Survei Toleransi Beragama Di Indonesia

7 Juni 2012
Penelitian lembaga studi Center of Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan toleransi beragama orang Indonesia tergolong rendah. Kepala Departemen Politik dan Hubungan Internasional CSIS mengatakan bahwa masyarakat menerima fakta bahwa mereka hidup di tengah keberagaman, tapi mereka ragu-ragu menoleransi keberagaman.

Salah satu contohnya, masyarakat menerima kenyataan hidup bertetangga dengan orang yang berbeda agama. Tapi, masyarakat relatif enggan memberikan kesempatan kepada tetangganya untuk mendirikan rumah ibadah.

Dalam survei CSIS, sebanyak 59,5 persen responden tidak berkeberatan bertetangga dengan orang beragama lain. Sekitar 33,7 persen lainnya menjawab sebaliknya. Penelitian dilakukan pada Februari lalu di 23 provinsi dan melibatkan 2.213 responden.


Saat ditanya soal pembangunan rumah ibadah agama lain di lingkungannya, sebanyak 68,2 persen responden menyatakan lebih baik hal itu tidak dilakukan. Hanya 22,1 persen yang tidak berkeberatan.

(www.tempo.com)
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

22 komentar :

  1. bener banget gan...
    toleransi terhadap agama lain itu sangat sedikit.

    BalasHapus
  2. semoga toleransi terhadap agama lain di indonesia bisa lebih besar lagi.

    BalasHapus
  3. harus nya kita lebih besar dalam memberi toleransi kepada agama lain...
    supaya kita juga bisa hidup rukun dengan agama lain.

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus...
    semoga orang banyak yang sadar akan penting nya toleransi terhadap agama lain.

    BalasHapus
  5. tidak bisa dipungkiri pak memang begitu,,di daerah saya pun yang berbeda agama seperti diacuhkan apalagi dengan memabngun tempat ibadah

    BalasHapus
  6. semoga saja masalah toleransi seperti ini bisa teratasi ..amin

    BalasHapus
  7. apakah pemerintah juga harus turun tangan dalam masalah ini . .
    mungkin semua bsa teratasi oleh kita sendiri sbagai masyarakat yang beragama . .

    BalasHapus
  8. aku yakin jika semua agama memiliki ajaran yang baik.. semua agama memang suci hanya orang yang memegang agama nya yang salah. maksih gan atas infonya

    BalasHapus
  9. itulah bodohnya orang mersa diri yang terbaikkk... ini negara indonesia men bineka tunggal ika

    BalasHapus
  10. iyah beginilah kalau kurang mendalami agama pasti akan kacau. jadi kembali lagi kepada dirikita kita akui bahwa kita bodoh dalam beragama

    BalasHapus
  11. kalo semua kaya gitu pasti indonesia damay ...??

    BalasHapus
  12. mungkin karena pancasila sudah nggk di pake lagi yah!!!
    jadi seperti ini

    BalasHapus
  13. walaupun toleransi itu berkurang v yang terpenting indonesia damai!!!

    BalasHapus
  14. seharusnya kita saling menghormati antar umat beragama,
    damai itu indah :)
    nice post gan

    BalasHapus
  15. ya itulah indonesia, masih rendah sosialisasinya, apalagi ma masalah agama, indonesia bukan negara satu agama, melainkan beberapa agama,ya semoga sampek kiamat gak sampek jadi kemelut trus sprti sekarang ini, AMIN

    BalasHapus
  16. Indonesia dengan 5 agama yang berbeda tapi hebatnya negeri ini jarang sekali ada perselisihan paham antara semuanya,,,,

    BalasHapus
  17. Di Indonesia terdapat 6 agama yang berbeda,jadi perlu adanya toleransi sangat penting.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~