Tips Menghemat Pemakaian Listrik

11 Maret 2015
Bagi pengguna layanan PLN berdaya 1300 VA atau lebih pasti sangat merasakan beban tagihan atau biaya pemakaian listriknya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi jumlah pengeluaran tagihan listrik seperti berikut ini:
  1. Nyalakan listrik seperlunya saja, selebihnya dimatikan saja
  2. Hindari menyimpan makanan panas ke dalam kulkas
  3. Atur serta sesuaikan suhu AC berdasar luas ruangan
  4. Pergunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitas
  5. Buatlah tandon air jika Anda menggunakan mesin pompa
  6. Gunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis
  7. Nyalakan televisi ketika Anda ingin menonton, jangan dibiasakan tv menyala ketika Anda tertidur
  8. Ketika ingin memasak nasi dengan rice cooker, gunakan air yang telah dipanaskan terlebih dahulu, cara ini dapat mempersingkat waktu memasak sehingga pemakaian listrik dapat dihemat
  9. Ketika siang hari manfaatkan sinar matahari untuk menyinari di dalam ruangan rumah Anda
  10. Gunakan lampu hemat energy, untuk komputer Anda gunakan monitor LCD atau LED karena lebih hemat listrik daripada menggunakan monitor tabung.
  11. Lepaskan charger telepon genggam bila tidak sedang digunakan, karena bila charger dibiarkan tetap terpasang pada sumber listrik, maka listrik akan terbuang sia-sia.
  12. Jika peralatan listrik Anda TV, radio, charger, komputer, kulkas, dll tidak sedang digunakan dalam jangka lama, sebaiknya Anda matikan dengan menekan off, namun meskipun Anda sudah menekan off ternyata listrik masih tetap mengalir ke peralatan elektronik Anda sebaiknya Anda juga mencabut kabel dari pusat sumber listrik.
  13. Hindari pemasangan steker secara bertumpuk untuk menghindari korsleting yang dapat menimbulkan kebakaran
  14. Jika Anda masih saja kesulitan dalam mengontrol pengunaan listrik di rumah, kini Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih menggunakan listrik prabayar. Sama seperti membeli pulsa telepon, tagihan listrik akan disesuaikan dengan paket yang Anda beli dan akan habis dengan sendirinya jika kuota telah tercapai.
Itulah beberapa tips untuk mengontrol pemakaian listrik. Gunakan listrik secara bijak meski kita mampu membayarnya, karena sebagian pembangkit listrik masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai tenaga pembangkitnya. Mengontrol penggunan listrik dengan bijaksana berarti berpartisipasi dalam penghematan energi.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

10 komentar :

  1. mari kita berhemat listrik untuk kepenting kita dan juga kepenting banyak orang

    BalasHapus
  2. ijin berburu backlink gan, makasih banyak atas sharenya salam

    BalasHapus
  3. Izin nyari rezeki gan kalo spam hapus aja ya - Informasi Menarik Mengenai Obat Herbal Pencegah dan Penyembuh Mioma Uteri Jelly Gamat Gold G Sebagai Cara Cepat dan Ampuh Mengatasi Mioma Secara Alami Tanpa Operasi.

    BalasHapus
  4. Izin nyari rezeki gan kalo spam hapus aja ya - Informasi Menarik Mengenai Obat Herbal Pencegah dan Penyembuh Kanker Payudara dengan Herbal Jelly Gamat Gold G yang Juga Sebagai Cara Cepat dan Ampuh Mengatasi Kanker Secara Alami Tanpa Operasi.

    BalasHapus
  5. Izin nyari rezeki gan kalo spam hapus aja ya - Pengobatan Penyakit Secara Alami Sebagai Cara Cepat Mengobati dan Menyembuhkan Penyakit dengan Obat Tradisional Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  6. makasih tips nya mas. sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. Mari kita hemat listrik untuk hidup yang lebih baik

    BalasHapus
  8. kalau listriknya menggunakan pulsa apakah juga bisa lebih hemat?

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~