Cara Merawat Blog

1 Juli 2012
Ada yang bilang merawat dan mengembangkan blog itu berat. Ada jutaan blog di dunia, tapi tidak banyak yang bisa mencapai titik tertentu seperti yang diharapkan oleh pemiliknya.

Saat ini, kita dapat dengan mudah membuat blog dan melakukan aktivitas blogging. Ada banyak blogging platform yang ditawarkan di Internet, sebagian besar gratis. Semua orang dapat membuatnya dengan mudah tanpa harus mengerti berbagai macam bahasa web dan software web. Bahkan anak SD pun dapat membuat dan menulis blog dalam waktu 5 menit saja. Jika demikian, mengapa setiap blog tidak sama? Mengapa satu blog memiliki pelanggan yang banyak sedangkan blog lainnya sepi? Karena ada sisi lain yang berpengaruh dan bahkan menjadi penentu, namun kadang diabaikan. Mudah membuat blog? Iya! Tapi tidak mudah untuk menemukan blog yang dibangun dengan originalitas, antusiasme, kreativitas, ketekunan, kesabaran, kedisiplinan, dan ketersediaan waktu.

Banyak orang yang membuat blog dan memulai blogging dengan semangat tinggi, namun dalam perjalanannya mereka bosan, melupakan, dan bahkan kehilangan ketertarikan sama sekali. Hanya sedikit yang kemudian terus melanjutkan blogging, menuliskan konten, dan berbagi kepada pelanggan maupun pengunjung. Adakah rahasianya?

  • Blogging adalah menulis. Satu hal yang penting adalah menulis apa yang diketahui dan sangat disukai. Jangan pernah menulis apa yang tidak dikuasai, apalagi tidak disukai. Banyak yang mulai ngeblog dengan memilih topik-topik yang mengundang ketertarikan banyak orang, namun kadang tidak diketahui atau disukai oleh diri mereka sendiri.
  • Kreativitas. Kreativitas sangat penting untuk membuat blog sukses. Setelah memuat suatu artikel dengan ide tertentu, jangan tulis lagi hal yang sama kecuali sebagai sebuah pengembangan atau update/perubahan dari topik sebelumnya. Kualitas lebih penting dari kuantitas. Jangan terfokus pada jumlah posting, tapi perhatikanlah kualitas dari artikel yang hendak disajikan.
  •  Sosialisasi dan Komunikasi. Blog sejatinya adalah thread. Cobalah untuk membuat artikel yang bisa menjadi bahan diskusi dan bersosialisasi. Dengan cara ini, pengunjung akan termotivasi untuk berkomentar dan berdiskusi dengan sobat. Pancinglah dengan hal-hal yang membuat mereka bertanya atau berpendapat. Gunakan pula social media sebagai ekstensi untuk mempublikasikan artikel dan berbicara dengan pengunjung/pembaca.
  • Skill dan Pengetahuan. Apa yang ditulis dan disampaikan melalui tulisan blog sama seperti ketika kita berbicara untuk menyampaikan pemikiran. Suatu blog adalah benda mati, yang membuatnya hidup, berkualitas, berarti, menarik dan berkembang menjadi besar adalah orang yang berada di belakangnya, sang blogger. Sangatlah penting untuk terus mengasah skill dan pengetahuan, baik mengenai blogging maupun topik/tema/atau niche yang diusung oleh blog.
  • Mentalitas. Internet adalah dunia yang sangat luas, sama seperti dunia nyata yang kita tinggali ini. Ada puluhan juta, bahkan ratusan juta blog/web. Persaingan demikian besar. Jika sobat tidak bersabar, tekun, disiplin, serta tidak berusaha menguasai skill dan pengetahuan, otomatis blog tidak akan berkembang.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

24 komentar :

  1. wah ternyata blog itu susah-susah gampang ya. saya senang dengan informasi yang anda berikan membuat saya berfikir untuk punya blog dan cara merawatnya terim akasih ya

    BalasHapus
  2. Hanya karena mereka tak memperlakukanmu seperti yg kamu inginkan, bukan berarti mereka tak mencintaimu setulus hati.

    BalasHapus
  3. Keluarga adalah salah hal terpenting yg kita miliki, yg tak akan pernah berubah dan selalu ada ketika dibutuhkan.

    BalasHapus
  4. Wah.. bahan instropeksi saya nieh pak...
    Maklum blogger muda, penuh gejolak jiwa

    BalasHapus
  5. sip jd tambah semangat buat blogging :)

    BalasHapus
  6. semoga memang bisa kita implementasikan ke dunia blogging . .

    BalasHapus
  7. saya sendiri termasuk orang yang semangat di awal ngeblong dan sampai di tengah jalan mulai ilang dah buat kembali posting artikel yang menarik . .

    BalasHapus
  8. Lagi semangat semangatnya nyari followers...bantu yaa http://jodyworld.id-fb.com ..Kalo udah nge follow lapor..biar aku follback :D "NEWBIE" kaka

    BalasHapus
  9. Yang sulit itu menulisnya sob, karena mengarang suatu artikel membutuhkan skil yang bener2 bagus. Tidak semua orang juga bisa untuk mengarang kecuali dia yang lebih suka ngegombal.....
    Heheheeee.......

    BalasHapus
  10. kreativitas adalah hal yang paling utama dalam merawat blog....
    karena kalo kita kreatif pasti blog kita akan lebih terawat.

    BalasHapus
  11. mantap nih cara-cara nya...
    terimakasih.

    BalasHapus
  12. artikel yang bagus....
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  13. ya memang seharusnya seperti itu kan pak,, :)

    BalasHapus
  14. duh baru tahu nihh,, maaf nwbie,, hehe

    BalasHapus
  15. rawat kah blog selayaknya merawat istri mu,.. heee

    BalasHapus
  16. Mkasih ya tipnya... pengetahuan baru buat saya...

    BalasHapus
  17. wah, saya termasuk orang yang males buat ngurusin blog, hehe..makanya blog saya terbengkalai kaya bangkai..

    BalasHapus
  18. Yang penting konsisten sama apa yang kita putuskan di masa lalu, maka life goal kita akan lebih mudah tercapai..

    BalasHapus
  19. Susah susah gampang ngerawat blog,gimana kitanya aja.

    BalasHapus
  20. ok banget informasinya gan. thanks sudah share. salam kenal dan salam blogger

    BalasHapus
  21. Terimakasih sajiannya gan. . semoga bermanfaat ya dan sukses terusss untuk blognya
    jangan lupa mampir

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~