Bunglon

18 Juli 2012
Bunglon adalah sejenis reptil yang termasuk ke dalam suku (familia) Agamidae. Kadal lain yang masih sesuku adalah cecak terbang (Draco spp.) dan soa-soa (Hydrosaurus spp.).

Bunglon meliputi beberapa marga, seperti Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes dan lain-lain. Bunglon bisa mengubah-ubah warna kulitnya, meskipun tidak sehebat perubahan warna chamaeleon (suku Chamaeleonidae). Biasanya berubah dari warna-warna cerah (hijau, kuning, atau abu-abu terang) menjadi warna yang lebih gelap, kecoklatan atau kehitaman.


Reptil ini memangsa berbagai macam serangga yang dijumpainya: kupu-kupu, ngengat, capung, lalat dan lain-lain. Untuk menipu mangsanya, bunglon ini kerap berdiam diri di pucuk pepohonan atau bergoyang-goyang pelan seolah tertiup angin. Sering juga bunglon surai terlihat meniti kabel listrik dekat rumah, untuk menyeberang dari satu tempat ke tempat lain.

Di saat Bunglon merasa terancam , Ia akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaannya tersamarkan. Fungsi penyamaran demikian disebut mimikri. Hal ini berbeda dengan "kamuflase", yakni penyamaran bentuk atau warna hewan yang menyerupai makhluk hidup lain.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

24 komentar :

  1. oh jadi kalo mimikri itu cuma warna nya aja ya yg berubah ?
    kalo contoh hewan kamuflase yg kaya gimana ?
    makasih ya pak mars buat share nya :)

    BalasHapus
  2. salah satu hewan yang cerdas salam hal penyamaran . .

    BalasHapus
  3. low ngebahas ini binatang jadi inget pelajaran kelas 4 sd dah ...

    BalasHapus
  4. salam kenal dan salam hangat selalu

    BalasHapus
  5. ternyata bunglon juga memiliki marga juga yah
    kirain hanya batak ajja lho yang punya marga hehehe

    BalasHapus
  6. Jujur saya agak ngeri sama si bunglon ini.. Ada pengalaman buruk.. Hehe

    BalasHapus
  7. bunglon memang aneh ya ketika dia pindah habitat warnanya juga berubah ha ha ha ..

    BalasHapus
  8. wah, keren ya..
    coba kalo manusia bisa kaya bunglon yang bisa berubah warna ketika dirinya merasa terancam....heheh..

    BalasHapus
  9. keren,,, pngn melihara.. ada racun atau bisa atau berbahaya gak ya???

    BalasHapus
  10. Keren banget infonya gan ...sangat bermanfaat.

    jangan lupa juga berkunjung ke blog ane ya gan he he he he ......

    follow juga blog ane kalau berkenan..

    BalasHapus
  11. kalo di pelihara boleh gk ya???

    BalasHapus
  12. makasih infonya gan ...keren banget.

    BalasHapus
  13. bunglon hewan yang sangat menarik dan indah..
    karena dapat berubah-ubah warna nya.

    BalasHapus
  14. bunglon memang hewab yang menarik tapi yang lebih manrik lagi itu chamaeleon.

    BalasHapus
  15. apa bunglon itu ga berbahaya gan?

    BalasHapus
  16. gambar coreldraw x4 ya mas,hehehehe.......
    wah jaman sekarang manusiapun bisa kok jadi bunglon.......
    wkkkkkkkk

    salam

    BalasHapus
  17. kalo di pelihara apa gk apa apa???

    BalasHapus
  18. kalo manusia bisa gto gmn ya??

    BalasHapus
  19. Anda Mempunyai Tekanan Darah Tinggi? Jika tidak segera dicegah dan diatasi, tekanan darah tinggi akan mengakibatkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Segera tuntaskan Tekanan Darah Tinggi Anda dengan obat herbal tekanan darah tinggi.
    Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Tradisional, selain dengan merubah gaya hidup dan pola makan sehat, untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang paling efektif, kami rekomendasikan Anda dengan obat herbal Diasis Care Capsule. Obat ini sudah terbukti Ampuh dalam mengatasi hipertensi/darah tinggi, terbuat dari 100% HERBAL ALAMI, aman dikonsumsi dalam jangka panjang, dan tidak ada efek samping.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~