Khasiat Buah Sukun

21 Januari 2016
Sukun berasal dari Polynesia dan sekarang sudah menyebar ke beberapa kepulauan pasifik lainnya salah satunya Indonesia. Buah sukun termasuk ke dalam genus Artocarpus dan dalam family Moaccea seperti pohon nangka dan pohon cempedak.

Buah sukun merupakan buah yang tidak mempunyai biji dan di beberapa wilayah kepulauan daerah tropic, terutama di Asia Tenggara termasuk bahan pangan penting sebagai sumber karbohidrat.

Manfaat Sukun
Banyaknya kandungan gizi tersebut membuat sukun menyimpan berbagai khasiat atau manfaat bagi kesehatan dan juga membantu mengatasi beberapa jenis penyakit. Inilah manfaat sukun untuk kesehatan.

1. Kaya kandungan serat
Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

2. Kenyang lebih lama
Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengkonsumsinya.
3. Sumber omega 6 dan omega 3
Menurut para ahli bahwa memakan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan dan membantu pertumbuhan otak besar mereka karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun. Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung.

4. Obat susah buang air besar
Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsi nya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

5. Makanan diet
Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet Anda.

6. Bagus untuk kecantikan
Adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.

7. Sumber Antioksidan

Mengkonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.
8. Sumber vitamin dan mineral untuk rambut

Adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Malahan manfaat buah sukun mampu mengusir timbulnya ketombe pada rambut.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

6 komentar :

  1. Makasih banget infonya gan..... di tempat ane banyak banget tu gan....

    BalasHapus
  2. Saya suka makan sukun, Pak Mars. Enak. :D Tapi, masih sering keliru kalau diminta membedakan daun sukun dengan daun kluwih hehehe.

    BalasHapus
  3. di goreng hangat sangat uenak

    BalasHapus
  4. di tempat saya sukun banyak dimanfaatkan untuk dijadikan gorengan

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~