Guru Dua Puluh Empat Jam ?

3 Maret 2008
Klinik 24 jam, oke...
Pom Bensin 24 jam, oke...
Rumah Makan 24 jam oke juga...
Karena memang melayani 24 jam sehari dan habis melayani dapat kompensasi. Tapi kalau guru?.
Apa profesi itu melekat 24 jam ?.
Kalau iya, berarti guru dapat lemburan dong. Tapi nyatanya guru tidak dapat insentip. Tapi nyatanya pula, oleh sebagian masyarakat yang non guru, tuntutannya terlalu berlebihan. Guru dituntut seperti malaikat. Tindakannya tak boleh ada celanya, tidak sopan kalau guru ngomong bayaran, kalau ada guru lakukan hal tidak baik langsung profesi "gurunya" dibawa2. Padahal seperti aku tulis di atas, bahwa guru itu tidak 24 jam. Guru ya kalau di sekolah. Setelah itu ya manusia biasa yang bisa khilaf, yang bisa salah, yang butuh biaya, yang pengin berpolitik, yang pengin makan enak, yang pengin punya laptop, yang nyekolahkan anak juga, yang pengin internetan juga, yang masih seneng nyawang artis cantik juga, yang tidak suka kalau profesinya dibawa2. Apa yang bicara seperti itu tak punya profesi...
Apa benar di dunia ini malah hanya ada dua profesi, yaitu guru dan bukan guru?.
Aku guru, tapi aku malu menyanyikan Hymne Guru.
Aku guru, tapi aku tak bangga dikatakan "Pahlawan tanpa tanda jasa", karena aku tak pernah merasa punya jasa. Aku hanya bekerja sebagai guru seperti pekerja lainnya, cari nafkah !.
Tapi aku harus bangga sebagai guru, karena kakek dan bapakku juga guru. Berdosalah aku kalau kebanggaan itu tidak ada padaku, walau keguruanku ada unsur keturunan alias gen pembawa sifat.

[tulisan ini tidak mewakili suara guru]

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

5 komentar :

  1. Guru seumur hidup juga ada pak, yaitu: Orang Tua :D

    BalasHapus
  2. Semoga bisa terus jadi guru yang baik pak.

    BalasHapus
  3. Guru juga manusia biasa...
    jadi jika melakukan suatu kesalahan jangan kita sangkut pautkan dengan profesinya...
    Tetap semangat pak.

    BalasHapus
  4. Profesi guru memang melekat 24 jam..
    tidak hanya saat di sekolah saja...

    BalasHapus
  5. Artikel yang bagus...
    Semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~