Tahapan Penyusunan RPP Kurikulum 2013

28 Agustus 2013
Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimulai dari mencantumkan Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian. Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan suatu kesatuan.
Penjelasan tiap-tiap komponen adalah sebagai berikut.
  1. Mencantumkan Identitas Terdiri dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas­, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu. Hal yang perlu diperhatikan adalah :
    1. RPP boleh disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
    2. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus. (Standar kompetensi – Kompetensi Dasar – Indikator adalah suatu alur pikir yang saling terkait tidak dapat dipisahkan)
    3. Indikator merupakan: ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar, penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah, rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi, digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. 
    4. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2 x 45 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya..  
  2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran Output (hasil langsung) dari satu paket kegiatan pembelajaran. Bila pembelajaran dilakukan lebih dari 1 (satu) pertemuan, ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan menurut waktu pertemuan, sehingga tiap pertemuan dapat memberikan hasil. 
  3. Menentukan Materi Pembelajaran Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat diacu dari indikator. 
  4. Menentukan Metode Pembelajaran.
    Metode dapat diartikan pula sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih. Karena itu pada bagian ini cantumkan pendekatan pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran peserta didik: Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah, dan sebagainya. Metode-metode yang digunakan, misalnya: ceramah, inkuiri, observasi, tanya jawab, e-learning dan sebagainya. 
  5. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran
    Kegiatan Pendahuluan : Orientas, Apersepsi, Motivas, Pemberian Acuan biasanya berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Acuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar.
    Kegiatan Inti, berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui peserta didik untuk dapat mengkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work) masing-masing.
    Kegiatan penutup
    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan, guru memeriksa hasil belajar peserta didik dengan memberikan tes tertulis atau tes lisan atau meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun atau dalam bentuk tanya jawab, memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran
  6. Memilih Sumber Belajar
    Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya. Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu. Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file, folder penyimpanan, dan bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. 
  7. Menentukan Penilaian
    Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

16 komentar :

  1. Alhamdulillah, akhirnya nemu juga yang ngepost ini. makasih ya. Do`ain moga sukses saat memanfaatkannya.

    BalasHapus
  2. makasih gan informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. lanjutkan dengan artikel yang sangat bagus

    BalasHapus
  4. menambah pengetahuan yang bermanfaat, makasih

    BalasHapus
  5. makasih atas infromasinya semoga tambah sukses selalu

    BalasHapus
  6. Setelah di baca ternyata lumayan juga.

    BalasHapus
  7. terimakasih atas informasi dan bimbingannya,.. salam kenal dari http://jawacyber.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. terima kasih info nya ...

    BalasHapus
  9. Greetings admin I like your topic, after reading your article very helpful at all and can be a source of reference I will wait for your next article updates Thank you, for sharing sex shop, sex shop semarang, sex toys semarang, alat pembesar penis, vimax asli, obat kuat semarang, boneka full body,

    BalasHapus
  10. Greetings admin I like your topic, after reading your article very helpful at all and can be a source of reference I will wait for your next article updates Thank you, for sharing sex shop, sex shop semarang, obat memperbesar alat vital, obat pembesar penis, vimax asli, sex toys vagina senter, obat penggemuk badan semarang

    BalasHapus
  11. khasiat dan manfaat jinten hitam (habbatussauda) memang sudah terbukti nyata.
    untuk pemesanan jintan hitam silahkan hubungi saya.

    BalasHapus
  12. Thank's ya gan atas infonya. . update terus
    jangan lupa mampir balik ya di website kami. . Salam sehat

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~