Rengginang

30 April 2015
Rengginang adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng dalam minyak goreng.

Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak.

Di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip dan rengginang hanyakah ukurannya. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dandang atau periuk penanak nasi.
Bahan:
250 gram beras ketan, cuci bersih lalu rendam dalam air selama 1 jam
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air

Bumbu
Haluskan 2 siung bawang putih dan 1 sdt terasi bakar

Cara Membuat
Kukus beras ketan, minimal selama 15 menit lalu sisihkan. Campur bumbu halus, garam, gula pasir, dan air. Aduk rata. Rebus sampai mendidih. Tambahkan beras ketan. Aduk sampai meresap. Kukus minimal selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan bentuk sesuai selera, lalu letakkan di atas tampah. Jemur.

Setelah satu sisi kering, balik rengginang agar kering merata. Goreng dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

20 komentar :

  1. met siang gan ijn berkunjung. trims

    BalasHapus
  2. bagus sekali artikelnya sob sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. thanks share nya kawan, ...

    BalasHapus
  4. senang sekali bisa berkunjung ke mari mas, ijin baca artikel rengginang nya

    BalasHapus
  5. salam blogwalking sob, tetap semangat

    BalasHapus
  6. Jajan sederhana tapi di sukai semua kalangan.

    BalasHapus
  7. Cara membuatnya mudah juga yah gan..
    thanks info nya.

    BalasHapus
  8. Kalo bikin nya pake beras biasa sih gimana gan?

    BalasHapus
  9. Artikel yang bagus...
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  10. renginang memang enak sekali makasih infonya

    BalasHapus
  11. makanan kesukaan saya dari kecil sampai sekarang

    BalasHapus
  12. sekarang sudah ada rengginan aneka rasa: rasa udang, balado, dan lain sebagainya

    BalasHapus
  13. Terimakasih untuk infonya gan. . nice desain blognya
    salam sehat dan salam kenal aja ya gan

    BalasHapus
  14. Ijin nyimak artikelnya ya gan, . semoga bermanfaat dan sukses terus untuk blognya
    amiin, terimakasih

    BalasHapus
  15. makasih gan atas infonya. . bermanfaat banget
    update terus ya gan info terbarunya.

    BalasHapus
  16. Mantap banget gan. . sajikan terus ya artikel-artikel lainnya
    salam seha

    BalasHapus
  17. Super website with a great sharing and amazing stories is ur web.. please keep doing what u do now.. thanks to you.
    Agen Bandarq

    Agen domino

    Domino Online

    agen Bandarq

    Bandar domino99
    agen domino online

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~