Cara Membuat Paspor

31 Agustus 2012
Paspor adalah dokumen resmi yang wajib dibawa bila bepergian ke luar negeri. Paspor menunjukkan identitas diri kita sebagai warga negara Indonesia. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak masa diterbitkan dan wajib diperpanjang 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Bila melebihi batas waktu, akan dikenai denda.


Berikut ini adalah cara membuat paspor:

  1. Datang ke kantor imigrasi. Kita bisa datang ke kantor imigrasi dimana saja. Tidak harus sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP.
  2. Mengisi formulir permohonan yang bisa diperoleh di loket yang tersedia
  3. Lengkapi dengan dokumen yang kita miliki yaitu KTP, KK,  Akte Kelahiran dan Ijasah. Jangan lupa untuk membawa dokumen asli.
  4. Serahkan formulir yang telah diisi ke bagian loket pendaftaran.
  5. Ambil tanda terima serta jadwal foto dan pengambilan sidik jari.

Proses selanjutnya bisa dilakukan pada hari berikutnya untuk melakukan foto dan pengambilan sidik jari. Setelah proses pengambilan foto dan sidik jari selesai, maka kita akan sampai pada proses wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.

Bila tahapan wawancara telah selesai, kemudian kita membayar buku paspor, menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang telah selesai.
Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita bisa datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru kita telah selesai.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

66 komentar :

  1. terimakasih informasi yang sangat berguna ini.

    BalasHapus
  2. kira2 kapan ya ane butuh paspor

    BalasHapus
  3. makasih ni gan buat informasinya...

    BalasHapus
  4. hmm dulu juga pernah buat, tapi prosesnya cukup lama gan..

    BalasHapus
  5. oohh begitu,, maksih informasinya teman...

    BalasHapus
  6. oohhhh,, trnyta gak usah k kntor imigrasi ssuai almt d KTP

    BalasHapus
  7. emg pmbuatan paspor itu lama......

    BalasHapus
  8. kbtulan saya belum punya paspor tuh..Makasih yaa

    BalasHapus
  9. bermanfaat banget nieh terima kasih, kali aja ane mau ke luar negeri jadi gak rumit lagi caranya bikin paspor.!!

    BalasHapus
  10. saya juga belum pernah bikin paspor, hehe...maklum tempat maenannya lokal terus sih.

    BalasHapus
  11. terima kasih atas infonya kawan...
    di tunggu kunjungannya

    BalasHapus
  12. suatu saat saya punya kaya gituan

    BalasHapus
  13. wah informasi sangat bermanfaat sekali gan, semoga kelak saya bisa pergi keluar negeri...amin

    BalasHapus
  14. sagat membantu sekali bagi orang-orang yang pertama kali yang akan pergi keluar negeri

    BalasHapus
  15. informasi yang sangat membantu,kebetulan kita mau buat paspor

    BalasHapus
  16. thanks tipsnya.... maju terus blognya :)

    BalasHapus
  17. terima kasih atas infonya sob...

    BalasHapus
  18. thanks bangettt infonya brother.....

    BalasHapus
  19. thanks sudah membagi pengalamannya....

    BalasHapus
  20. hemm ,,,mnfaat sekali ..nanti kan klo misalin mau pergi ke luar ngeri ,gak bingung laghi ngurusin persyaratannya

    BalasHapus
  21. Informasi yang sangat bagus, artikel Anda sangat membantu saya dalam menambah ilmu pengetahuan yang saya miliki sekarang ini. Terimakasih.

    BalasHapus
  22. Sangat menarik, tapi saya harap ketika Anda membuat artikel baru lagi bisa lebih baik dari pada sebelumnya. Jangan sampai berhenti untuk memberitahukan kesemuanya, terus dan terus membuat artikel. Saya tunggu yang baru teman!

    BalasHapus
  23. Artikel anda bisa membantu saya dalam mengetahui informasi yang baru, saya sangat berterimakasih atas semua pemberitahuannya. Semoga anda tidak bosan untuk memberitahukan sebuah artikel baru anda.

    BalasHapus
  24. Sangat membantu teman artikelnya, saya harap besok dan lain kali anda lebih menguasi tentang sebuah artikel baru yang lebih menarik daripada yang biasanya anda buat. Saya tunggu yang lebih menarik. Bagus….

    BalasHapus
  25. Saya sangat berterimakasih, atas artikel anda saya bisa mendapatkan aspirasi untuk membuat yang lebih bagus dalam membuat artikel. Salam!

    BalasHapus
  26. Terimakasih atas bagi bagi ilmunya kawan, artikel anda sangat bagus. Tapi saya harap ada yang lebih menarik lagi. Buat yang baru ya? Kutunggu.

    BalasHapus
  27. You are so very adept at making an article, so my information is needed, why? Because I need to know this information to increase knowledge that I know of yet. Thanks in advance mate ....

    BalasHapus
  28. artikel yang sangat bagus, kawan, jarang sekali saya membaca artikel seperti ini thanks for share

    BalasHapus
  29. nie penting buat orang yang ingin bepergian keluar negeri.! artikel berguna gan buat ane terima kasih.

    BalasHapus
  30. ga bisa langsung jadi yah gan?

    BalasHapus
  31. ribet juga yah cara buat paspor itu..
    terimakasih info nya.

    BalasHapus
  32. biaya bikin paspor itu berapa gan?

    BalasHapus
  33. kalo ane sih belum butuh paspor gan..
    thanks info nya.`

    BalasHapus
  34. terima kasih sudah memberi tahu cara membuat paspornya.. :)

    BalasHapus
  35. ternyata gitu ya bikin belum pernah nyoba tuh, tapi katanya agak sulit kalau bikin paspor ya

    BalasHapus
  36. thanks for this post

    BalasHapus
  37. terimakasih untuk ingeormasi nya gan!!!

    BalasHapus
  38. mantap, informasi yang bagus gan ..

    BalasHapus
  39. oke, thanks buat infonya...
    mungkin bisa ditambahkan gan mengenai banyaknya calo yang beroperasi di sekitaran kantor imigrasi...
    kita harus berhati-hati...
    lalu hal berikutnya adalah biaya sebenarnya untuk pembuatan Paspor tuh berapa sih? kalo lewat jalur legal (resmi)...

    BalasHapus
  40. masih kecil sudah bisa berprestasi

    BalasHapus
  41. makasih infonya ya...kebetulan mau buat paspor...:)

    BalasHapus
  42. terimakasih gan infonya,,,,,,,,,

    BalasHapus
  43. terima hasih untuk infonya.....

    BalasHapus
  44. wah ternyata begitu yh kalo mau ngebuat paspor.. oke deh gan ! thanks untuk infony :D

    BalasHapus
  45. ternyata gitu ya bikin belum pernah nyoba tuh, tapi katanya agak sulit kalau bikin paspor ya

    BalasHapus
  46. wah, simak baik-baik cara pembuatan paspor..persiapan buat keliling dinia, hehe.
    tengkyu infonya.

    BalasHapus
  47. maksih gan infonya, tapi perkiraan habis berapa untuk bikinnya..

    BalasHapus
  48. untuung baca artikel ini, jd bamu bikin deh....

    BalasHapus
  49. Informasi yang sangat bagus, artikel Anda sangat membantu saya dalam menambah ilmu pengetahuan yang saya miliki sekarang ini. Terimakasih.

    BalasHapus
  50. meskipun ngga berniat untuk pergi keluar ... tapi berguna sekali informasinya.

    BalasHapus
  51. Oh jadi begitu gan kalo cara bikin paspor, ane baru tahu nih, ,

    BalasHapus
  52. Lumayan ribet juga yaa bikin paspor.

    BalasHapus
  53. makasih gan buat infomasinya, sekarang saya jadi tau langkah-langkah bikin paspor.

    BalasHapus
  54. Terimakasih sajiannya gan. . semoga bermanfaat ya dan sukses terusss untuk blognya
    jangan lupa mampir

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~