan Obat Herbal Alami Flu Menahun Jelly Gamat Gold G

    BalasHapus
  10. blog nya udah jarang update yah gan?

    BalasHapus
  11. makasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  12. Informasi Mengenai Pantangan Makanan Untuk Penderita Flu Berkepanjangan dan Obat Alami Pencegah dan Penyembuh Flu Berkepanjangan Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  13. teimakasih ats infonya
    smoga bermanfaat

    BalasHapus
  14. semoga undang undang no 6 tahun 2014 di jalankan dengan baik

    BalasHapus


  15. Informasi Mengenai Pantangan Makanan Untuk Penderita Pilek Menahun serta Obat Alami Pencegah dan Penyembuh Pilek Menahun Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus

  16. Informasi Menarik Mengenai Obat Herbal Pencegah dan Penyembuh Flu Berkepanjangan dengan Obat Alami Tradisional Flu Berkepanjangan yang Tidak Hanya Ampuh Namun Juga Aman di Konsumsi.

    BalasHapus
  17. Informasi Mengenai Pantangan Makanan Untuk Penderita Pilek Berkepanjangan Serta Obat Alami Pencegah dan Penyembuh Pilek Berkepanjangan Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  18. Informasi Mengenai Pantangan Makanan Untuk Penderita Pilek Menahun serta Obat Alami Pencegah dan Penyembuh Pilek Menahun Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  19. terima kasih atas postingannya gan, sangat bermanfaat untuk para pembaca situs online, salam sukses gan,...

    BalasHapus
  20. mantap artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  21. makasih bos aku udah tau tentang UU desa sekarang berkat pemberi tahuan bos sekarang.

    BalasHapus
  22. informasi yang sangat bermutu dan bermanfaat

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~