Nasi Uduk Anti Biasa

8 April 2015
Banyak tulisan tentang cara bikin nasi uduk secara tradisional dan konvensional, tapi yang ini termasuk anti biasa karena dibuat pakai rice cooker.

Seiring dengan perkembangan teknologi, rice cooker tercipta untuk memudahkan bagi kita dalam memasak nasi. Tak hanya nasi uduk saja yang bisa dimasak menggunakan rice cooker, nasi beras merah dan beras ketan pun juga bisa. Lebih sederhana namun lebih cepat.

Kalau secara tradisional, memasak nasi biasanya cukup ribet, apalagi nasi gurih yang menggunakan santan ini. Dengan demikian, Anda tak perlu pusing lagi menyiapkan nasi uduk, terutama pada saat waktu mendesak. Cukup hanya dengan bantuan magic com, nasi uduk yang gurih siap dihidangkan dimeja makan!.

Cara masak nasi uduk gurih dengan memakai rice cooker .
Bahan :
3 cangkir beras putih, cuci bersih
2 lembar daun salam segar, cuci bersih
2 batang sereh dicuci bersih
1 sdt garam bubuk
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa, atau bisa juga santan kara
Air secukupnya

Cara Memasak :
Masukkan beras yang sudah Anda persiapkan sebelumnya kedalam magic com.
Tambahkan santan kara dan air secukupnya, menggunakan ukuran seperti halnya pada saat Anda memasak nasi biasanya pada rice cooker. Kemudian masukkan sereh, daun salam, dan garam. Aduk-aduk hingga merata.

Hidupkan rice cooker sampai kira-kira beras sudah 1/4 matang (atau setelah sekitar 20 menit), kemudian buka tutupnya untuk mengaduk-aduk nasi supaya pulen. Setelah itu tutup kembali. Ketika nasi sudah saatnya matang, aduk-aduk lagi nasi supaya benar-benar pulen.

Hidangkan nasi uduk dengan lauk kesukaan Anda, biasanya bersama ayam goreng kengkuas, atau ayam goreng kremes plus daun kemangi, tempe keringan, dengan taburan bawang goreng.
Demikian cara memasak nasi uduk yang gurih dengan menggunakan magic com atau yang juga kita kenal dengan sebutan rice cooker. Cara sederhana menghidangkan cepat dikala waktu mendesak.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

2 komentar :

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~