Hutan Amazon

21 September 2015
Hutan Amazon memiliki luas lebih dari 1,4 miliar hektar yang berlokasi di Amazon Basin, Amerika Selatan, mencakup sekitar 40 persen dari luas benua Amerika Selatan, Amazon merupakan hutan hujan terbesar di dunia.

Hutan Amazon berkontribusi terhadap sekitar 54% dari total hutan hujan yang masih tersisa di bumi. Ekosistem Amazon adalah rumah bagi ribuan spesies tanaman dan hewan. Selain itu, masih terdapat berbagai fakta unik dan menarik tentang hutan terbesar di dunia ini.

Berikut adalah daftar berbagai fakta mengenai Amazon.
  1. Hutan hujan Amazon meliputi delapan negara di Amerika Selatan yaitu Brasil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana Prancis, Guyana, Peru, Suriname, dan Venezuela.
  2. Sungai Amazon, yang menjadi nadi kehidupan Amazon membentang sekitar 4.007 mil dari hulu hingga ke hilirnya di Samudera Atlantik.
  3. Hutan hujan Amazon memiliki iklim panas dan lembab, dengan suhu rata-rata sekitar 27 derajat Celsius sepanjang tahun.
  4. Tingkat curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, disertai dengan air yang dibawa oleh sungai dari salju yang mencair dari Pegunungan Andes di Peru, mengakibatkan lantai hutan mengalami banjir di musim panas.
  5. Sekitar 438.000 spesies tanaman telah diidentifikasi di Amazon. Tidak mustahil jumlah ini akan terus meningkat seiring dilakukannya eksplorasi yang lebih menyeluruh terhadap Amazon.
  6. Sekitar 2.180 ikan, 1.294 burung, 427 mamalia, 428 amfibi, dan 378 reptil telah teridentifikasi di Amazon.
  7. Sekitar seperlima dari total spesies burung dan ikan yang mendiami planet ini ditemukan di ekosistem Amazon.
  8. Penggundulan skala besar hutan Amazon telah memicu keprihatinan dunia.
Penebangan, pertambangan, pertanian dan perumahan adalah faktor yang mempengaruhi gundulnya hutan. Hal ini memprihatinkan mengingat hutan Amazon merupakan paru-paru dunia sekaligus rumah bagi jutaan spesies tanaman dan hewan.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

3 komentar :

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~