Mabuk Darat

18 Maret 2015
Mabuk perjalanan dikategorikan sebagai penyakit vertigo atau motion sickness. Gejalanya pusing, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas.

Penyebabnya adalah gangguan sistem keseimbangan tubuh karena komponen sistemnya yaitu sistem syaraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata, dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors) tidak bekerja secara sinkron.

Saat baca buku dalam mobil yang sedang bergerak, mata dan tubuh tidak memberikan sinyal adanya pergerakan ke otak, semnetara telinga bagian dalam merespon gerakan kendaraan dan memberitahukannya ke otak.

Konflik informasi yang diterima otak inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk kendaraan. Ini juga yang terjadi saat kita mabuk laut, udara dan bermain permainan wahana bergerak seperti Roller Coaster.

Kondisi mabuk perjalanan ini pun dipicu dan diperparah oleh bau-bau tajam seperti asap rokok dan wewangian, kurangnya radar oksigen dan banyaknya kadar karbodioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata.

Mabuk perjalanan ini bisa dialami oleh siapa saja dan dari berbagai usia, tergantung pada daya tahan tubuh dan kebiasaan dalam melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan
  1. Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya berdoa untuk keselamatan dan ketenangan selama di perjalanan, dan pastikan tubuh dalam keadaan prima atau sehat.
  2. Sebelum berangkat, sebaiknya perut gak dalam keadaan kosong dan juga gak kenyang. Hindari makan besar, memakan makanan berat yang butuh waktu lama dicerna, mengandung banyak lemak, pedas, atau beraroma kuat, dan makanan yang mengandung banyak kuah seperti soto. Isi perut dengan makanan yang relatif ringan seperti sedikit nasi dengan tempe atau tahu.
  3. Saat di kendaraan, usahakan untuk tidak terlalu fokus menatap objek yang dekat, misalnya menggunakan gadget dan membaca majalah, sesekali melihat objek-objek jauh di luar kendaraan terutama pada pemandangan bagian depan kendaraan.
  4. Pilih tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan kendaraan, misal di dekat jendela dan samping supir.
  5. Menghisap permen jahe, permen dingin, mint atau permen jamu.
  6. Perhatikan dan siapkan tubuh mengikuti arah gerak kendaraan.
  7. Jangan biarkan kendaraan tertutup, buka jendela secukupnya untuk sirkulasi udara.
  8. Fokus dan nikmati musik dari media player sambil pejamkan mata.
  9. Untuk kendaraan pribadi, berhenti dan istirahatlah secara teratur setiap 4-5 jam perjalanan.
  10. Sebelum berangkat sebaiknya minum jamu yang bikin ngantuk dan obat-obatan anti mabuk, bisa juga minum obat sakit kepala yang bisa bikin ngantuk.

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan
Jika sudah merasakan gejala mabuk, nih tips nya :
  1. Jika memungkinkan, hentikan kendaraan dan beristirahatlah
  2. Jika muntah, bersihkan mulut dari sisa muntahan dengan cara kumur-kumur pake air putih.
  3. Minumlah sedikit air putih atau minuman berkarbonasi atau meminum larutan herbal (jahe-jahean) dan memakan sedikit kraker kering.
  4. Bernafas secara teratur, lakukan pernafasan perut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan gembungkan perut, lepaskan melalui mulut perlahan-lahan.
  5. Oleskan minyak kayu putih di bagian leher dan sekitar dada.
  6. Jika kondisinya agak mengkhawatirkan, seperti misalnya keringat dingin yang berlebihan, lemas, nyaris pingsan, sebaiknya hentikan perjalanan, dan kalau perlu konsultasi dengan dokter.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

18 komentar :

  1. kalau mbuk darat minum aja obat he he

    BalasHapus
  2. ya tentu minum obat kalau gak mau mabuk darat.

    BalasHapus
  3. dulu waktu kecil saya punya gejala ini, alhamdulillah sekarang enggak lagi

    BalasHapus
  4. daripada mabok pake miras atau narkoba, mending mabok pake kendaraan. Cukup naik angkot 3000 rupiah langsung mabuk

    BalasHapus
  5. wah sangat membantu sekali tispnya dan bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Artikel yang bagus..
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  7. Minum obat anti mabuk aja gan biar lebih aman.

    BalasHapus
  8. Tips yang bagus..
    thanks yah gan.

    BalasHapus
  9. Artikel yang bagus..
    semog bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  10. thanks gan, salam salam salam backlink gan

    BalasHapus
  11. kalo tips untuk mabuk janda ada enggak gan ? hehe

    BalasHapus
  12. Maaf bumpang buka lapak, hapus kalo spam gan - Informasi Mengenai Pengobatan Penyakit Curek Secara Alami Serta Cara Cepat Mengobati dan Menyembuhkan Penyakit dengan Obat Tradisional Jelly Gamat Gold G

    BalasHapus
  13. terimakasih
    Apakah vimax suplemen pria terbaik? Baca di bawah ini!
    vimax canada adalah suplemen terbaik obat pembesar penis herbal alami tanpa efek samping dan vimax asli canada cocok untuk setiap manusia. dapatkan obat vimax asli di distributor Vimax canada.
    viagra usa

    BalasHapus
  14. Thank's ya gan atas infonya. . update terus
    jangan lupa mampir balik ya di website kami. . Salam sehat

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~