Tata Cara Naik Pesawat Udara

2 Desember 2014
Meski banyak maskapai penerbangan yang menjual tiketnya dengan murah, tapi belum semua masyarakat merasakan moda transportasi yang satu itu. Naik pesawat terbang bagi sebagian orang masih dianggap mewah.

Berikut beberapa hal yang musti diketahui bagi yang belum pernah masuk bandara. Ada beberapa pengetahuan tentang cara naik pesawat terbang dan administrasi apa yang harus dipenuhi di bandara.
  1. Siapkan tiket pesawat. Jika pembelian tiketnya dilakukan secara online, tiket elektronik akan dikirim ke email kita. Sebaiknya tiket ini dicetak tetapi jika membeli di agen perjalanan biasanya pembeli sudah mendapatkan tiket cetak.
  2. Datanglah ke bandara selambat-lambatnya satu jam sebelum keberangkatan, lebih cepat lebih baik untuk menghindari antrean saat masuk ke dalam terminal bandara dan juga saat antrean check-in. Lebih baik menunggu di boarding room (ruang tunggu)
  3. Pastikan tas yang yang kita bawa tak terlalu banyak. Hal ini akan memudahkan kita saat harus melewati pengecekan barang.
  4. Check-in di loket yang tersedia. Siapkan KTP dan print tiket saat mengantre. Jika bingung loket mana yang harus didatangi, tanya saja pada petugas. Siapkan pula tas yang akan masuk bagasi.
  5. Serahkan KTP dan print-out tiket pesawat pada petugas check-in. Setelah mendapatkan selembar boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat), perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang tertera di boarding pass.
  6. Bayar airport tax. Beberapa bandara, untuk airport tax langsung dibayar di counter check-in, tetapi ada pula yang menerapkan loket pembayaran airport tax secara terpisah. Besarnya airport tax berbeda-beda untuk setiap bandara. 
  7. Saatnya masuk ke boarding room. Ruang tunggu untuk naik pesawat ini biasanya dipisahkan berdasarkan gate. Sebelum masuk boarding room, sekali lagi kita harus melewati pemeriksaan barang. Duduklah sesuai dengan gate yang telah ditentukan. Nomor gate tertera di boarding pass. Jika tak yakin, tanyakan petugas yang menjaga gate. Nomor gate juga biasanya tertera di papan pemberitahuan.
  8. Dengarkan pengumuman mengenai status pesawat yang akan kita naiki, jangan hanya mendengarkan rute pesawat saja, tetapi dengarkan pula nomor penerbangan. Jika tak yakin, cobalah tanyakan ke orang yang ada di sebelah. Tanyakan apakah ia akan berada di pesawat yang sama.
  9. Masuklah ke dalam pesawat. Cek kembali nomor kursi kita. Jika kursi kita berada di urutan nomor awal, naiklah dari pintu depan. Sementara nomor tengah sampai akhir (biasanya dari nomor 21), naik dari pintu belakang.
  10. Sesaat sebelum lepas landas, awak pesawat akan memberikan petunjuk keselamatan saat penerbangan. Perhatikan dengan seksama dan bacalah instruksi keselamatan yang ada di bangku pesawat.
  11. Ketika sampai di tujuan, jangan buru-buru melepas sabuk pengaman. Lepaslah jika pesawat sudah benar-benar berhenti dan tanda memakai sabuk pengaman sudah dimatikan. Setelah itu kita bisa mengambil tas di atas kabin.
  12. Bersabarlah saat mengambil tas maupun menunggu pintu pesawat dibuka. Lanjutkan perjalanan menuju tempat pengambilan bagasi. Jika bawaan tak banyak maka tak perlu memakai trolly (kereta dorong). Beberapa bandara memiliki beberapa area pengambilan bagasi. Pastikan menunggu di area yang sesuai dengan nomor pesawat. Setelah mendapatkan tas, kita bisa keluar dari bandara.
Semoga Tips sederhana ini bisa membantu mereka yang akan bepergian menggunakan pesawat udara.
diambil dari berbagai sumber
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

11 komentar :

  1. tipsnya sangat bermanfaat sekali untuk saya makasih banyak

    BalasHapus
  2. Berikut ini salah satu obat alami untuk penderita pilek menahun jelly gamat gold g yang merupakan cara cepat dan ampuh mengobati pilek menahun

    BalasHapus
  3. Terima Kasih atas infonya. Informasi yang anda berikan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Berikut ini salah satu obat alami untuk penderita flu menahun jelly gamat gold g yang merupakan cara cepat dan ampuh mengobati flu menahun

    BalasHapus
  5. tata cara naik pesawatnya sangat bermanfaat untuk saya makasih

    BalasHapus
  6. tata cara yang bagus sekali mantap infonay

    BalasHapus
  7. makasih banyak tipsnya sangat bermanfaat sekali makasih

    BalasHapus
  8. makasih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~