Karapan Sapi

4 September 2015
Karapan Sapi adalah balap sapi khas masyarakat Madura yang di gelar sekitar bulan Agustus hingga Oktober. Pada Karapan Sapi ini terdapat seorang joki dan 2 ekor sapi yang di paksa untuk berlari sekencang mungkin sampai garis finis.

Joki tersebut berdiri menarik semacam kereta kayu dan mengendalikan gerak lari sapi. Panjang lintasan pacu kurang lebih 100 meter dan berlangsung dalam kurun waktu 10 detik sampai 1 menit.

Selain di perlombakan, karapan sapi juga merupakan ajang pesta rakyat dan tradisi yang prestisius dan bisa mengangkat status sosial seseorang. Peserta perlombaan karapan sapi harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melatih dan merawat sapi.
Untuk membentuk tubuh sepasang sapi yang akan ikut karapan agar sehat dan kuat, dibutuhkan biaya hingga Rp 4 juta per pasang sapi untuk makanan maupun pemeliharaan lainnya. Sapi karapan diberikan aneka jamu dan puluhan telur ayam per hari, terlebih-lebih menjelang diadu di arena karapan.

Bagi masyarakat Madura, Karapan Sapi dilaksanakan setelah sukses menuai hasil panen padi atau tembakau. Prosesi awal dari karapan sapi ini adalah dengan mengarak pasangan sapi mengelilingi arena pacuan dengan diiringi gamelan Madura, yaitu Saronen.

Babak pertama adalah penentuan kelompok menang dan kelompok kalah, babak kedua adalah penentuan juara kelompok kalah, sedang babak ketiga adalah penentuan juara kelompok menang.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

10 komentar :

  1. Begitu banyak kegiatan adat di indonesia seperti Karapan Sapi ini

    BalasHapus
  2. kok paling belakang kyk kesurupan ya

    BalasHapus
  3. makasih banyak atas informasinya mas

    BalasHapus
  4. atraksi yang sangat menantang dan perlu perlatihan khusus nih untuk mencobanya..
    thanks ya gan infonya

    BalasHapus
  5. Karapan Sapi adalah balap sapi khas masyarakat Madura yang di gelar sekitar bulan Agustus hingga Oktober. Pada Karapan Sapi ini terdapat seorang joki dan 2 ekor sapi yang di paksa untuk berlari sekencang mungkin sampai garis finis.

    seru juga ya, sangat menantang
    thanks ya gan atas informasinya, bermanfaat banget untuk menambah pengetahuan

    BalasHapus
  6. update terus gan informasi seputar budaya dan kekayaan indonesia..
    very good and good job

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~