Anugerah Musik Indonesia 2012 | AMI Awards 2012

4 Juli 2012
Anugerah Musik Indonesia (sering pula disebut AMI Awards) adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) dengan gagasan dari Asosiasi Industri Rekaman (ASIRI), Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), serta Karya Cipta Indonesia (KCI).

Konsep penghargaan ini mengacu pada National Academy of Recording Arts and Sciences (NARAS), komite yang menyelenggarakan Grammy Awards di Amerika Serikat. AMI merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi industri musik Indonesia yang statusnya setara dengan Festival Film Indonesia untuk industri film. AMI pertama kali digelar pada tahun 1997 dan sampai saat ini telah memiliki 14 tahun penyelenggaraan.

Pada tahun 2007, AMI sempat vakum dalam penyelenggaraan. Namun, pada tahun tersebut AMI Dangdut Awards digelar untuk pertama kalinya sebagai ajang penghargaan khusus untuk kategori musik dangdut.

Penyelenggaraan AMI Awards 2012 ini akan diberikan penghargaan untuk 46 kategori bagi insan musik tanah air yang terdiri atas beberapa bidang. Gelaran tahun ini mengambil tema Dedikasi Untuk Musik Indonesia yang ditujukan pada para pemusik dan pelaku industri musik yang telah memberikan dedikasinya. Di tahun ini para pendatang baru juga turut memeriahkan beberapa nominasi dan bersaing dengan musisi lama.

Seperti biasa event penghargaan tersebut dimeriahkan oleh sejumlah musisi dan artis ternama. Mereka antara lain AfganAhmad DhaniOnceUnguSmash,KotakKrisdayantiGeishaVina PanduwinataJKT48SupergirliesSetia BandLast Child dan lain-lain.
Tidak ketinggalan kolaborasi dari beragam genre dan era bakal diperlihatkan. Semisal Ayu Ting Ting dengan Henry LamiriTrio Macan dengan Indra Utami,Sruti RespatiSundari Soekotjo dan Tuti Maryati.
Sementara dalam gelaran yang mengusung tema Dedikasi Untuk Musik Indonesia ini, nominasi kategori bakal dibacakan The Junas MonkeyNikita WillyNassardan Limbad yang dipandu Raffi AhmadAyu Dewi serta Giselle.
Malam Puncak AMI Award 2012 dilaksanakan pada Rabu 4 Juli di Tennis Indoor Senayan dan disiarkan RCTI mulai pukul 21.00 Wib.

Berikut ini adalah Daftar Nominasi Lengkap Peraih AMI Awards 15 :

Artis Solo Wanita Terbaik
Agnes Monica
Astrid
Gita Gutawa
Raisa
Syahrini
Artis Solo Pria Terbaik
Afgan
Iwan Fals
Marcell
Once Mekel
Sandhy Sondoro
Vidi Aldiano
Duo/Grup Terbaik
Armada
Cherry Belle
D'Bagindas
Geisha
Sheila on 7
Wali
Lagu Terbaik
Wali - Aku Bukan Bang Toyib
Anji - Berhenti di Kamu (Hatiku)
The Virgin - Cinta Terlarang
Afgan - Panah Asmara
Armada - Pemilik Hati
Produser Musik Terbaik
Wali - Aku Bukan Bang Toyib - Produser: Wali
Sandhy Sondoro - Anak Jalanan - Produser: Sandhy Sondoro
Marcell - Mau Dibawa Ke Mana - Produser: Andi Rianto
Afgan - Panah Asmara - Produser: Erwin Gutawa
Agnes Monica - Rindu - Produser: Pay
Album Terbaik
Geisha - Meraih Bintang
Marcell - And the Story Continues
Sandhy Sondoro - Find the Way
SM*SH - SM*SH
Wali - Aku Bukan Bang Toyib
Penampil Solo, Duo/Grup Rock Terbaik
/rif
Gugun Blues Shelter
Jamrud
Kotak
Pee Wee Gaksins
Album Rock Terbaik
Burgerkill - Venomous
Gugun Blues Shelter - Satu untuk Berbagi
Jamrud - Bumi dan Langit Menangis
Pee Wee Gaskins - Ad Astra Per Aspera
Superglad - Cinta dan Nafsu
Penampil Solo, Duo/Grup Instrumentalia Terbaik
Evergreen
Indro Hardjodikoro the Fingers
LLW
Roland "Djech"
Trisum
Penampil Jazz/Jazzy Vokal Terbaik
Devian dan Eka Meliana
Honey
LLW bersama Dira Sugandi
Risin’ Black Hole
Ten2Five
Album Jazz/Jazzy dan Instrumentalia Terbaik
Trisum - Five in One
Evergreen - Instrumental Guitar
LLW - Love Life Wisdom
Roland "Djech" - Tapanuli Ethnic Beat
Indro Hardjodikoro the Fingers - Traveling
Artis Solo Pria/Wanita Kroncong Terbaik
Indra Utami Tamsir
Sruti Respati
Sundari Soekotjo
Tuti Maryati
Waldjinah
Duo/Grup Pop Keroncong Terbaik
Kr. Pesona Jiwa bersama Andre Kr. Toegoe, Marco Kr. Rock, Kr. Mutiara Bdg, Yurita, Nabila
TTM bersama Mus Mulyadi
TTM (Tuti, Tetty, Mamiek)
Lagu Kroncong Terbaik
Indra Utami Tamsir - Kaca Benggala
Kr. Pesona Jiwa bersama Andre Kr. Toegoe, Marco Kr. Rock, Kr. Mutiara Bdg, Yurita, Nabila - Kroncong Goyang
Sruti Respati - Prasetiaku
Sundari Soekotjo - Tamansari
Produser/Penata Musik Keroncong Terbaik
Indra Utami Tamsir - Kaca Benggala - Produser: Orkes Kroncong Pesona Jiwa
Kr. Pesona Jiwa bersama Andre Kr. Toegoe, Marco Kr. Rock, Kr. Mutiara Bdg, Yurita, Nabila - Kroncong Goyang - Produser: Orkes Kroncong Pesona Jiwa
TTM (Tuti, Tetty, Mamiek) - Ole Sio - Produser: Orkes Kroncong S'Jawara
TTM bersama Mus Mulyadi - Rek Ayo Rek - Produser: Orkes Kroncong S'Jawara
Sundari Soekotjo - Tamansari - Produser: Koko Tohole
Artis Solo, Duo/Grup Dangdut Terbaik
D'Mojang
Ikke Nurjanah
Nuri Melani
Ratna Anjani
Artis Solo Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik
Dessy Masaya
Fitri Karlina
Ira Swara
Tuty Wibowo
Uut Permatasari
Artis Solo Pria Dangdut Kontemporer Terbaik
Aan
Benigno
Didi Kempot
Joel Kriwil
Rhoma Irama
Duo/Grup Dangdut Kontemporer Terbaik
2 Arimbi
D3wi Amour
Mr. Sodiq bersama Trio Macan
Ridho Rhoma dan Sonet 2 Band
Lagu Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik
2 Arimbi - Ayangku
Ridho Rhoma dan Sonet 2 Band - Haruskah Berakhir
Benigno - Lukisan Syurga
Uut Permatasari - Ngga Jelas
Rhoma Irama - Ukhuwah
Penata/Produser Musik Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik
Ikke Nurjanah - Anakku - Produser: Prie Key
Ridho Rhoma dan Sonet 2 Band - Haruskah Berakhir - Produser: Ridho Rhoma dan Sonet 2 Band
Trio Macan - Iwa Peyek - Produser: Babas Sab
Uut Permatasari - Ngga Jelas - Produser: Netral Grup
Rhoma Irama - Ukhuwah - Produser: Rhoma Irama
Artis Solo Wanita Anak-Anak Terbaik
Adelia
Chilla Irawan
Irianti
Khalista
Nabila
Artis Solo Pria Anak-Anak Terbaik
Christopher Nelwan
Daffa
Umay
Artis Duo/Grup Anak-anak Terbaik
Bulan Ayu dan Arum
Ensembel Anak-anak Laskar Pelangi
Popzzle
Snada dan Snada Kids
Lagu Anak-anak Terbaik
Snada dan Snada Kids - Aku Anak Soleh
Ensembel Anak-anak Laskar Pelangi - Anak Pelangi
Nabila - Indahnya Kebersamaan
Umay - Pesta Sekolah
Ensembel Anak-anak Laskar Pelangi - Sahabat Alam
Penata/Produser Musik Lagu Anak-Anak Terbaik
Ensembel Anak-anak Laskar Pelangi - Anak Pelangi - Produser: Erwin Gutawa
Nabila - Indahnya Kebersamaan - Produser: Koko Thole
Christopher Nelwan - Jari-Jari Cantik - Produser: Erwin Gutawa
Umay - Pesta Sekolah - Produser: Wawan TMG
Ensembel Anak-Anak Laskar Pelangi - Sahabat Alam - Produser: Erwin Gutawa
Karya Produksi Lintas Bidang/Alternative Terbaik
Angsa dan Serigala - Bersamaku
Morfem - Gadis Suku Pedalaman
Sarasvati - Story of Peter
Tulus - Teman Pesta
Twentyfirst Night - Selamanya Indonesia
Karya Produksi Rhythm and Blues/Soul Terbaik
Contra Indigo - Preface
Foxy Girls - Cuma Kamu
Gading bersama Killing Me Inside - Biarlah
Jemima - Musik Sepi
Raffi and the Beat - Kala Cinta Menggoda
Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik
Beta Maluku bersama Aldisyah Latuihamallo - Dansa
Beta Maluku bersama Amadeus Choir - Hena Masa Waiya
Rodo - Maafkan
The Law - RBT-ku
Yuni Shara bersama Iwa K - Aku Jadi Bingung
Karya Produksi Reggae/Ska/Dub Terbaik
Healthybody - Panah Asmara
Peron Satoe - Menari
Putra Mbah Surip - Jus Melon
Tony Q Rastafara - Kong Kali Kong
TQLA - Si Lode (Laki-Laki Over Pede)
Karya Produksi Dance/Dance Electro Terbaik
Agrikulture - Lagu Cinta-Cintaan
Foxy Girls - Cuma Kamu
Melinda - Cyiiin
TQLA - Sang Pujaan
XO-IX - Cukuplah Sudah
Karya Produksi Kolaborasi Terbaik
Dewi Sandra bersama Olla Ramlan - Stop
Gita Gutawa dan Derby Romero - Cinta Takkan Salah
Iwan Fals bersama Blackout - Tergila-gila
Rossa dan Broery Marantika - Jangan Ada Dusta di Antara Kita
Yovie and Friends - Wa E Wa E O
Karya Produksi Original Soundtrack Film Terbaik
Christopher Nelwan - Jari-Jari Cantik
Ensembel Anak-Anak Laskar Pelangi - Anak Pelangi
Gita Gutawa dan Derby Romero - Cinta Takkan Salah
Judika - Cinta Satukan Kita
Ridho Rhoma dan Sonet 2 Band - Haruskah Berakhir
Karya Produksi Grup Vokal Terbaik
Cherrybelle - Dilema
Foxy Girls - Cuma Kamu
Popzzle - Bendera Merah Putih
SM*SH - I Heart You
XO-IX - Cukuplah Sudah
Karya Produksi Lagu Jenaka/Parodi/Humor Terbaik
Doel Sumbang - Salamlekum Bro
Erwin Saz - Sumitro Rojali
Project Pop - Boyband (Cekat Cekot)
Sir Dandy - Gibson atau Epiphone
SM#SH - Cenat Cenut
Karya Produksi Lagu Campursari Terbaik
Edy Laras dan Safitri - Kangen Ora Ono Obate
Indra Utami Tamsir - Pengantin Agung
Mamiek Marsudi - Ngalamuning Hati
Yurita Badrun - Elingo Janjimu
Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik
Del Sarono - Bandara Adi Sucipto (Kae-Kae)
Elvia - Gaek Berminyak
Liza Tania - Angin Malam
Ria Amelia - Cinto Jan Dibali
Sonny Josz - Alamat Palsu (Campursari)
Ten2Five - Lir-Ilir
Karya Produksi Dangdut House/Techno Terbaik
Camel Petir - Cuma Kamu Cin
Erni AB - Acuh Tak Acuh
Ria Amelia - Iming-Iming
Siti Badriah - Brondong Tua
Tuty Wibowo - No Komen
Uut Permatasari - Ojek Cinta
Produser Album Rekaman Terbaik
Afgan – The One Produser: Erwin Gutawa, Tessy Djamalus
Garasi – Kembali Produser: Mira Lesmana
Geisha – Meraih Bintang Produser: Indrawati W., Noey, Icom
Marcell – And the Story Continues Produser: Andi Rianto
Naif – Planet Cinta Produser: Naif
Twentyfirst Night – Dreams of Youth Produser: Widi Puradiredja
Peramu Rekam/Mix Engineering Terbaik
Afgan - Panah Asmara - Mix: Eko Sulistyo
Agnes Monica - Rindu - Mix: Ibenk
Ensembel Anak-Anak Laskar Pelangi - Anak Pelangi - Mix: Eko Sulistyo
Kotak - Tendangan dari Langit - Mix: Yosua Simanjuntak
Sir Dandy - Anggur Merah - Mix: Widi Puradiredja
Twentyfirst Night - Selamanya Indonesia - Mix: Tommy P. Utomo
Grafis Desain Album Terbaik
Sir Dandy – Lesson #1 Desainer: Sir Dandy
Raisa – Raisa Desainer: Rizki Ranadireksa untuk Yourhouse
Gugun Blues Shelter – Satu untuk Berbagi Desainer: Ebeck dan Melda VNH
Sarasvati – Story of Peter Desainer: Herry Sutresna
Ayu Laksmi – Svara Semesta Desainer: Shilla Rawuh
The Fly – A New Beginning from Another’s Beginning Desainer: D. Fachrum
Pendatang Baru Terbaik
Angsa dan Serigala
Cherry Belle
Lala Karmela
Raisa
SM*SH
Album Terbaik Terbaik
Armada – Hal Terbesar
Geisha – Meraih Bintang
Marcell – And the Story Continues
Sandhy Sondoro – Find the Way
SM*SH – SM*SH
Wali – Aku Bukan Bang Toyib
Karya Produksi Terbaik Terbaik
Afgan - Panah Asmara
Agnes Monica - Rindu
Kotak - Tendangan dari Langit
Rossa dan Broery Marantika - Jangan Ada Dusta di Antara Kita
Yovie and Friends - Wa E Wa E O
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

38 komentar :

  1. semoga idola saya bia memenangkan piala AMI 2012 ini :)

    BalasHapus
  2. maju terus industri musik indonesia go internasional..

    BalasHapus
  3. terimakasih atas informasi yang diberikan ane yakin solo terbaik pastinya afgan......
    awwwwwwwwwww

    BalasHapus
  4. nama saya kok gak masuk ya?

    BalasHapus
  5. kayaknya Wali akan mendominasi. Bang toyib emang entoooop

    BalasHapus
  6. saya mengidolakan Bang Haji Rhoma Irama, semoga menang ya....
    hehe

    BalasHapus
  7. mukin ada data yang sala tu gan kok bisa nama saya gak di cantumkan..heee

    BalasHapus
  8. Afgan dapet gan nie ane lagi nonton selamat ya buat afgan

    BalasHapus
  9. memang AMI AWARD merupakan sebuah ajang bergengsi bagi insan musik indonesia

    BalasHapus
  10. kayannya masih akan di kuasai para senior karena karya2nya masih bagus2 bngt

    BalasHapus
  11. selalu memberikan yang terbaik dengan karya yang terbaik dalam bidang musik itulah yang akan dapet

    BalasHapus
  12. terimakasih atas informasinnya gan jaya terus musik indonesia memang harus lebih bayak yang seperti ini

    BalasHapus
  13. semoga gita gitawa bisa dapet soalnnya ane ngfans bngt m diya

    BalasHapus
  14. afgan ,, aku mndukung muu :)

    BalasHapus
  15. musik di indonesia makin bertamabah aja nieh,. ada peningkatan ane dukung jangan kalah sama penyanyi luar.

    BalasHapus
  16. selamat deh untuk para pemenang semoga bisa lebih menambah motivasi untuk terus berkarya . .

    BalasHapus
  17. saya salut dengan industri musik tanah air yang semakin semarak dan berwarna . .

    BalasHapus
  18. wiih, mantap tuh bro infonya,,,, sangat menarik,,, semoga bermanfaat ia,,, salam bloger :)

    BalasHapus
  19. terimakasih infonya,sangat bermanfaat sekali artikelnya, blogwalking:)
    http://farhanshare.blogspot.com

    BalasHapus
  20. kebanyak pemenang nya para pendatang baru nih...
    terimakasih.

    BalasHapus
  21. banyak banget yah nominasi nya...
    tapi sayang peterpan ga masuk dalam salah satu nominasi pun.

    BalasHapus
  22. ini semalem yah acara nya??
    ane ga nonton sampe slesai bro.q

    BalasHapus
  23. info yang bagus..
    terimakasih.

    BalasHapus
  24. hasilnya udah keluar pak,, salah satu jagoan saya keluar sebagai pemenang..

    BalasHapus
  25. Tadi malam seru juga lihat kolaborasi artis2nya :)

    BalasHapus
  26. makasih banyak atas semua info nya gan,,,,,,,,

    BalasHapus
  27. thanks info nya mudah mudahan blog makin bagus yaaaaa.

    BalasHapus
  28. waaaw, musik di indonesia makin rame dan semakin banyak banget.
    terima kasih.

    BalasHapus
  29. laskara pelangin nich,,,

    BalasHapus
  30. wahh..jadi bingung mau dukung siapa kalao di suruh milih :D

    BalasHapus
  31. kalo bisa basmi live sing,, yang bisa nya cuma mangap mangap ajaa,, pembodohan publik,,,

    BalasHapus
  32. kok nama saya gk ada ya?? hehehe

    BalasHapus
  33. nyok.,. kite nonton rame rame..

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~