Pernikahan Adat Minang

4 September 2015
Minangkabau memiliki prosesi pernikahan yang sangat rumit dibanding daerah lain di Indonesia. Mulai dari acara lamaran sampai atribut pakaian dan perhiasan yang dikenakan pengantin sangat rumit.

Pernikahan adat Minangkabu bercirikan megah, mewah dan sangat meriah, juga pelaminan bernuansa emas dan perak menjadi cirinya. Ada beberapa tahapan upacara adat pernikahan minangkabau, diantaranya:

Maresek
Tahapan pengenalan kedua calon mempelai. Karena menganut sistem matrilineal, maka dalam prosesi ini biasanya pihak mempelai wanita yang datang ke pihak mempelai pria dengan membawa buah tangan seperti kue.
Maminang / Batimbang tando
Tahapan ini pihak keluarga wanita kembali datang ke pihak keluarga pria untuk meminang. Prosesi bertukar tanda akan diteruskan jika pinangan diterima. Prosesi ini melibatkan tetua dari kedua belah pihak keluarga mempelai dengan membawa sirih pinang lengkap disusun dalam kampia (tas yang terbuat dari daun pandan) yang disuguhkan untuk dicicipi keluarga pihak pria.

Mahanta siriah
Prosesi ini merupakan tahapan untuk meminta izin kepada orangtua kedua mempelai.

Babako-babaki
Prosesi ini pihak wanita (babako) menunjukkan kasih sayangnya dengan ikut memikul biaya pernikahan sesuai dengan kemampuan mereka, dan dilakukan beberapa hari sebelum akad nikah.

Malam bainai
Tahapan ini jari mempelai wanita dihias dengan tumbukan halus daun pacar merah. Prosesi ini merupakan simbol kasih sayang para sesepuh keluarga mempelai wanita pada si mempelai wanita.
Indonesia memang kaya akan budaya. Budaya adat pernikahan dan pakaian pernikahan pun ada banyak ragamnya. So, untuk Anda yang mau melangsungkan pernikahan, tak ada salahnya untuk menggelar pesta pernikahan adat Minangkabau ini.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

5 komentar :

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~