Obat Sakit Perut

24 Februari 2015
Sakit perut (Gastro Oesophageal Reflux) atau disebut mulas dan melilit adalah penyakit yang terjadi akibat perut bagian dalam membesar sehingga ruang bebas di dalam perut berkurang.

Sakit perut merupakan indikator adanya gangguan pada pencernaan manusia, karena itu tak jarang timbul rasa ingin segera buang air besar, buang air kecil, bersendawa, bahkan buang angin akibat rangsangan. Contoh penyakit yang dapat menyebabkan perut terasa sakit adalah diare, konstipasi, disentri, sembelit, sakit maag, asam lambung dll.


Sakit perut atau mulas juga tanda seorang wanita akan menstruasi atau wanita hamil. Tetapi timbulnya nyeri di bagian perut bisa juga sebagai tanda awal kanker seperti kanker pankreas dan kanker usus. Umumnya dikarenakan terlalu banyak makan dengan cepat dan terganggunya pikiran (stres).
Sakit perut yang dibiarkan terlalu lama dapat mengganggu keseharian penderita, berikut ini beberapa akibat dari sakit perut.
  • Tidak memiliki daya atau kemampuan untuk berkonsentrasi dalam melakukan suatu tindakan, mungkin pekerjaan.
  • Tidur menjadi tidak pulas karena perut yang sakit membuat tubuh jadi tidak nyaman.
  • Dalam posisi berdiri maupun duduk, penderita akan terus membungkuk dan kedua tangan memegang perut yang sakit dengan pikiran mampu mengurangi melilit.
  • Jika kondisi cukup parah, penderita akan merasakan perutnya seperti ditancapi paku atau tertusuk jarum.

Efek yang ditimbulkan begitu mengerikan, oleh sebab itu jika Anda mengalami sakit perut langkah awal adalah berkonsultasi pada dokter apabila ada waktu, namun apabila keadaan tidak memungkinkan, Anda bisa meracik obat sakit perut sendiri (nanti akan diberi resepnya).

Obat Sakit Perut Tradisional
Dokter biasa memberikan antasida, yaitu obat untuk menetralisir asam lambung. Segala bentuk gangguan pencernaan bisa diredakan rasa sakit yang timbul dengan minum antasida.

Apabila Anda tertarik dengan pengobatan yang berbau tradisional tentu sudah ada obat herbal untuk menyembuhkan sakit perut, berikut ini resep pembuatannya.

Daun Iler
Petik 6 lembar daun iler yang muda dan segar, siapkan juga garam beserta air hangat seperlunya.
Cuci semua daun iler dengan air matang yang bersih (dialiri),kemudian tambahkan garam.
Kunyah agar lumat dan halus, jika sudah barulah ditelan.
Terakhir, cepat minum air hangat agar sisa daun yang tersisa di mulut dan tenggorokan terbawa ke dalam usus.
Anjuran Pengobatan: 3 x 1 gelas dalam sehari

Akar Bunga Teratai
Bahan berupa 50 gram akar bunga teratai dan 10 gram jahe.
Kedua bahan obat dicuci bersih kemudian blender dan peras, tampung air dalam gelas.
Minum air hasil perasan kedua bahan.
Anjuran Pengobatan: 3 x 1 gelas (pagi, siang dan sore atau menjelang tidur),

Kunyit (Obat Mencret)
Siapkan 1/2 jari rimpang kunyit, 1/2 sendok teh rasuk angin, 3 biji ketumbar, 1 lembar daun tawas dan 1 buah kayu ules.
Tumbuk semua bahan hingga halus, reubsrebus dalam satu gelas air.
Saring air dan minum ketika sudah dingin.
Anjuran Pengobatan: 2 x 1 gelas dalam sehari (pagi dan sore).

Daun Delima Putih
Persiapkan 5 gram daun delima putih segar, 6 gram buah jambu biji dan 2 gram rimpang temugiing. Jangan sampai tertinggal 110 ml air matang.
Semua bahan digiling dan rebus dalam 110 ml air, kemudian minum.
Anjuran Pengobatan: 1 x 1 gelas dalam sehari, lakukan setiap hari sampai sembuh.

Itulah beberapa jenis obat sakit perut tradisional. Sebenarnya masih banyak bahan yang bisa dijadikan obat untuk meredakan rasa sakit pada perut, tetapi beberapa resep di atas sudah mewakili.
Jika melilit tidak kunjung sembuh meski Anda sudah seminggu minum salah satu obat di atas, sangat diperlukan penanganan lebih lanjut yaitu rutin ke dokter untuk konsultasi.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

39 komentar :

  1. informasi yang sangat bermanfaat makasih banyak mas

    BalasHapus
  2. numpang buka lapak gan, kalo ganggu hapus aja yah - Informasi Menarik Mengenai Cara Cepat Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka Kecelakaan dengan Obat Oles Herbal Pengering dan Penyembuh Luka Kecelakaan.

    BalasHapus
  3. numpang buka lapak gan, kalo ganggu hapus aja yah - Cara Cepat Mengeringkan dan Menyembuhkan Luka Sunat dengan Obat Oles Herbal Penyembuh dan Pengering Luka Bekas Sunat Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  4. makasih gan, sekarang ane jadi obat nya kalo ane sakit perut..

    BalasHapus
  5. keren info obatnya bermanfaat untuk saya yang sering sakit perut karena makanan yang tidak higenis

    BalasHapus
  6. perlu diketahui untuk berjaga kalau sakit perut minimal pertolongan kedua setelah berdoa

    BalasHapus
  7. sangat bermnfaat informasinya gan

    BalasHapus
  8. obat sakit perut yang alami sekarang mulai tidak ada yang menggunakan

    BalasHapus
  9. i like obat herbal nggak ada efek sampingnya

    BalasHapus
  10. makasih banyak gan info seputar kesehatannya. . jadi serba tahu nih berkat Bolg Em :-)
    Update terus ya gan,

    BalasHapus
  11. Thank's ya untuk infonya. . jangan lupa mampir juga di blog kami ya
    salam sehat

    BalasHapus
  12. Thank's ya gan atas info kesehatannya. . sangat membantu
    Update terus ya artikel terbarunya. salam Sehat

    BalasHapus
  13. Mantap gan artikelnya . update terus ya artikel terbarunya
    salah sehat dan sukses terus, terimakasih

    BalasHapus
  14. Update terus ya info terbarunya gan. . kami tunggu
    terimakasih

    BalasHapus
  15. Makasih ya sob atas info dan tipsnya, sangat membantu banget
    Update terus ya. Good job gan

    BalasHapus
  16. Infonya mantap banget gan, sangat bermanfaat, membantu dan tentunya menambah pengetahuan gan. .
    TOP deh, sukses terus ya

    BalasHapus
  17. Pagi gan. . ijin nyimak artikelnya ya. Mantap banget informasinya
    Update terus ya, salam sehat

    BalasHapus
  18. Informasi kesehatannya sangat membantu sekali gan. . update terus ya
    Terimakasih

    BalasHapus
  19. Mantap banget gan infonya. . sangat membantu, sajikan terus info lainnya ya gan
    terimakasih

    BalasHapus
  20. Mantap banget gan informasinya. . update terus ya
    sukses selalu

    BalasHapus
  21. Mantap infonya. . nice desain artikelnya
    TOP deh, update terus ya, thank's

    BalasHapus
  22. Terimakasih untuk informasi & tipsnya gan. .
    salam sehat dan sukses terus utk blognya

    BalasHapus
  23. Makasih banyak ya sob atas infonya. . mantap dan bermanfaat banget
    sukses terus ya

    BalasHapus
  24. Makasih gan atas infonya. . salam sehat dan semoga puasanya lancar & berkah
    amiin. . Terimakasih

    BalasHapus
  25. Artikel yang sangat menarik & berisi info bermanfaat gan. .
    Update terus ya, thank's

    BalasHapus
  26. Mantap dan menarik banget gan artikelnya. .
    sukses terus ya, terimakasih

    BalasHapus
  27. Pagi gan. . mantap banget nih informasinya, ,
    salam sehat & sukses selalu ya gan

    BalasHapus
  28. Terimakasih banyak atas informasinya. .
    menarik & mantap banget gan. sukses

    BalasHapus
  29. ternyata kunyit bisa juga untuk mengobati sakit perut ya. .
    thank's ya gan infonya

    BalasHapus
  30. artikelnya bermanfaat sekali gan. . update terus ya artikel terbarunya
    salam sehat & semoga makin sukses

    BalasHapus
  31. thanks gan telah berbagi info menarik dan bermanfaat dengan kami..
    update terus ya, salam sehat

    BalasHapus
  32. informasi yang sangat bermanfaat gan.. terimakasih banyak ya selalu berbagi infonya dengan kami
    sukses terus

    BalasHapus
  33. Nice artikelnya gan.,
    semua info yang disajikan sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan juga, thanks ya

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~