ABG

6 Agustus 2008

M

enurut orang yang bukan guru, seorang guru haruslah:
hemat cermat dan bersahaja, rela tidak diberi tanda jasa, bekerja tanpa pamrih, tidak jual buku, menjunjung tinggi norma dan etika, mendidik tunas muda harapan bangsa, memiliki kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik, bisa berkomunikasi, berinteraksi secara efektif, efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali peserta didik, masyarakat sekitar, sabar dalam menghadapi murid, memotivasi murid agar selalu ingin maju, humoris supaya murid tidak jenuh, bijaksana.

Menurut Prof Herawati Susilo MSc PhD (dari titelnya jelas banget kalau orang ini bukan guru), ada 6 kriteria guru masa depan (ideal) yaitu:
belajar sepanjang hayat, literat sains dan teknologi, menguasai bahasa Inggris dengan baik, terampil melaksanakan penelitian tindakan kelas, rajin menghasilkan karya tulis ilmiah, mampu membelajarkan peserta didik berdasarkan filosofi konstruktivisme dengan pendekatan kontekstual, tidak gagap teknologi. Dengan sederet kriteria di atas, ternyata hampir semua tidak aku miliki.
Kesimpulannya, aku ini ABG (Aku Bukan Guru), malainkan "pengajar", yaitu orang yang matapencahariannya "mengajar".

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

10 komentar :

  1. sempat terkejut, kok singkatannya ABG, haks... kalau dikaitkan dg politik, konon abg bisa dipanjangkan jadi: asal bukan gusdur. dadi guru kuwi pancen kudu sabar. sabar ora diajeni muride, sabar yang tunjangan profesinya durung keluar, sabar kalau ketiban sampur jadi panitia 17-an, sabar karo tangga teparo, kekekeke .....

    BalasHapus
  2. dadi guru sabar sembarangane.... amargo... guru kuwi... digugu lan ditiru...

    BalasHapus
  3. guru bukanlah harus menurut teory akan tetapi semua orang yang mengajarkan ilmu dari tidak bisa menjadi bisa itulah guru..salam pak

    BalasHapus
  4. @ Pak Sawali:
    Saya sabar, bahkan sangat sabar. Seperempat abad lebih jadi guru kok Pak.
    @ bC:
    Murid sekarang tak bisa nggugu tak bisa niru.
    @ Mas Achmad Sholeh:
    Kalau murid saya jadi pinter, semata-mata karena saya pinter mulang, tapi kalau murid saya gagal, semua karena kebodohannya. (Saya egois ya Mas...)

    BalasHapus
  5. guru, kena digugu lan ditiru. digugu karena kejujurannya, ditiru karena teladannya. falsafah yang dalam memang. jaman sekarang mungkin berat menjalaninya. kalo gitu ngaku pengajar aja, pak. :D

    *sugeng tepang*

    BalasHapus
  6. @ Mas Sitijenang:
    Makasih ilmunya. Saya jadi PD kembali keyika ada solusi. Mungkin saya memang "PENGAJAR", yaitu orang yang mata pencahariannya "MENGAJAR"

    BalasHapus
  7. Guru = Digugu amarga Saru...

    bukan begitu Pak Mars, Pak Pengajar. :-D

    BalasHapus
  8. @ Mas Abdee:
    Saya saru setelah jadi Guru!

    BalasHapus
  9. Kalau saya bukan ABC kok pak

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~