5 Perguruan Tinggi Tertua Di Indonesia

14 Oktober 2012
Lima Perguruan Tinggi tertua yang ada di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).
  1. Universitas Indonesia (UI), berdiri tahun 1947. Berawal dari 1851, Pemerintah Hindia Belanda mendirikan sekolah yang ditujukan untuk menghasilkan asisten dokter, dengan gelar dokter Djawa. Kemudian pada 1898 sekolah tersebut dinamakan School tot Opleinding van Indiche Artsen (STOVIA). Sekolah kedokteran ini sempat beberapa kali berganti nama, yang akhirnya pada 1947 barulah dinamakan dengan UI dan diresmikan pada 1955 sesuai dengan Undang-undang Nomor 10.
  2. Universitas Islam Indonesia (UII). Dengan nama awal Sekolah Tinggi Islam pada 1945, memiliki program studi mengenai agama Islam, yang kemudian berubah menjadi UII pada 1948. Selain menjadi univesitas tertua di Yogyakarta, UII juga merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia.
  3. Universitas Airlangga (Unair), berdiri tahun 1954. Awalnya merupakan Sekolah Kedokteran bentukan Belanda, School tot Opleinding van Indiche Tandartsen (STOVIT). Merupakan sekolah kedokteran gigi pertama di Indonesia.
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB), berdiri tahun 1959. Awalnya bernama Technishe Hooge School (THS) yang saat penjajahan Jepang berubah nama menjadi Bandung Kogyo Daigaku.
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB). Berdiri tahun 1963. Perguran tinggi ini juga didirikan oleh Belanda. Terdiri dari lima disiplin ilmu, yakni pertanian, kehutanan, dan kedokteran hewan. Sekolah pertanian (Landbouw Hogesschol) ini sempat bernaung pada Universiteit van Indonesia (UI).
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

65 komentar :

  1. kirain USU masuk gan.. :D

    ngomong" template blog qta sama gan...

    BalasHapus
  2. mudah mudahan panjang umur dan bisa melanjutkan ke universitas tinggi tersebut
    amin..

    BalasHapus
  3. universitas impian orang2 tuh..
    tapi ane g bisa masuk kesana..
    karena gagal test..hikz

    BalasHapus
  4. banyak juga yah ternyata perguruan tinggi yang berdiri sudah cukup lama..
    thanks info nya.

    BalasHapus
  5. semoga kelima perguruan tinggi tersebut bisa menghasilkan para mahasiswa yang berprestasi.

    BalasHapus
  6. semoga kualitas nya semakin bertambah dari dulu sampe sekarang.

    BalasHapus
  7. info yang cukup bagus..
    terimakasih.

    BalasHapus
  8. yaaahh,,kampusku gak masuuk

    BalasHapus
  9. ga kebayang bila bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi tersebut . .

    BalasHapus
  10. aduh serasa mimpi klo bisa masuk ke salah satu perguruana yang dia ats

    BalasHapus
  11. universitas dambaan semua tuh. susah mau masuknya juga
    nggak heran secara uda tua :(

    BalasHapus
  12. artikel yang menambah wawasan ane gan..! menarik terima kasih sudah berbagi pengetahuan.

    BalasHapus
  13. kira-kira kapan yah UNLA masuk 5 besar, hehehe

    BalasHapus
  14. wah, ngga nyangka, UI berdiri beberapa tahun seetelah kemerdekaan bangsa indonesia.

    BalasHapus
  15. ought baru tahu ternyata universitas yang paling tua itu termasuk ui itb dan ipb juga toh baru tahu saya gan terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. kirain cuma ui doang yang universitas senior di indonesia

    BalasHapus
  17. UI adalah Universitas Impian bagi setiap anak bangsa....

    BalasHapus
  18. Dulu pertama ujian klpt di UI tapi ricuh....

    BalasHapus
  19. Wah baru tahu saya kalu 5 perguruan tinggi itu adalah perhguruan paling tinggi di Indonesia
    terimakasih atas infonya gan.semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  20. wah,,,IPB masuk ya sebagai perguruan tinggi tertua....

    BalasHapus
  21. mudah mudahan panjang umur ke inginana anak ingin sekolah di sana semoga tercapai amin

    BalasHapus
  22. semoga satu saat bisa masuk salah stu perguruan tersebut ..amin

    BalasHapus
  23. lebih tua dari orang tua saya.. hahah..

    BalasHapus
  24. ane kuliah di yg paling tua gan, ane bangga di UII.. :D

    BalasHapus
  25. berharap aku bisa kuliah di UI.. amin
    makasih informasinya,,,

    BalasHapus
  26. thanks gan artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu postingan berikutnya..izin bookmark dl ya..^_^

    BalasHapus
  27. setuju pak, kalo ITB memang sudah sya buktikan ketuaannya :)

    BalasHapus
  28. karen uda tua itu jadi mahal deh masuknya , susah lagi :(

    BalasHapus
  29. sayang semakin tua, bukannya semakin dewasa, neh banyak tauran,,, alih-alih jaga nama baik perguruan,, maennya jotos2an,,, cape deh,,,

    BalasHapus
  30. baru tau cuma 5 perguruan tinggi yang ada di indonesia

    BalasHapus
  31. semoga dapat mecetak bibit" generasi penerus bangsa yang berbakat dan membanggakan ...

    BalasHapus
  32. sayangnya ane ga pernah bisa masuk tuh universitas, cedih cekali :(

    BalasHapus
  33. luar biasa sekali informasi yang disajikan ini. sungguh sangat bermanfaat sekali. dan saya berharap blog ini dapat terus menerus trafiknya naik. dan jumlah visitor semakin banyak. salam blogger..

    BalasHapus
  34. semoga dapat menciptakan mahasiswa mahasiswa yang berkualitas dan akan mengharumkan indonesia :)

    BalasHapus
  35. mudah mudahan gan bisa kesampaian amin .. cita cita mah pengen ke perguruan tinggi tersebut

    BalasHapus
  36. siv deh aku suka banget infonya, terimakasih banyak yah... :D

    BalasHapus
  37. dan perguruan tinggi paling mahal2 jg.. -_-

    BalasHapus
  38. Diantara 5 Universitas tersebut,yang paling baik kualitasnya yang mana gan?

    BalasHapus
  39. ITB bagus juga,sayangnya mahal juga.

    BalasHapus
  40. oh ternyata perguruan tertinggi yang tertua itu semua perguruan tinggi favorit zaman sekarang, hebat.. maju terus pendidikan indonesia.

    BalasHapus
  41. oh jadi perguruan tinggi yang elit seperti ITB, UI itu merupakan perguruan tinggi tertua di Indonesia. saya baru tahu nih.

    BalasHapus
  42. Sudah tua sekali yah perguruan tinggi tersebut, pasti pendiri pertama perguruan tinggi yang ada diatas sangat bangga perguruan tinggi yang didirikannya mampu bertahan selama itu. dan sekarang perguruan tinggi tersebut menjadi perguruan tinggi favorit dan elit.

    BalasHapus
  43. oh ITB juga termauk perguruan tinggi yang tertua di Indonesia.

    BalasHapus
  44. Berari UI dong yang paling tua tahun 1947 sudah berdiri perguruan tinggi, hanya berselang 2 tahun dengan kemerdekaan Indonesia.

    BalasHapus
  45. nice info gan,
    terima kasih, jadii kelar deh tugas sekolah ane

    BalasHapus
  46. wah ga salah tuh...UKI gimana nasibnya, kaya'nya udah lama bgt tuh kampus

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~