Ikan Beracun Di Sekitar Kita

30 Januari 2014
Dari berbagai macam ikan air laut maupun air tawar, ada beberapa yang beracun. Beberapa diantaranya adalah :
  • Ikan Buntal (Fugu Fish).
    Secara sekilas Ikan Buntal ( Fugu Fish ) menyerupai bola duri yang biasa dipakai untuk pengobatan alternatif. Dibalik bentuknya yang lucu dan unik, ikan ini memiliki racun yang sangat mematikan. Ikan beracun ini dianggap memiliki racun paling berbahaya kedua didunia. Disebut ikan Buntal karena bentuknya yang kembung dan buntal karena kemampuannya untuk menggembungkan tubuhnya. Di Jepang, penulisan nama kanji untuk ikan beracun ini terbaca sebagai “babi sungai”
  • Ikan Lepu / Ikan Lepu / Ikan Katu ( Scorpion Fish ). Ikan ini terkadang disebut sebagai Ikan Lepu atau ikan kalajengking ( Scorpion Fish ) meskipun bentuknya jauh dari bentuk kalajengking. Ciri khas dari ikan ini adalah warnanya yang sangat mencolok serta kemampuannya dalam menyamarkan dirinya. Ikan Lepu Batu dianggap sebagai jenis Lepu yang paling beracun dan berbahaya bagi manusia. Ikan ini hidup di perairan dangkal, bebatuan dan terumbu karang yang dangkal. Mereka kerap bersembunyi di tempat – tempat seperti itu. Para penyelam kerap memainkan jenis Lepu ayam dan Lepu kupu – kupu dengan cara tidak menyentuh duri – durinya.
  • Ikan Baronang (Baronang Rabbit Fish).
    Secara sekilas ikan baronang terlihat serupa dengan ikan mujair dsj. Ikan ini memiliki duri – duri pada sirip dibagian punggung serta duburnya.
    Racun dari duri – duri ini tidak terlalu berbahaya seperti halnya ikan Lepu atau ikan buntal. Pada umumnya duri tersebut telah dibuang terlebih dahulu bila ingin dijadikan santapan. Ikan ini cukup nikmat dengan cara hidang dibakar dengan campuran bumbu dsj.
  • Ikan Butana (Botana Surgeon Fish)
    Ikan Botana memiliki wujud dan warna yang unik dan lucu namun berhati – hatilah jika ingin menangkap ikan ini dengan tangan anda karena ketajaman dari duri ikan ini cukup berbisa serta setajam silet yang terletak pada sepasang sirip ekor yang terletak pada bagian pangkal.
  • Ikan Pari (StingRay)
    Ikan pari merupakan salah satu spesies ikan terlebar di lautan. Pada ikan pari Manta tercatat memiliki lebar tubuh hingga 9 meter! Salah satu senjata pada ikan pari adalah kemampuannya dalam menghasilkan aliran listrik pada tubuhnya. Selain itu ikan ini memiliki duri yang sangat tajam pada bagian ekor dengan kemampuan melukai yang sangat fatal. Duri dan listrik merupakan senjata pertahanan diri alami yang terdapat pada ikan pari. Meskipun juga memiliki gigi dan duri – duri pada bagian kepala, namun bagian ekor lah yang perlu diwaspadai.
  • Ikan Semilang / Lele
    Pada beberapa jenis ikan lele terdapat duri tajam yang beracun pada bagian kepala mereka. Selain pada bagian insang ikan ini juga dianggap beracun serta tidak baik untuk kesehatan.
Selain itu juga ada beberapa jenis ikan yang mengandung Alga Ciguatera (zat beracun). Umumnya terdapat pada hampir semua ikan namun dengan tingkat konsentratnya rendah. Pada umumnya ikan pemakan segala secara natural akan menghasilkan zat Cituera dalam jumlah yang tinggi sehingga membahayakan bagi manusia.

Di daerah Indo – Pasifik, jenis ikan Kakap merah Jumbo dan Belut laut adalah jenis yang berpotensi mengandung zat Citoera dalam jumlah yang cukup tinggi. Bahkan tidak tertutup kemungkinan pada ikan – ikan yang kerap kita konsumsi seperti kerapu, tuna, barakuda dan trigger juga mengandung zat Citoera ini. Salah satu cara untuk menghindarkan kita dari ikan beracun ini adalah dengan tidak memakan atau membeli ikan – ikan tersebut yang berukuran terlalu besar atau melebihi batas besar yang umum anda konsumsi.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

53 komentar :

  1. wah sangat bahaya juga ya klo kena tangan kan lumayan sakit mkasih infonya

    BalasHapus
  2. wah yang bener gan serem bisa lebih hati hati lagi gan

    BalasHapus
  3. coba semua ikannya ada gambarnya pak..:)

    BalasHapus
  4. Kayak ikan lohan ya ...

    BalasHapus
  5. Informasinya sangat bermanfaat sekali, salam kenal semoga sukses dan sehat selalu??

    BalasHapus
  6. thank's ya infonya di tunggu
    http://realcity.mywapblog.com

    BalasHapus
  7. Ternyata ikan juga ada yg berbahaya, kupikir semua ikan bervitamin :)

    BalasHapus
  8. Mesti lebih berhati-hati ya dlm memilih ikan juga

    BalasHapus
  9. kunjungan perdana nih, ijin nyimak saja kawan :)

    BalasHapus
  10. Terimakasih gan atas infonya, salam kenal...

    BalasHapus
  11. yang selama ini saya ketahui beracun cuma ikan buntal saja, yang lain baru tahu sekarang

    BalasHapus
  12. terimakasih informasinya, informasinya sangat menarik menambah pengetahuan

    BalasHapus
  13. harus hati2 sama ikan2 ini berarti,,hehe

    BalasHapus
  14. namu dengan pengolahan yg tepat,,,ikan2 ini bisa menjadi makanan yang lezat...tapi kalo ga ada pengalaman jangan sampai mencoba hehehe...

    BalasHapus
  15. wah bahaya juga ya, salam kenal dari cream pemutih wajah

    BalasHapus
  16. salam kenal sob ijin baca artikelnya. makasih

    BalasHapus
  17. ya mudah2an ikan tongkol dan kembung kesukaan ane g ikut2an kena racun

    BalasHapus
  18. wah saya baru tau kang, ternyata ikan yang beracun disekeliling kita banyak juga... terima kaish atas informasinya.. sangat bermanfaat.. ^^

    BalasHapus
  19. ijin berkunjung gan terima kasih

    BalasHapus
  20. Info yang bagus...
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  21. Harus hati-hati biar ngga salah tangkap.

    BalasHapus
  22. Serem juga yah gan...
    tapi kalo sudah di goreng ya tetap saja enak gan.

    BalasHapus
  23. Banyak juga ya ikan yang beracun

    BalasHapus
  24. ikan buntal tidak beracun asal bisa cara memasaknya

    BalasHapus
  25. bank orang yang takut makan ikan beracun itu...!!!!

    BalasHapus
  26. meskipun beracun tapi banyak gizinya kalau bisaa masak dan mengolahnya

    BalasHapus
  27. jangan biarkan kulit keriput, jerawat dan bisul-bisul mengganggu penampilan anda, segera obati dengan gluta drink.
    manfaat susu gluta drink sudah terbukti nyata dan gluta drink yang asli hanya bisa anda dapatkan di
    distributor gluta drink yogyakarta

    BalasHapus
  28. informasinya mantap gan. .jadi tahu deh ikan yang beracun dan berbahaya.
    harus lebih berhati-hati ajah

    BalasHapus
  29. Artikelnya mantap banget gan. . sukses terus ya untuk blognya
    Thank's

    BalasHapus
  30. Pagi gan. . salam sehat dan sukses terus ya untuk blognya
    Mantap & bermanfaat sajinnya, thank's

    BalasHapus
  31. Terimakasih banyak atas informasinya. .
    menarik & mantap banget gan. sukses

    BalasHapus
  32. artikelnya mantap gan. . sukses terus ya untuk semuanya
    salam sehat

    BalasHapus
  33. mau nanya nih gan, kalo ikan piranha itu beneran ada atau hanya di dunia film aja sih?
    barang kali agan tahu atau pernah baca-baca artikelnya, bantu jawab ya

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~