NKRÉ dijaga ABRÉ

13 Agustus 2008

E

nam puluh tiga tahun Indonesia merdeka, tapi sebagian besar rakyatnya masih belum mampu mengeja nama negaranya sendiri dengan benar. Hampir setiap kita, ketika ditanya "Apa nama negara kita", jawabannya pasti mantap: "Éndonesia !".

Kenapa kita fasih menyebutkan Indomie, Indosiar, Indosat, Indomaret dan Indo-indo yang lain, tetapi ketika menyebut negara sendiri malah keseleo?.

Tak ada yang menyebut Indosiar dengan Éndosiar atau Indomie dengan Éndomie. Tapi mengapa Indonesia dibaca sebagai Éndonesia?. Anehnya ketika menyebut Indocina malah betul...

Saya jadi bimbang, kita ini orang Indonesia apa Éndonesia sich?.

Naga2nya akan ada NKRÉ, PKÉ, RRÉ, TVRÉ, FPÉ, TKÉ, ABRÉ, POLRÉ.
(kalau aku sich suka nyanyi OLÉOLÉ sambil makan ONDÉONDÉ dan mbayangkan WAJAHÉ JUPÉ...)


Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

21 komentar :

  1. ene hare apa seh

    BalasHapus
  2. @ Gus Ye:
    Gus Yehie bise aje... Gile kaleee

    BalasHapus
  3. endonesia, endo ning esia *halah*
    mungkin karena dari soekarno sendiri mengejanya begitu...

    BalasHapus
  4. Mengeja kata : Indosiar, Indomie, Index, Imleks, Iming-iming, Isyarat, Insya Allah, Istri, Inimoe apa namanya?, itu terasa lebih mudah lantaran tidak mengandung huruf 'NE'. Coba saja kita rubah spt ini : INDOSIA. Pasti lebih mudah daripada Indonesia.. right??

    BalasHapus
  5. Saya lebih suka dengan nama : SUMATRA daripada INDOESIA... :)

    BalasHapus
  6. Andaikan nama Negara kita Indosiar, mungkin tak akan ada lagi orang yang salah sebut.

    BalasHapus
  7. Blog éné débaca marsudéyanto dot blogspot dot com, betul begétu pak Mar :) :) :). Hobé barunya sekarang buat lénk palsu ya....

    BalasHapus
  8. @Mas Sitijenang:
    Sumber kesalahan memang pada huruf E, yang bisa dibaca macem2 seperti pemakaian pada kata helikopter, sore, esa, es, emas...

    @Mas Khay:
    Jangan cari kambing item. "NÉ" kagak salah.

    @Inter Studio:
    Saya suka Jawa

    @Khairuddin Syah
    Pindah ke Mercusuar aja...

    @Rochmaniac:
    Huruf É marakke GILÉ, Tumbar Miri Jahe...

    BalasHapus
  9. walah pak, kita emang sudah salah kaprah dalam penyebutan laval, I jadi E : kalau menurut anE enakE bagaimanE yE, emangE guE pikirnE .... salam

    BalasHapus
  10. kekekeke ... wah, salut juga sama pak mar yang begitu peduli sama lafal dan ejaan, haks.... yang lebih parah tuh waktu nyanyi lagu "Endonesa Raya", pak, hehehehe .....

    BalasHapus
  11. @ ekspresi hati:
    apa telinga & mata sudah tidak akur lagi ya Mas...

    @ pak sawali:
    Bener sekali... Sejak saya SD, kalau nyanyi pasti "ENDONESA RAYA...."

    BalasHapus
  12. Pak kalo mau lihat ketidakbecusan orang endonesha *pake h biar kerenan dikit* lihatlah iklan Aqua yang menggunakan Zinadine Zidane, "Aqua untuk kesejahteraan anak-anak…Endonesia…”

    -----------------------------------------------
    Gimana mau maju di kancah internasional,klo ngucap negara sendiri aja masih belepotan. Ini hanya republik mimpi

    BalasHapus
  13. Pi saya nggak muna sih Pak,dari kecil emang ngucapnya Endonesha, mpe kelas 2 SMA kalo ndak salah...hehehehe...
    Endonesha Merdeka!!! -->>bentar lagi kan mau HUT Endonesha ya..

    BalasHapus
  14. Wakakaka...

    Saya jadi inget waktu temen kul dari bandung protes kalo saya mengucapkan titek padahal tulisannya titik.

    BalasHapus
  15. pak,saya misih pake basa Endonesa

    BalasHapus
  16. @ rizla1988:
    Saya malah sampe sekarang masih Endonesha...

    @Mas Abdee:
    Pitek Cilek Ketiban dinglek...

    @ mas B4CH:
    Saya juga Mas...
    Moto Gepe...

    BalasHapus
  17. hehehehehe mungkin karena terlalu bersemangat menyebutkannya :D

    BalasHapus
  18. majulah negeriku, bersatu bangun NKRE

    BalasHapus
  19. Nice post! This really helps me to find the answers to my question. Hoping that you will continue posting an article having a useful

    information. Thanks a lot!

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~