Jika Telapak Tangan Sering Berkeringat

28 September 2015
Telapak tangan yang mengeluarkan keringat berlebih seringkali menyebabkan orang merasa gelisah, karena ada anggapan bahwa banyak telapak tangan yang mudah basah oleh keringat erat kaitannya dengan penyakit berbahaya seperti jantung atau ginjal.

Selain khawatir terkait dengan penyakit tertentu, telapak tangan dengan keringat berlebih juga mengganggu bagi mereka yang harus menggunakan tangan dalam beraktifitas. Dengan tangan yang basah, kenyamanan dan kelancaran kegiatan dapat terganggu.

Ada apa dengan telapak tangan berkeringat?
Keluhan mengenai telapak tangan yang berkeringat bisa bervariasi; mulai dari yang biasa saja; dalam artian, keringat yang keluar tidak begitu banyak; hingga mereka yang telapak tangannya berkeringat banyak dengan frekuensi yang sering.

Pada kenyatannya, kondisi semacam ini memang bisa berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, telapak tangan berkeringat menandakan adanya masalah di organ-organ tertentu di dalam tubuh.

Namun, di pada kasus lainnya, gejala ini tergolong normal, hanya merupakan respon normal dari tubuh seseorang.

Masalah jantung
Jantung yang bermasalah memang menjadi salah satu penyebab kuat yang menimbulkan keringat berlebih di telapak tangan. Indikasi dari adanya penyakit jantung ini terlihat dengan munculnya keringat dalam jumlah banyak, beberapa bahkan hingga menetes.

Kelenjar keringat dengan produksi berlebih
Selain penyakit jantung, telapak tangan berkeringat juga dapat menandai adanya jaringan keringat yang memproduksi keringat dengan jumlah yang lebih dari normal.

Produksi berlebih ini diakibatkan oleh beberapa kondisi, antara lain pengaruh kondisi psikologis. Kebanyakan orang mengalaminya di saat mereka mengalami ketakutan yang sangat, stress, atau sakit. Selain psikologis, dampak neurologis pun bisa memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya.

Kelebihan hormone tiroid (hipertiroid)
Jumlah hormone tiroid yang berlebih dapat mengakibatkan munculnya keringat berlebihan pada telapak tangan, tapi kondisi ini biasanya diikuti dengan gejala lain seperti jantung berdebar, sering buang air besar, bola mata terlihat lebih menonjol serta kelainan lainnya.

Mengatasi telapak tangan berkeringat
Jika anda memiliki pengalaman dengan telapak tangan berkeringat yang terlihat tidak normal dibandingkan dengan orang lain, tidak ada salahnya anda waspada. Ada baiknya anda memeriksakan diri untuk mengetahui penyebabnya.

Mencari tahu tentang penyebab telapak tangan berkeringat adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan penanganan tertentu. Selain memeriksakan diri ke dokter, anda pun dapat mengamati peristiwa tersebut: terjadi terus menerus atau sekali-kali.

Jika telapak tangan berkeringat hanya pada saat tertentu misalnya saat stres, kemungkinan besar keadaan tersebut adalah respon normal dari tubuh kita.

Sumber : infokesehatan.biz.id
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

9 komentar :

  1. Terimakasih gan informasinya,, membantu dan jadi tambah tahu penyebabnya jika telapak tangan sering berkeringat
    sukses terus dan jangan lupa update selalu :-)

    BalasHapus
  2. thanks gan..jadi tahu deh masalah apa saja yang ditandai dengan adanya keringat ditelapak tangan.

    BalasHapus
  3. Info yang bagus....
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  4. terimakasih gan informasi seputar keringat di telapak tangannya.. sangat bermanfaat banget
    jadi tahu deh mana keringat yang normal dan mana keringat yang menandakan adanya suatu penyakit.
    Mantap banget deh blog em ini

    BalasHapus
  5. meskipun hanya sekedar keringat, tetapi harus di perhatikan juga, karena keringat yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh dan kesehatan, begitu pun ketika badan kita tidak bisa berkeringat.
    artikel yang sangat bermanfaa dan memberikan wawasan serta pengetahuan. Thanks
    visit
    Obat Herbal Kanker Mulut


    Obat Herbal Penyakit Limfoma


    Obat Herbal Tumor Ganas


    Obat Herbal Benjolan Di Payudara

    BalasHapus
  6. meskipun hal kecil seperti keringat, ternyata jika keringat yang keluar meleibih batas normal dan kewajaran berbahaya juga ya.
    harus lebih waspada nih.
    thanks gan informasinya

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~