Ombudsman Republik Indonesia

6 April 2013
Ombudsman Republik Indonesia atau ORI adalah lembaga yang membantu masyarakat untuk mendapatkan solusi jika tidak puas atas pelayanan publik dari aparat pemerintah, BUMN, badan swasta maupun perorangan. Bantuan yang diberikan bisa berupa saran, rekomendasi atau lainnya. Laporan bisa disampaikan secara langsung, via email, lewat telepon atau juga melalui SMS. Semuanya tanpa dipungut biaya alias gratis.

FALSAFAH OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA

Dalam menjalankan tugasnya Ombudsman Republik Indonesia selalu mendasarkan dirinya pada prinsip-prinsip yang dianutnya sehingga menjadi jati diri yang melekat bagi setiap anggotanya

Tujuh falsafah tersebut yaitu :
  • Saling Menghargai.
    Melayani setiap pribadi dengan prinsip - prinsip kesopanan dan saling menghargai sebagai manusia sederajat.
  • Keteladanan
    Menjadi teladan dan pelopor dalam prinsip keterbukaan, kesederajatan, tidak memihak, serta pelopor dalam pembaharuan dan selalu konsisten dalam keputusan.
  • Kesetaraan
    Mempelopori adanya kesetaraan dan selalu membuka akses bagi setiap orang tanpa memandang status ekonomi, keluarga, bahasa, agama, kesukuan dan ras, termasuk juga tidak memandang dari segi kondisi fisik, jenis kelamin, umur ataupun status perkawinan.
  • Pemberdayaan Masyarakat
    Mendorong dan membantu masyarakat yang menggunakan sarana publik dalam mencari pemecahan bagi setiap masalahnya.
  • Pembelajaran yang Berkesinambungan
    Menjadi pelopor dan pendorong dalam hal pembelajaran yang berkesinambungan bagi setiap staf, pemerintah dan masyarakat.
  • Kerjasama
    Selalu menggunakan prinsip-prinsip kerjasama, empati dan niat baik dalam setiap tugas.
  • Kerjasama Tim
    Mengkombinasikan perbedaan latar belakang dan pengalaman dalam mencapai satu tujuan dan komitmen untuk sukses.

MISI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA
  1. Melalui peran serta masyarakat membantu menciptakan dan/atau mengembangkan kondisi yang kondusif dalam melaksakan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme.
  2. Meningkatkan perlindungan hak-hak masyarakat agar memperoleh pelayanan umum, keadilan dan kesejahteraan yang lebih baik.
  3. Memprioritaskan pelayanan masyarakat dengan terus-menerus menambah pengetahuan mengenai kebutuhan masyarakat dengan jalan mengadakan hubungan baik yang saling menghormati serta memberikan penyelesaian yang tidak memihak, menjaga rahasia pribadi serta cepat dan tepat.
  4. Melakukan langkah untuk menindak lanjuti keluhan atau informasi mengenai terjadinya penyimpangan oleh penyelenggara negara dalam melaksanakan tugasnya maupun dalam pelayanan umum.
  5. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Para Ahli, Praktisi, Organisasi Profesi dll.
  6. Memaksimalkan nilai tambah kepada masyarakat dengan terus-menerus mensosialisasikan adanya Ombudsman Republik Indonesia, termasuk memberikan informasi bagaimana keluhan ditindaklanjuti, cara bagaimana dapat mengajukan keluhan serta menganjurkan masyarakat untuk melakukannya.
  7. Memastikan keberhasilan kerja melalui komitmen menyeluruh dengan standar perstasi kerja yang tinggi melalui menejemen terbuka dan memberikan training yang terus menerus untuk meningkatkan pengetahuan serta profesional tim asistensi dalam menangani/menindaklanjuti keluhan-keluhan. Ini semua dilakukan dengan integritas dan tanggung jawab yang tinggi.

Kantor Pusat
Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-19 Kuningan (Gedung Pengadilan TIPIKOR) Jakarta Selatan
Telepon: +62 21 52960894/95
Fax: +62 21-52960904/05

Kantor Perwakilan
Provinsi Aceh
Jl. T. Lamgugob, No. 17, Banda Aceh
Telp/Fax : (0651) 7557477

Provinsi Sumatera Utara
Jl. Majapahit No. 2, Medan
Telp/Fax : (061) 4565129/4533690

Provinsi Kepulauan Riau
Graha KADIN Lt. 1 Jl. Engku Putri, Batam Center Batam
Telp/Fax : (0778) 474599/474601

Provinsi Riau
Jl. Arifin Ahmad Komp. Mega Asri, Blok A7 Marpoyan Damai, Pekanbaru
Telp/Fax : (0761) 8417770

Provinsi Sumatera Barat
Jl. Dr. Abdullah Ahmad No. 7 (samping Bank Indonesia)
Padang Sumatera Barat
Telp/Fax : (0751) 892125

Provinsi Sumatera Selatan
Jl. Bidar Blok A1 No. 1, Kel. Lorok Pakjo Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang
Telp/Fax : (0711) 372775/376907

Provinsi Lampung
Jl. Way Ketibung No. 15, Pahoman Bandar Lampung
Telp/Fax : (0721) 251373

Provinsi Jawa Barat
Jl. Kebon Waru Utara No. 1, RT. 001/008 Kel. Kacapiring, Kec. Batununggal Kota Bandung
Telp/Fax : (022) 7103733/7104372

Provinsi Jawa Tengah
Jl. Erlangga Raya No. 10, Kota Semarang
Telp/Fax : (024) 8442627

Provinsi DIY
Jl. Wolter Mongonsidi No. 20, Karangwaru, Tegalrejo Yogyakarta
Telp/Fax : (0274) 565314

Provinsi Jawa Timur
Jl. Embong Kemiri No. 23, Surabaya
Telp/Fax : (031) 5470385/5470386

Provinsi Kalimantan Barat
Jl. H. Ahmad Dahlan No. 63, Pontianak
Telp/Fax : (0561)741993

Provinsi Kalimantan Timur
Jl. Tanjung Pura No. 4, Balikpapan Kalimantan Timur
Telp/Fax : (0542) 422465

Provinsi Kalimantan Selatan
Jl. Brigjen H. Hasan Basry, Komp. Kejaksaan RT. 16 No. 7, Kayu Tangi II Banjarmasin
Telp/Fax : (0511) 3303790

Provinsi Bali
Jl. Diponegoro No. 182 Denpasar
Telp/Fax : (0361) 237758

Provinsi Nusa Tenggara Barat
Jl. Bung Hatta No. 24, Mataram
Telp/Fax : (0370) 629184

Provinsi Nusa Tenggara Timur
Jl. Veteran No. 4A, Kel. Pasir Panjang, Kec. Kelapa Lima
Telp/Fax : (0380) 829262

Provinsi Sulawesi Selatan
Alaudin Plaza, BA No. 9, Jl. Sultan Alaudin Makassar
Telp/Fax : (0411) 8224082

Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo
Jl. Babe Palar No. 57, Tanjung Batu, Manado
Telp/Fax : (0431) 855966

Provinsi Sulawesi Tengah
Jl. Suprapto No. 30, Palu Timur, Besusu Tengah
Telp/Fax : (0451) 422420

Provinsi Sulawesi Tenggara
Jl. Syech Yusuf I, Kota Kendari
Telp/Fax : (0401) 3126578

Provinsi Maluku
Jl. Pitu Ina No. 36 Karang Panjang, Ambon
Telp/Fax : (0911) 342771/351578

Provinsi Papua
Jl. Baru Tembus Melati RT.03/03 Pasar Lama Abepura, Kota Jayapura
Telp/Fax : (0967) 585552

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

12 komentar :

  1. artikel yang sangat bermanfaat gan..
    ane baca yang lain dulu ^^

    BalasHapus
  2. laah,,sya baru tahu ada ini pak mars,,
    maturnuhun atas informasinya

    BalasHapus
  3. infonya-keren..
    nambah-ilmu-lgi-nihh
    asyikkk

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat menarik, dan pastinya membuat wawasam kita menjadi tambah luas

    BalasHapus
  5. khasiat dan manfaat jinten hitam (habbatussauda) memang sudah terbukti nyata.
    untuk pemesanan biji jintan hitam 100% asli murni tanpa campuran apapun silahkan hubungi saya.

    BalasHapus
  6. Gan BoLeh Juga Atas Info_Nya terus-menerus menambah pengetahuan mengenai kebutuhan masyarakat Yang Penting Bagi Kita Gan. Thank You ya

    BalasHapus
  7. Bagus Juga Gan Untuk keberhasilan kerja melalui komitmen menyeluruh dengan standar perstasi kerja yang tinggi melalui menejemen terbuka< Sapa Tahu Aja Bisa Hebat pada Nantinya. Thank You ya Gan

    BalasHapus
  8. Gan Kalau Bisa Untuk Meningkatkan perlindungan hak-hak masyarakat agar memperoleh pelayanan umum, keadilan dan kesejahteraan yang lebih baik Lagi dan Sangat Nyaman Saja Gan. Thank you ya

    BalasHapus
  9. keren juga ya bro di buat lembaga seperti ini. di jaman sekarang ini memang harus di rencanakan lembaga lembaga seperti itu untuk ke depannya. selain itu juga lembaga ini udah memiliki banyak kantor ya. yang penting terus maju dah lembaga seperti ini heheh....

    BalasHapus
  10. di jaman sekarang ini emang udah mulai pudar yang namanya kerja sama dan gotong royong maka dari itu. cuma yg jadi masalahnya dr masyarakatnya sendiri yg harus di tingkatkan kepeduliannya terhadap sesama. kalo saya boleh tau untuk daerah jakarta bisa cari tau informasi di kantor yg mana ya ?

    BalasHapus
  11. bagus gan infonya , kalo bisa di share lagi ke forum lain biar bisa di ketahui kalayak luas soal negara kita yg udah mulai mikirin lembaga yg mengatasnamakan sosial. maju terus gan

    BalasHapus
  12. Terimakasih sajiannya gan. . semoga bermanfaat ya dan sukses terusss untuk blognya
    jangan lupa mampir

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~