Kain Sasirangan

5 September 2012
Sasirangan adalah kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan, yang dibuat dengan teknik tusuk jelujur kemudian diikat tali rafia dan selanjutnya dicelup.

Upaya untuk melindungi budaya Banjar ini, telah diakui oleh pemerintah melalui Dirjen HAKI Departemen Hukum dan HAM RI beberapa motif sasirangan yaitu Iris Pudak, Kambang Raja, Bayam Raja, Kulit Kurikit, Ombak Sinapur Karang, Bintang Bahambur, Sari Gading, Kulit Kayu, Naga Balimbur, Jajumputan, Turun Dayang, Kambang Tampuk Manggis, Daun Jaruju, Kangkung Kaombakan, Sisik Tanggiling dan Kambang Tanjung.

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

53 komentar :

  1. mungkin proses pembuatan yang dilakukan secara tradisional menjadikan kain tersebut bernilai jual tinggi yah pak mars ..

    BalasHapus
  2. ternyata motif batiknya banyak juga yah gan ..

    BalasHapus
  3. wah bagus tuch, harus ada perlindungan dari pemerintah, jangan sampai warisan budaya ini di klaim lagi oleh negara tetangga.

    BalasHapus
  4. thanks mas buat infonya !
    brmanfaat tuch infonya ?

    BalasHapus
  5. wah, ternyata indonesia memiliki keistimewaan dalam karya warisan leluhur, bukan cuma batik,songket saja....

    BalasHapus
  6. wiw keren banget , perlu dipertahanin tuh :)

    BalasHapus
  7. thanks buat informasi nya sangat bermanfaat.,.,. kita harus selalu cinta pada buat negri kita sendiri,.,.,.

    BalasHapus
  8. kain bagus gan mirip sama batik ya ucu juga tuh buat kondangan ha ha ... :D

    BalasHapus
  9. sesuatu yang dilakukan dengan manual selalu extra teliti

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak gan atas informasinya, salam kenal aja gan..

    BalasHapus
  11. Pasti harganya mahal banget tuh.

    BalasHapus
  12. sistem tradisional tapi hasil maksimal :)

    BalasHapus
  13. tradisi yang harus terus dikembangkan sebagai budaya bangsa.

    BalasHapus
  14. kayannya harganya bakal nguras kantong juganih gan . .

    BalasHapus
  15. hemmm jadi pengen punya nih gan . .

    BalasHapus
  16. bagus juga tuh motif nya......

    BalasHapus
  17. semoga aja harganya ga terlalu menguras kantong yah gan . .

    BalasHapus
  18. semoga kerajinan seperti tidak akan pernah hilang.

    BalasHapus
  19. jenis motif nya banyak juga yah..
    harus nya di kasih gambar semua gan..
    biar banyak yang tau.

    BalasHapus
  20. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  21. keterampilan yang penuh seni, mesti di pertahankan supaya tidak di akui negara lain..!!

    BalasHapus
  22. iya bener kebudayaan harus di lindungi

    BalasHapus
  23. ini harus segera dilindungi dan dipatenkan agar tidak direbut bangsa lain ..
    .'c

    BalasHapus
  24. hemmh,,salah satu milik indonesia...semoga jangan di akui sama mereka lagi..

    BalasHapus
  25. jadi tahu mengenai kain sasirangan, tambah pengetahan lagi nih terimakasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  26. begitu banyak kesenian kita, ayo kita jaga dan hargai.

    BalasHapus
  27. sesuatu seni yang sangat indah.! menurut ane ini kebudayaan yang harus di pertahankan. artikel menarik.

    BalasHapus
  28. pertahankan keesenian indonesia..thank tas infonya sobb

    BalasHapus
  29. informasi yang sangat luar biasa. disajikan dengan sederhana namun begitu besar manfaat yang terkandung di dalamnya

    BalasHapus
  30. Indonesia Menangis
    bahkan tercabik
    dengan hebatnya penguasanya korupsi
    tak peduli rakyatnya mengemis

    MAJU TERUS BLOGGER TANAH AIR

    BalasHapus
  31. Aku diam dalam kepedihan ini
    aku bisu dalam keheningan ini
    ku tak rasakan kehangatan mentari
    ku tak dapat rasakan hangatnya sentuhanmu


    BalasHapus
  32. kain bagus gan mirip sama batik ya ucu juga tuh buat kondangan

    BalasHapus
  33. Far Infrared sauna has numerous health benefits such as controlling weight, improving blood circulation, reduces pain, diabetes control and skin beautification.

    BalasHapus
  34. kebudayan dinegara kita memang snagat uik dan menarik jika dibhaas,, dan tak akan ada habisnya jika diperbincangkan ..begitu kayaknya negara kita ini ....

    BalasHapus
  35. wah, salah satu hasil budaya indonesia yang punya nilai tinggi :)

    BalasHapus
  36. makasih banyak ni gan buat infonya

    BalasHapus
  37. Harus di lestarikan kain sasirangan itu. biar gak di akui sama negara lain lagi.

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~