Pupuk Tanaman

9 September 2015
Untuk membantu pertumbuhan tanaman khususnya yang ditanam dalam pot harus diberi pupuk secara teratur. Hal ini disebabkan tanaman di dalam pot tidak bisa mencari makanannya sendiri karena terbatasi oleh pot.

Pupuk untuk tanaman pot bisa didapatkan dengan membeli di toko pertanian. Ada banyak jenis pupuk yang dijual, mulai dari yang organik maupun anorganik. Kita bisa juga membuat pupuk dengan bahan murah meriah yang ada di dapur, seperti berikut ini:
  • Agar-agar
    Agar-agar dapat menyuburkan tanaman terutama tanaman hijau. Cara pembuatan adalah dengan mencampur 1-2 sendok makan agar-agar bubuk yang dilarutkan dalam segelas air panas. Setelah agar-agar larut, campur larutan agar-agar ini ke dalam 3 gelas air dan aduk rata. Setelah larutan diaduk rata, siramkan ke akar tanaman anda.
  • Abu dari kayu bakar
    Bila Anda memiliki ranting-ranting kering atau sampah kayu lainnya, bisa memanfaatkan abu dari hasil pembakaran kayu tersebut untuk menyuburkan tanaman Anda terutama tanaman mawar.
  • Vetsin atau bubuk penyedap makanan
    Taburkan vetsin atau bubuk penyedap makanan ini di sekitar akar tanaman kemudian siram. Atau bisa juga dengan cara melarutkan vetsin dengan air terlebih dahulu, baru kemudian disiramkan ke dekat akar tanaman.
  • Kulit bawang
    Kupasan kulit bawang merah, bawang putih atau bawang bombay direndam dalam air semalaman. Esok harinya air rendaman berikut kulit bawangnya dapat disiramkan ke tanaman.
  • Ampas teh
    Bila Anda meminum teh secara teratur, jangan langsung buang ampas tehnya. Rendam ampas teh dengan air semalaman dan esok harinya rendaman teh dapat disiramkan ke tanaman pot Anda.
  • Kulit telur
    Kulit telur ditumbuk halus beserta dengan arang. Kulit telur yang telah ditumbuk dan dicampur dengan arang ini dapat langsung ditaburkan ke dekat akar lalu disiram agar larut ke dalam tanah. Selain kulit telur, air bekas rebusan telur pun dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman. Siramkan air bekas rebusan telur yang sudah didinginkan ke akar tanaman.
  • Kulit Pisang
    Simpanlah selama beberapa hari hingga kulit pisang berwarna kecoklatan dan tampak kering. Tumbuk kulit pisang hingga lembut, lalu taburkan tiap pagi dan sore pada tanaman.
  • Sisa obat-obatan
    Obat-obatan yang berbentuk tablet yang sudah tidak dimakan atau kadaluarsa ditumbuk hingga halus. Untuk yang berbentuk kapsul, hanya diambil isinya saja. Obat-obatan yang sudah ditumbuk halus ini dapat langsung ditaburkan pada tanaman Anda dan disiram agar larut.
Jangan lupa bahwa untuk hasil yang optimal, tanaman dalam pot harus dipupuk secara teratur. Lakukan prosedur pemupukan minimal seminggu sekali untuk melihat hasil yang memuaskan.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

14 komentar :

  1. Terimakasih atas perhatianya, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. terimakasih gan untuk informasi tentang pupuk tanaman nya, sangat membantu dan bermanfaat
    salam sehat

    BalasHapus
  3. makasih gag atas imfo nya
    sangat berguna kmai yang tidak tau

    BalasHapus
  4. baru tahu, trenyata bubuk penyedap makanan bisa dijadikan pupuk tanaman..
    good job gan,, thanks infonya

    BalasHapus
  5. Nyari Supplier Produk Inoac ?
    Sedang mencari supplier Produk Inoac murah dan ecer untuk online shop anda? Atau ingin menjadi reseller? Untuk Informasi lebih lanjut silahkan

    BalasHapus
  6. mang agar-agar di masukkann dalam air panas gx masak setalah dingin beku donk gan

    BalasHapus
  7. baru tahu bahwa kulit telur bisa dipakai untuk pupuk tanaman..
    thanks gan informasinya, very good job

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat bermanfaat gan, membantu dan tentunya memberi wawasan baru untuk kami
    thanks ya gan,, very good

    BalasHapus
  9. ternyata obat-obatan bekas yang sudah gak terpakai dan tidak layak konsumsi juga bisa dijadikan pupuk tanaman ya, gan.. baru tahu
    thanks informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. thanks gan informasinya.. jadi tahu deh dan bisa memanfaatkan bahan rumahan yang ada untuk pupuk tanaman
    sukses terus dan jangan lupa update info terbarunya

    BalasHapus
  11. Super website with a great sha and amazing stories is ur web.. please keep doing what u do now.. thanks to you.
    Agen Bandarq

    Agen Domino99

    Domino Online

    Agen Poker

    Bandar Domino99

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~