Diabetes mellitus

7 Agustus 2015
Diabetes atau Diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang menyebabkan seseorang memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi.

Ada 2 jenis diabates. Pertama disebabkan karena kerusakan autoimun sel beta dalam pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Jenis kedua disebabkan karena gaya hidup yang tidak baik, bukan penyakit autoimun metabolik dari keturunan.

Belum ada obat untuk menyembuhkan diabetes. Obat hanya dipakai untuk mengontrol kadar gula darah saja. Walaupun belum ada obat yang dikenal bisa menyembuhkan diabetes, namun orang masih memiliki cara lain yaitu memanajemen diet dengan benar.

Ada banyak makanan penting yang harus dimasukkan kedalam diet penderita diabetes, yang bisa membantu menjaga tubuh penderita tetap sehat dan gula darah bisa diatur dengan cara alami. Berikut makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes yang perlu diketahui, agar bisa mengelola penyakit ini dengan baik.

Bayam
Sebenarnya tidak hanya bayam, semua jenis sayuran termasuk kale, selada, dan brokoli baik bagi penderita diabetes. Sifat sayuran yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, serta mengandung antioksidan yang tinggi, membuatnya ideal untuk mengatasi penyakit kronis. Sebuah studi melaporkan terjadi penurunan resiko diabetes tipe 2 sebesar 14 persen ketika sayuran berdaun hijau dijadikan sebagai bagian dari diet rutin seseorang.

Dark Chocolate
Dark chocolate mengandung antioksidan kuat yang bernama flavonoid serta antioksidan lain bisa mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi kebiasaan makan permen, serta bisa menurunkan resiko masalah jantung dan masalah tekanan darah.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi, yang sangat penting untuk mengelola penyerapan glukosa. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa kacang-kacangan juga bisa menurunkan risiko stroke dan mengatur pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga pendorong utama bagi diabetes.

Almond
Kacang pohon ini merupakan sumber terbesar magnesium dan lemak monounsaturated, yang penting untuk mengatur metabolisme karbohidrat. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa diet yang tinggi magnesium, yang termasuk almond, membantu menurunkan kesempatan mengembangkan diabetes tipe 2 sebesar lebih dari 30%.

Minyak zaitun
Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengganti mentega atau lemak babi dengan minyak zaitun, bisa mengurangi kesempatan mengembangkan penyakit diabetes lebih dari 50%. Masih ditambah lagi dengan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bisa mengurangi penyakit jantung dan kolesterol tinggi – penderita diabetes cenderung bermasalah dengan kondisi tersebut

Ubi jalar
Dibandingkan dengan kentang, ubi jalar telah menunjukkan bisa mengurangi kadar A1C hingga 0,5%, sedangkan anthocyanin dan antioksidan dalam ubi jalar akan membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner dan kanker – yang merupakan resiko tinggi bagi penderita diabetes.

Ikan
Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan seperti salmon, mackerel, dan ikan haring, diketahui mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, serta bisa membantu bagi yang sudah menderita diabetes. Kombinasi yang sehat antara protein dan asam lemak omega 3 pada ikan benar-benar memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Blueberry
Bluberry diakui karena kaya akan antioksidan. Menurut penelitian, Anthocyanin dalam buah ini secara signifikan bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 lebih dari 20%.

Yogurt
Yogurt bebas lemak sudah terbukti sangat membantu bagi penderita diabetes, karena tinggi mengandung protein, rendah lemak, dan rendah karbohidrat – merupakan kombinasi untuk menurunkan penyerapan glukosa dalam tubuh kita. Sementara itu, kandungan kalsium dalam yoghurt juga telah terbukti jenis yang lebih rendah terhadap risiko diabetes tipe 2.

Kinoa/Quinoa
Bijian ini adalah alternatif sumber protein lengkap, yang sangat penting bagi kesehatan kita. Hal ini juga tinggi serat, yang bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur penyerapan karbohidrat, mencegah fluktuasi gula darah yang harus dihindari penderita diabetes.

Bawang putih
Meskipun masih belum jelas manfaatnya secara langsung terhadap diabetes, namun bawang putih diketahui bisa mengurangi kolesterol darah, mencegah kemungkinan pembekuan darah, mengurangi risiko stroke, dan menurunkan tekanan darah, yang semuanya ini berhubungan dengan komplikasi atau indikasi risiko diabetes.

Bawang Merah
Bawang merah mengandung banyak zat antioksidan seperti quercetin, capsaicin, dan flavonoid, sehingga membuatnya menjadi makanan anti-kanker. Selain itu juga baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi kemungkinan penyakit kronis seperti diabetes.

Putih telur
Putih telur adalah makanan yang sehat, mengandung protein dan sangat rendah karbohidrat. Hal ini berarti tidak akan mempengaruhi kadar gula darah, bahkan membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

Oatmeal
Oatmeal banyak mengandung serat larut, yang membantu mengurangi rasa lapar. Sementara itu juga mencegah penyerapan karbohidrat, sehingga menjaga kadar gula darah stabil. Selain itu, oatmeal juga menurunkan resiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi, yang diketahui membahayakan bagi penderita diabetes.

Tomat
Tomat kaya akan karotenoid dan flavonoid, yang bekerja sebagai agen anti inflamasi dan antioksidan, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kronis, kondisi jantung, kolesterol, dan hal lain yang seringkali bisa menyebabkan diabetes. Tomat juga merupakan sayuran yang tidak mengandung tepung, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

37 komentar :

  1. infonya mantap sekali gan (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saudara punya permasalaha ekonomi: hub aki adipati karna sy sd membuktikan bantuan
      Aki adipati yg berminat tlp di no 081 333 455 366

      Hapus
  2. Kalo pantangan makanan untuk penyakit diabetes melitus apa aja sih gan??

    BalasHapus
  3. erima kasih ilmunya, semoga bisa bermanfaat bagi para penderita penyakit gula

    BalasHapus
  4. artikel yang sangat bagus min.. topiknya bermanfaat banget
    thanks ya

    BalasHapus
  5. diabetes memang sangat berbahaya dan sebaiknya mencegah daripada mengobati. hidup sehat dari awal

    BalasHapus
  6. Terimakasih untuk informasinya gan..
    semua yang disajikan sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  7. kunjungan pertama.....
    Nice Blog.....

    ijin lihat-lihat blog/website nya.....

    Daftar rumah Murah Subsidi Bekasi tahun 2015-2016

    BalasHapus
  8. Saya sangat suka artikel yang disajikan diblog ini..
    thanks for sharing ya gan,, salam sukses

    BalasHapus
  9. makasih banyak ats informasinya gan

    BalasHapus
  10. Makasih banyak atas semua informasinya..
    sukses terus untuk blog 'em

    BalasHapus
  11. thanks banyak infonya,, diabetes penyakit yangmembunuh perlahan jadi sebaiknya mencegah dulu,

    BalasHapus
  12. Thanks for sharing ya gan.. ditunggu update terbarunya
    sukses

    BalasHapus
  13. diabet penyakit yang mematikan

    BalasHapus
  14. sampaai sekarang belum ada obatnya

    BalasHapus
  15. juga bisa dikatakan penyakit turunan

    BalasHapus
  16. kunjungan pertama.....
    Nice Blog.....

    ijin lihat-lihat blog/website nya.....

    Daftar rumah Murah Subsidi Bekasi tahun 2015-2016

    BalasHapus
  17. Sungguh repot kalau kita terkena penyakit, apalagi penyakit multidimensi seperti DM atau gula ini

    BalasHapus
  18. Terimakasih telah berbagi informasi menarik dan bermanfaat ini..
    good job, gan. sukses terus

    BalasHapus
  19. sngat bermanfaat artikel x bgi penderita n jg yg gak terjangkit lbih menghargai kesehatan dengan mengatur poa hidup sehat kunjungi web kami disini

    BalasHapus
  20. Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini ?
    http://obattradisionaldarahtinggi.jellygamatluxor.biz/pengobatan-alternatif-asam-urat-secara-tradisional/
    http://obattradisionalkencingmanis.com/obat-alami-penyakit-stroke-paling-ampuh/

    BalasHapus
  21. infonya mantao.. sangat membantu dan bermanfaat
    harus diwaspdai nih penyakit yang satu ini, karena di jaman sekarang tidak hanya usia tua saja yang menderita diabetes melitus ini, usia muda juga bisa terserang penyakit ganas yang satu ini

    BalasHapus
  22. informasi yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan gan,.
    thanks ya

    BalasHapus
  23. informasi yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang Penyakit Diabetes Melitus,.
    terimakasih ya gan, sukses terus

    BalasHapus
  24. penyakit ganas yang bisa mematikan.. harus waspada dan selalu menjaga kesehatan serta terapkan pola hidup yang baik dan sehat
    thanks gan informasinya,

    BalasHapus
  25. Terimakasih untuk informasi seputar penyakit diabetesnya.. sangat bermanfaat gan
    jadi tahu deh jenis diabetes dan bahayanya apa

    BalasHapus
  26. ternyata putih telur dan ubi jalar serta yogurt sangat bhaik dan bermanfaat untuk penyakit diabetes melitus ya, baru tahu ane
    terimakasih banyak nih atas sajiannya, mantap bener deh. jadi menambah pengetahuan serta wawasan pembaca atau pengunjungnya

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~