Perawatan Ringan Pada Mobil

27 Maret 2015
Mobil merupakan sarana transportasi penting dalam aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga agar kinerja sebuah mobil maksimal, maka dibutuhkan perawatan yang intensif dan rutin.

Ada 2 macam perawatan yaitu perawatan ringan yang bisa dilakukan sendiri dan perawatan berat yang harus dilakukan oleh ahli atau teknisi di bengkel.

Berikut ini tips atau kiat merawat mobil agar mesin mobil tetap prima dan komponen mobil terjaga, awet tahan lama.
  1. Ganti oli
    Usahakan mengganti oli kendaraan anda secara rutin setiap penggunaan yang berjarak 3000-5000 mil. Ini mencegah kerusakan pada mesin yang ada dalam mobil agar tetap awet dan nyaman ketika digunakan.
  2. Rutin periksa Ban
    Ketika anda ingin bepergian atau menggunakan mobil seyogyanya selalu periksa ban anda. Baik itu tekanan maupun ketebalan ban. Untuk menghindari kerusakan atau bahkan kecelakaan yang diakibatkan karena kurangnya tekanan atau ban bocor di jalan raya.
  3. Periksa minyak pelumas
    Beberapa cairan dan minyak pelumas yang perlu secara berkala dan rutin diperiksa diantaranya adalah Power steering, rem, antibeku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi. Berfungsi untuk melancarkan komponen mobil dalam bekerja.
  4. Knalpot
    Untuk salah satu komponen mobil ini pastikan tidak ada yang menyumbat gas buangan mobil ini serta pastikan aliran udara berjalan dengan baik.
  5. Baterai dan Kabel
    Bersihkan secara berkala juga posting baterai bila perlu serta waspadai koneksi untuk korosi. Periksa cairan baterai kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaan.
  6. Sabuk mesin
    Pastikan sabuk mesin pada setiap knicks terikat dengan benar pada tempatnya. Untuk menghindari hal-hal yang justru mengakibatkan kerusakan lebih fatal karena kurangnya perawatan.
  7. Lampu Mobil
    Perawatan lampu mobil dengan memastika lampu depan belakang masi bekerja juga perlu diperhatikan demi kenyamanan anda dalam berkendara, segera periksa dan segera ganti lampu mobil anda jika terjadi kerusakan.
  8. Wiper
    Komponen ini sangat penting juga perlu pemeriksaan dan dijaga untuk menjaga agar kaca mobil tetap bersih dan bening sehingga tidak menghalangi padangan.
Perawatan mobil harus mendapat perhatian khusus demi menjaga umur mesin agar tetap awet dan tahan lama. Seperti sebuah ungkapan, lebih baik mencegah daripada mengganti baru yang justru akan lebih mahal tentunya.

Semoga dengan perawatan mobil secara rutin dalam menjaga performa mobil dalam keadaan baik bisa menghindarkan serta mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

11 komentar :

  1. simpel tapi memiliki peranan penting untuk keselamatan

    BalasHapus
  2. mobil memang harus perawatan yang extra supaya mobil awet

    BalasHapus
  3. makasih banyak infonya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. salam selamat siang gan, thank banget sudah berbagi artikelnya

    BalasHapus
  5. artikel bagus
    enak untuk dibaca
    dan juga Bermanfaat



    BalasHapus
  6. thanks gan.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. thanks gan.. sangat membantu

    BalasHapus
  8. Thanks For Sharing the wonderful article. This post is very interesting and very important to me, keep producing scintillating works for our readers............................

    BalasHapus
  9. Terima kasih ya untuk informasinya, sungguh sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  10. Thank's ya gan atas infonya. . update terus
    jangan lupa mampir balik ya di website kami. . Salam sehat

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~