Petasan

22 Agustus 2012
Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas, biasanya bersumbu, digunakan untuk memeriahkan berbagai peristiwa, seperti perayaan tahun baru, perkawinan, dan sebagainya. Benda ini berdaya ledak rendah atau low explosive. Bubuk yang digunakan sebagai isi petasan merupakan bahan peledak kimia yang membuatnya dapat meledak pada kondisi tertentu.

Sejarah petasan bermula dari Cina. Sekitar abad ke-9, seorang juru masak secara tak sengaja mencampurtiga bahan bubuk hitam (black powder) yakni garam peter atau kalium nitrat, belerang (sulfur), dan arang dari kayu (charcoal) yang berasal dari dapurnya. Ternyata campuran ketiga bahan itu mudah terbakar.


Jika ketiga bahan tersebut dimasukan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya yang lalu dibakar dan akan meletus dan mengeluarkan suara ledakan keras yang dipercaya mengusir roh jahat. Dalam perkembangannya, petasan jenis ini dipercaya dipakai juga dalam perayaan pernikahan, kemenangan perang, peristiwa gerhana bulan, dan upacara-upacara keagamaan.

Baru pada saat dinasti Song didirikan pabrik petasan yang kemudian menjadi dasar dari pembuatan kembang api karena lebih menitikberatkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di angkasa hingga akhirnya dibedakan. Tradisi petasan lalu menyebar ke seluruh pelosok dunia.

Di Indonesia sendiri tradisi petasan itudibawa sendiri oleh orang Tionghoa. Seorang pengamat sejarah Betawi, Alwi Shahab meyakini bahwa tradisi pernikahan orang Betawi yang menggunakan petasan untuk memeriahkan suasana dengan meniru orang Tionghoa yang bermukim di sekitar mereka.

sumber : wikipedia
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

62 komentar :

  1. Petasan hendaknya dimainkan di daerah-daerah yang jauh dari pemukiman. Seperti di pantai atau lapangan umum seperti monas agar tidak menganggu para penduduk trutama balita dan lansia.

    BalasHapus
  2. petasan identik dengan kemenangan, didaerah saya sampai sekarang masih sering membunyikan petasan di malam takbiran. namun terkadang memang mengganggu - tapi gimana lagi. namanya juga sudah budaya. saya pikir sulit untuk dihilangkan.

    BalasHapus
  3. petasan ini sering di bakar saat hari raya dan tahun baru, paling seru gan kalau udah main petasan ha ..

    BalasHapus
  4. asal penggunaan petasan tepat aja pasti aman, kalau sampe meldak kan bahaya

    BalasHapus
  5. petasan sangat berbahaya apalagi anak-anak kecil sekarang sangat menyukai petasan.! kayanya susah untuk membasmi petasan, padahal ini cukup berbahaya.

    BalasHapus
  6. wah, seru juga kalo ada perayaan kita maen petasan + kembang api. tapi aga takut juga setelah kemaren ada kasus kebakaran beberapa rumah akibat kembang api.

    BalasHapus
  7. petasan memang sungguh menakutkan yah

    BalasHapus
  8. petasan tuh indah klo uda di nyalain ..
    seru klo uda di maenin, tapi serem kalo takdir berkata lain.hehe

    BalasHapus
  9. ada bahayanya juga petasan jika salah digunakan.! apalagi anak kecil yang suka mainin petasan.

    BalasHapus
  10. hmmmmmm
    petasan ama kembang api sama gak yah
    terus kalo beda dari mananya
    dan kalo sama apa alasanya

    BalasHapus
  11. petasan ,, aku suka,, liat petasan itu indah.. kaya yang di gambar...

    BalasHapus
  12. batu tahu pak kalau petasan dari cina asalnya..hehe
    paling seru main petasan malam2..hehe

    BalasHapus
  13. Saya titip lapak ya, Mas? Saya bukan pengguna Windows tapi niat bicara Windows seperti dulu.

    http://bukanpenggunawindows.blogspot.com/

    Itu blog saya yang bicara mengenai belajar komputer untuk orang awam (berseri), membasmi virus tanpa antivirus (berseri), dan mengembalikan data yang terhapus. Blog saya juga bicara mengenai aplikasi gratisan seperti Kingsoft Office (calon pengganti Microsoft Office). Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  14. hemmm baru tau bila adat petasan di betawi niru orang tiong hoa ya gan ..

    BalasHapus
  15. sayangnnya sampai sekarang saya ga berani buat maenin petasan gan ..

    BalasHapus
  16. memang petasan sudah tidak asing lagi buat kita, sangat mungkin petasan berasal dari negeri china.

    BalasHapus
  17. petasan itu indah asalkan ga bakar rumah oranglain aja , .

    BalasHapus
  18. petasan kalo gak di salah gunakan, pasti hidup kita akan berwarana

    BalasHapus
  19. petasan sekarang ini jadi lebih indah sekali dengan warna-warna yang di hasilkan.

    BalasHapus
  20. petasan memang bagus...
    tapi harus kita jauhkan dari anak-anak.

    BalasHapus
  21. berarti penemu petasan itu seorang koki yah gan???

    BalasHapus
  22. selamat hari raya idul fitri 1433 h .. dengan semangat hari raya kita ramaikan dengan petasan biar seru gan ha ha ...

    BalasHapus
  23. petasan ini seru gan akan tetapi sedikit takut karena bisa meledak sama tangan
    ya kita berhati hati aja lah gan

    BalasHapus
  24. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  25. petasan di indonesia sudah menjamur

    BalasHapus
  26. wah aku suka bgt sama kembang api gan .. :)

    BalasHapus
  27. sampai sekarang saya ga pernah berani main petasan gan . .

    BalasHapus
  28. keamrin di surat kabar satu keluarga pembuat petasan tewas gan..serem banget dah

    BalasHapus
  29. petasan mah gan seru tapi menakutkan juga ha ha ...

    BalasHapus
  30. petasan kadang juga berbahaya jika disalahgunakan :)

    BalasHapus
  31. petasan memang sangat berhya sekali bagi kita semua .

    BalasHapus
  32. sebuah acara akan tambah semarak dengan petasannya yah gan ..

    BalasHapus
  33. petasan kembang api yang paling ane suka gan . .

    BalasHapus
  34. kita rayakan hari kemenagan ini dengan bakar bakar petasan gan ha ha ..
    berhati hati aja karena petasan juga berbahaya

    BalasHapus
  35. Apakah penemuan mesiu ( bom ) oleh Barat juga berawal dari penemuan petasan oleh bangsa Cina ? bisa jadi seandainya bangsa Cina tidak menemukan petasan, maka tidak ada yang namanya Bom seperti yang ada saat ini.

    BalasHapus
  36. Jadi makin yakin, kalau budaya menyalakan petasan pada acara pernikahan orang betawi itu berasal dari budaya cina.

    BalasHapus
  37. Seru tuh,walaupun sering bikin kaget..hehhe
    tapi harus hati-hati juga soalnya bisa berbahaya_

    BalasHapus
  38. aahhh ngeri banget maen petasan begitumah -_-

    BalasHapus
  39. menurut saya petasan lebih banyak mendatangkan modaratnya,.! maaf itu menurut ane., karena mengganggu ketentraman lingkungan. boleh gunakan tapi ada batasanya.

    BalasHapus
  40. selamat idul fitri juga Pakdhe
    mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  41. kayanya petasana bukan hanya rame diacara tahun batu ajah, tapi setiap perayaan hari raya pasti petasan ada

    BalasHapus
  42. keren bnget petasan nya ,,,tapi kalo ketterusan ,bisa bhaya jugha siikh ,,bisa mngkibatkan peledakan

    BalasHapus
  43. petasan harus lakukan lapanggan umum,paya jangan mengagung masyarakat.dan berhati-hati

    BalasHapus
  44. Yang wajar-wajar saja main petasannya, biar gak membahayakan semuanya juga..

    BalasHapus
  45. maenan yang berbahaya namun selalu banyak yang meminati...

    BalasHapus
  46. mbbhh,,jadi di indonesia sendiri petasan itu berasal dari orang tionghoa..:D
    makasiih infonya,
    kita harus brtrimaksih dong sama orang tionghoa,hehe
    petasan kan bikin rame,bikin heboh.
    asal jgn sering sering aja main petasan ntar jadi budek deh kuping..wkwkwkwk

    BalasHapus
  47. petasan memang sangat berbahya, tapi asal jangan disalah gunakan saja. karena petasan ini kan daya peledaknya dikatakan kayak bom, semua itu tergantung preasi. jadi khusus anak2 kalau ngeramaein acara jangan dilempar sama orang / ke rumah. dilarang!

    BalasHapus
  48. jika kita menggunakan petasn tersebut untuk dijadikan hiburan serta mengandung estetika siikh boleh boleh saja.. daripada kita mngunakan petasan tersebut hanya untuk hal hal yang menimbulkan kerusakan dan kerugian

    BalasHapus
  49. Petasan adalah maenan yang tidak akan terlupakan dan tertinggalkan...!
    akan tetapi petesan juga mengandung unsur yang berbahaya,salam kenal dan semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  50. Di Indonesia katanya sudah dilarang mengedarkan petasan,tapi masih ada aja yang jual.

    BalasHapus
  51. Oh jadi petasan berasal dari negara china.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~