Ban Mobil

24 Maret 2015
Sebuah ban mobil ternyata memiliki umur juga. Semakin tua umurnya, kualitas ban akan semakin berkurang. Kalau sudah begitu, keselamatan pengendara menjadi taruhan. Lalu, berapa lama idealnya penggunaan sebuah ban?

Selain masa pemakaian, jarak tempuh juga perlu mendapat perhatikan . Untuk jarak tempuh maksimalnya 40.000 s.d 45.000 km dan masa pakai maksimal adalah tiga tahun. Jika usia ban lebih dari 3 tahun, karetnya sudah mulai retak-retak sehingga perlu ganti dengan yang baru.

Indikator sebuah ban bisa dilihat pada Tread Wear Indicator (TWI) yang terdapat pada ban. TWI merupakan simbol untuk menunjukkan batas pemakaian ban. Berbentuk segitiga di sisi ban atau berupa tonjolan pada sela-sela pattern ban.
Di bawah ini adalah 10 tips perawatan ban mobil :
  1. Jangan menunggu hingga ban rusak. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.
  2. Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
  3. Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.
  4. Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.
  5. Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.
  6. Jagalah ban mobil Anda dari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.
  7. Buatlah jadwal. Pastikan Anda menukarkan ban mobil Anda antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
  8. Jangan mengendarai mobil dengan ban yang tanpa penutup pentilnya. Mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.
  9. Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.
  10. Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.
  11. Batasi setiap perjalanan maksimal 3 sampai 4 jam agar suhu ban tidak terlalu panas, sekaligus untuk istirahat pengendara bersama mobilnya.
  12. Gunakan nitrogen untuk menjaga kondisi panas pada ban.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

8 komentar :

  1. terima kasih tipsnya pak, meskipun vital tapi jarangsekali diperhatikan. Biasanya ban baru dilihat kalau jalan sudah gak enak

    BalasHapus
  2. Kenapa ban motor/mobil yang belakang lebih cepat gundul daripada yang depan ya?

    BalasHapus
  3. makasih informasinya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Info yang bagus..
    terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. Tips yang bagus gan..
    thanks yah.

    BalasHapus
  6. Ban merupakan komponen yang penting dalam kendaraan..
    jadi perlu di perhatikan benar-benar.

    BalasHapus
  7. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~