Bertanam Hidroponik

7 November 2014
Salah satu cara untuk mendapatkan sayuran segar tanpa pestisida adalah dengan menanam sendiri. Yang jadi masalah adalah tidak semua orang mempunyai lahan untuk menanam sayuran. Cara yang bisa diupayakan adalah memanfaatkan air sebagai media pengganti tanah yang disebut hidroponik.

Sesuai namanya, hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah. Hal ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih mudah dikelola.

Hidroponik tidak memerlukan pemakaian herbisida dan pestisida beracun sehingga lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Bertanam dengan hidroponik akan menghasilkan tanaman berkualitas baik dan bebas kimia. yang pastinya sehat buat kita semua dan anak-anak.
Berikut alat yang dipakai untuk menanam tanaman hidroponik :
  • Botol plastik air mineral bekas,
  • Gelas plastik bekas air mineral,
  • Jerigen plastik bekas minyak goreng,
  • Kain untuk sumbu (kain panel lebih bagus)
  • Nutrisi hidroponik.
  • Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). Pilih yang paling mudah didapat.
Langkah-langkah cara membuat tanaman hidroponik
  1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)
  2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara
  3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol
  4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik.
  5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.
  6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.
  7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.
  8. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.

Laju pertumbuhan tanaman hidroponik bisa 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah, karena tanaman hidroponik langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya nutrisi.

Kondisi ini juga membuat tanaman tidak perlu akar besar untuk mencari nutrisi. Dan karena energi yang diperlukan untuk pertumbuhan akar lebih sedikit, sisa energi bisa disalurkan ke bagian lain dari tanaman.

Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, dan bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan air sebanyak berkebun secara konvensional. Ini karena hidroponik tidak memerlukan penyiraman sama sekali.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

21 komentar :

  1. boleh juga coba tanam sayuran saledri dll

    BalasHapus
  2. Bingung mau komen apa, makasih aja dah buat artikelnya.

    BalasHapus
  3. pengen banget bisa tanam kaya gitu makasih banyak infonya

    BalasHapus
  4. Dari dulu saya juga kepengen bisa gitu
    tapi ga sempet waktu
    by the way makasih ya boss atas informasinya
    Sangat beguna...

    BalasHapus
  5. berguna sekali artikelnya dan bisa juga di tiru

    BalasHapus
  6. salam hangat dari kami ijin menyimak sahabat dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus
  7. Ijin menyimak dan terimakasih kepada admin atas artikelnya menambah wawasan buat kami ,sukses admin

    BalasHapus
  8. Mantap gan artikelnya ,, Kunjugan balik gan

    BalasHapus
  9. Info yang menarik..
    thanks gan.

    BalasHapus
  10. Ternyata banyak juga yah caranya..
    ngga mesti harus pake lahan yang luas.

    BalasHapus
  11. Boleh juga nih di coba cara...
    terimakasih sudah berbagi ilmu nya.

    BalasHapus
  12. siang gan cuma mau komen cuaca disini mendung, laporan selesai.

    BalasHapus
  13. informasi yang sangat bermanfaat sekali,terimaksih ats info nya..

    BalasHapus
  14. info menanam tanaman nya sangat bermanfaat
    ditunggu info selanjut nya

    BalasHapus
  15. istimewa, kalo bertanam backlink bagaimana ?

    BalasHapus

  16. Informasi Mengenai Obat Alami Sinusitis Jelly Gamat Gold G Sebagai Salah Satu Cara Cepat dan Ampuh Menyembuhkan Sinusitis.

    BalasHapus
  17. silahkan kunjungi web kami, disini anda akan menemukan jawabannya mengapa rumah jawa bagus untuk pembentukan karakter anak, anda juga akan mengetahui alasannya bahwa ternyata rumah jawa adalah lambang keagungan Tuhan. disini juga anda dapt menemukan berbagai info rumah murah,jual beli rumah
    contoh rumah minimalis ,jual rumah,rumah dijual
    rumah ,bentuk rumah minimalis,model rumah terbaru,contoh rumah minimalis
    desain rumah sederhana,model rumah minimalis
    model rumah ,denah rumah
    desain rumah,design rumah minimalis
    design rumah ,joglo
    gazebo minimalis,gazebo
    rumah joglo modern,rumah adat joglo
    rumah joglo ,properti
    gambar rumah,rumah jogja ,jasa desain rumah

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~