Tips Memilih Jurusan SMA / SMK

25 April 2012
Banyak faktor yang harus diperhitungkan oleh anak lulusan SMP atau sederajat dalam memilih sekolah lanjutan, tak terkecuali jurusannya. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda dan orangtua juga masa depan siswa.

Berikut cara milih jurusan di SMK yang baik adalah dengan cara :
  1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat.
    Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang anda inginkan. Janganlah memilih jurusan teknik mesin jika anda ingin menjadi seorang ahli komputer dan jangan pula memilih jurusan farmasi jika bercita-cita menjadi ahli bangunan.Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan IPA dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan Teknik Bangunan. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.
  2. Informasi yang Sempurna.
    Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.. Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan..
  3. Lokasi dan Biaya.
    Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilihuntuk memilih lokasi sekolah tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.. Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi pendidikan yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat pendidikan yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.. 
  4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima.
    Perhatikan daya tampung suatu sekolah di Negeri dan sekolah swasta. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk bersekolah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit...
  5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan.
    Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.. Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan pendidikan di SMK/SMA sangat menentukan masa depan anda
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

20 komentar :

  1. Terima kasih,atas infonya. semoga ini menjadi referensi bagi Para Pelajar yang menentukan pilihanny memasuki jenjang SMA/SMK. walaupun saya sudah tak lagi menjadi murid SMA/SMK. tapi tips ini akan saya bagi kepada kerabat yang lain,,

    BalasHapus
  2. betul banget itu gan
    thank's infonya :)

    BalasHapus
  3. iya bener bangetdulu pas saya masuk SMK begitu ragu tpi setelah di jalani ternyata enjoy

    BalasHapus
  4. SMA maupun SMK juga bagus tp kalo pgn cpt dpt keahlian lbih baik msuk SMK biSAaaa

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya...bagus sekali

    BalasHapus
  6. Betul bgt Pak...
    terimakasih bnyak tipsnya...

    BalasHapus
  7. iya..jangan sampe slah tuch pilih sekolah...

    BalasHapus
  8. Tips yg sngat menarik tuch..
    makasih bnyak tipsnya..

    BalasHapus
  9. Dulu aku pngn bgt masuk SMK...
    tapi ga dio terima.. :(

    Makasih bnyak tipsnya pak...

    BalasHapus
  10. betul banget pak mar ,, semua yang mo masuk SMA/SMK harus menentukan dulu mau ke arah mana kita Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat kita. jangan sampe salah pilih yah.

    BalasHapus
  11. info yang bermanfaat ni buat adek2 kita yang bingung nentuin melanjutkan sekolah SMA/SMK.

    BalasHapus
  12. Sangat menarik dan sngat bermafaat nich...
    thanks bgt infonya...

    BalasHapus
  13. tips yang sangat bagus sekali mas,,
    betul banget tuh mas,,

    BalasHapus
  14. jangan sampai salah pilih pokonya..
    memang bingung sih waktu dulu saya pilih sekolah smk

    BalasHapus
  15. saya ikut menyimak ya ms,,
    tipsnya oke nih..

    BalasHapus
  16. menyesuaikan cita-cita dan bakat itu penting supaya sekolah nya bisa lebih semangat lagi.

    BalasHapus
  17. tips yang bagus..
    semoga bagi yang mau melanjutkan sekolah nya bisa lebih tepat memilih sekolah nya.

    BalasHapus
  18. salah jurusan bisa berakibat fatal..
    karena pasti akan males berangkat sekolah.

    BalasHapus
  19. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~