Manfaat Kacang Hijau

26 Januari 2016
Kacang Hijau atau Phaseolus radiatus berasal dari keluarga leguminoceae (kacang-kacangan) yang berasal dari India. Orang China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan seperti menurunkan panas serta mengeluarkan racun yang berada di tubuh.

Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino yang berkhasiat sebagai obat beri-beri, demam nifas, pelancar air seni, dan kurang darah. Dan berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh manusa.

Berikut manfaat kacang hijau
1. Mengobati anemia (kurang darah)
Dalam artikel cara mengobati anemia, saya pernah juga memberikan poin mengenai kacang hijau. Yup, kacang yang satu ini memang kaya akan kandungan zat besi, sehingga sangat bermanfaat untuk para penderita kurang darah. Bahkan diantara jenis kacang-kacangan lainnya, kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi. Baca juga manfaat kacang panjang sebagai obat anemia.

2. Menurunkan berat badan
Kacang hijau juga baik untuk mereka yang sedang dalam program diet. Kandungan serat yang tinggi serta rendah lemak membuat makanan ini cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Tapi jangan lupa dibarengi dengan olahraga teratur agar tetap sehat.

3. Untuk Ibu Hamil dan janin
Orang-orang zaman dahulu sangat menganjurkan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Anjuran tersebut diamini oleh medis karena berdasarkan penelitian kandungan protein dalam kacang hijau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang selama kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau biasanya mempunyai bayi dengan rambut lebat.

4. Makanan pendamping ASI
Makanan Pendamping ASI atau sering disingkat MP-ASI biasanya diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Dan makanan yang paling direkomendasikan sebagai pendamping ASI adalah kacang hijau. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalamnya akan membuat pertumbuhan bayi lebih maksimal.
5. Mengurangi kolesterol
Jika Anda menderita kolesterol yang sangat tinggi, Anda bisa menguranginya. Pengonsumsian kacang hijau secara teratur bisa mengurangi kadar kolesterol yang berada di tubuh, makanan rendah kolesterol ini memiliki kandungan serat mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit di cerna.

6. Mengurangi risiko kanker payudara
Kacang hijau ialah jenis kacang yang mempunyai kandungan zat yang berguna untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat adanya pertumbuhan sel kanker tertentu termasuk sel yang berada di kanker payudara. Zat ini juga bisa mencegah terbentuknya sel tumor.

7. Diabetes
Kacang hijau ialah salah sayu makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti ia adalah makanan yang begitu baik di konsumsi untuk para penderita diabetes. makanan yang memiliki kadar glikemik rendah bisa menyebabkan kadar gula menjadi normal.

8. Mengurangi keluhan pasca menopause
Kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon. Ia adalah kelompok phytoestrogen yang membuat kacang hijau memiliki sifat estrogenik alamiah. Pengonsumsian sebanyak 90 mg phytoestrogen sehari akan membantu perempuan yang sedang mengalami transisi menopause sehingga mencegah osteoporosis dengan cara merangsang pembentukan tulang.

9. Menjaga kesehatan jantung
Sebagai salah satu organ vital, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan cuma olahraga, tapi juga harus mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat dalam kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak menjadi flak dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

10. Menguatkan tulang
Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting yang dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Termasuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

11. Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan
Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata kacang hijau juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Sering kali kita melihat berbagai produk kecantikan juga menggunakan kacang hijau sebagai bahan utamanya, bahkan untuk lulur di spa-spa kecantikan, kacang hijau ini juga di jadikan bahan utama. Kacang hijau bermanfaat untuk menghaluskan kulit hingga mengambil sel kulit mati yang berada di dalam tubuh, oleh sebab itu saat Anda selesai menggunakan kacang hijau sebagai lulur, kulit akan nampak lebih putih, bersih, hingga halus.

12. Menghilangkan bekas cacar dan jerawat
Dalam artikel cara mengobati cacar air ada poin mengenai manfaat kacang hijau di sana. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar, kacang hijau juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya, rendam segenggam kacang hijau dalam air selama semalam. Besok paginya, setelah mengembang ditumbuk hingga halus. Balurkan pada wajah sebagai masker. Biarkan mengering dengan sendirinya lalu dicuci hingga bersih.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~