Suweg (Amorphophallus variabilis)

10 April 2015
Suweg dengan nama ilmiah Amorphophallus variabilis juga disebut dengan porang, sooweg, waloor, beles, dan sobek. Tanaman suweg merupakan salah satu tanaman langka dari kerabat bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum) dan iles-iles (Amorphophallus muelleri).

Tanaman ini tidak memiliki batang sejati ini tapi menghasilkan umbi yang dijadikan sebagai bahan pangan alternatif pengganti beras dan bahan karbohidrat lainnya yang mempunyai khasiat dan manfaat sebagai tanaman herbal penyembuh berbagai penyakit.

Umbi suweg mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa diolah seperti ubi jalar dan uwi, meski kandungan gizi umbi suweg lebih rendah dibanding dengan uwi dan ubi jalar.
Kandungan zat gizi suweg dalam 100 gram terdiri dari karbohidrat 15,7 gr, protein 1 gr, lemak 0,1 gr, kalsium 62 mg, fosfor 41 mg, vitamin C 5 mg, zat besi 4,2 mg, vitamin B1 0,07 mg. Umbi suweg juga mengandung zat kimia seperti flavonoid dan saponin. Sedangkan pada daun dan batang suweg mengandung saponin dan polifenol.

Herbal suweg bersifat antiinflamasi, antiracun, mencegah pendarahan, dan mengobati luka. Umbi suweg segar berkhasiat mengobati bisul dan luka, mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes melitus dll.

Untuk mengobati bisul dan luka dengan umbi suweg caranya ambil umbi suweg sebanyak 7 gram, kupas lalu cuci sampai bersih kemudian diparut kemudian balurkan di atas permukaan bisul, lakukan setiap hari secara rutin.

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

9 komentar :

  1. thank's ya gan atas informasinya. . artikelnya menarik banget
    Sukses terus ya untuk blognya

    BalasHapus
  2. Mantap dan menarik banget gan artikelnya. .
    sukses terus ya, terimakasih

    BalasHapus
  3. Pagi gan. . salam sehat dan sukses terus ya untuk blognya
    Mantap & bermanfaat sajinnya, thank's

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak atas informasinya. .
    menarik & mantap banget gan. sukses

    BalasHapus
  5. baru denger nih ada tanaman namanya suweg. . pengetahuan banget nih bagi yang belum tahu
    thank's ya

    BalasHapus
  6. Bantal inoac memang lebih sehat dan tahan lama dari bantal kapuk, dikarenakan bantal busa lebih mudah untuk dibersihkan dan lebih tahan lama. Kali ini bantal busa ini terbuat dari bahan busa inoac yang terbukti kualitasnya, dimana tidak mudah kempes kalau digunakan untuk tidur dan tidak keras sehingga nyaman untuk tidur anda. Bantal busa ini selain untuk tidur anda, dapat digunakan untuk aksesories dari sofa anda. Pengiriman dari bantal busa inoac ini adalah dengan metode vaccum, sehingga mampu menghemat lebih dari 300% biaya pengirimannya. Singkatnya bantal busa ini anti kempes dan tidak keras. Produk ini juga di desain pas untuk tidur anda. Jadi jangan ragu untuk membeli produk dari kami, dengan cover yang menarik hati, banyak pilihannya sesuai dengan selera anda.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~