Tegangan 110 Volt

18 Oktober 2013
Dulu, Indonesia pernah menggunakan listrik bertegangan 110 volt, tapi kemudian diubah menjadi 220 volt sampai sekarang. Kebijakan ini pernah diulas Majalah Tempo tanggal 07 Okttober 1972.

"Satu di antara rencana pengembangan perlistrikan di Indonesia oleh PLN adalah merubah tegangan 110 volt sekarang menjadi 220 volt. Rencana perubahan ini konon juga termasuk dalam syarat-syarat kegunaan kredit 15 juta dollar AS dari Bank Dunia yang ditandatangani bulan Juni tahun 1970".

Perubahan ini tentu saja tak selalu bisa disebut positip karena voltase listrik di negera maju umumnya masih 100-110 Volt. Dan karena negara kita menggunakan listrik bertegangan 220 volt, maknanya belum bisa dikategorikan negara maju. Menurut para ahli, tegangan 110 volt jauh lebih aman ketimbang yang 220 Volt. Penggunaan arde juga tidak diperlukan. Sangat disayangkan Indonesia tak mampu mempertahankannya.

Semua itu adalah atas tekanan Amerika saat itu, sebagai kompensasi atas dolar yang dipinjamkannya. Sialan!

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

79 komentar :

  1. terimakasih banyak atas informasinya sangat menakjubkan
    semoga semakin sukses nya....

    BalasHapus
  2. posisi negara kita kan sekarang negara babu amerika gan,,, sejak sukarno di hianatin suharto.... semua sumber daya alam kita di jual semua ke amerika

    BalasHapus
  3. info menarik, semakin maju perkembangan jaman akan semakin bnyk kebutuhan listrik di indonesia

    BalasHapus
  4. Info yang bagus..
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  5. Sampe kapan yah keadaan ekonomi indonesia di atur oleh negara lain?

    BalasHapus
  6. Emang indonesia meminjam dolar ke amerika yah gan?

    BalasHapus
  7. Artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  8. wah saya baru tahu, artikelnya bisa nambah pengetahuan saya gan

    BalasHapus
  9. tegangan 220 volt sangat memberatkan rakyat kecil

    BalasHapus
  10. tegangan 110 volt itu lebih aman mengapa pilih yang 220 volt....

    BalasHapus
  11. semakin maju perkembangan jaman akan semakin bnyk kebutuhan listrik di indonesia

    BalasHapus
  12. sejujurnya indonesia ini belum seutuhnya merdeka,buktinya kita masih di jajah secara sembunyi2

    BalasHapus
  13. terima kasih atas informasinya:)

    BalasHapus
  14. coba klo smpe 10000 volt,, mntep tuh gan ,, hahaha

    BalasHapus
  15. terimakasih banyak atas informasinya , semoga makin sukses aja . Salam.

    BalasHapus
  16. sukses slalu gan...thanks info nya

    BalasHapus
  17. terima kasih info nya ...

    BalasHapus
  18. http://www.agenbola855.com/tag/agen-bola/ Mantap

    BalasHapus
  19. trimakasih banyak atas informasinya sob,

    BalasHapus
  20. semua hal ada sisi positif dan negatif .. terimaksih infonya

    BalasHapus
  21. artikelnya keren mas,,
    sukses selalu ya,,

    BalasHapus
  22. informasi yang sangat menarik untuk saya simak dan sangat bermanfaat sekali,, makasih infonya sukses terus gan!!!

    BalasHapus
  23. berapapun tegangannya yang penting ojo melu "tegang"

    BalasHapus
  24. sukses slalu gan...thanks info nya

    BalasHapus
  25. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik

    BalasHapus
  26. mkasih infonya gan..
    sukses selalu ya,,

    BalasHapus
  27. artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

    BalasHapus
  28. alhamdulillah kemarin saya baru saja memasang standar listrik baru.. gampang ko' prosesnya...

    http://newbe-tutorial.blogspot.com/2013/11/cerita-abg.html

    BalasHapus
  29. mkasih infonya gan..
    sukses selalu ya,, dan berkah...

    BalasHapus
  30. makasih atas informasinya

    BalasHapus
  31. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

    BalasHapus
  32. This is a very well thought out site with very good content, I enjoyed reading it very much indeed. I’m certainly going to check out the sites you recommend.  Online Travel Agencies

    BalasHapus
  33. izin berkunjung nih gan liat" postingan punya agan.. sangat menarik nih.. hebat banget dalam ngerangkai kata"nya jago... salut ane..

    BalasHapus
  34. kira kira ada yang butuhin gan :D

    BalasHapus
  35. buat yang punya keluhan penyakit asam urat bisa di coba dengan ini :D

    BalasHapus
  36. sekedar berkunjung dan mau nge share nih gan syapa tau bermanfaat dan berguna buat sobat netter lainnya. ane mau ngasih tau nih beberapa tips buat nyembuhin penyakit asam urat secara alami dengan obat herbal. baca selengkapnya >> http://goo.gl/TriKlb

    BalasHapus
  37. ijin share ya gan... moga aja bermanfaat buat sobat netter yang lainya

    BalasHapus
  38. thanks gan informasinya
    sukses selalu

    BalasHapus
  39. om temanya bagus nih blog.. jangan lpa mampir ke blog ane ya.. obatimaagherbal.wordpress.com

    BalasHapus
  40. makasih atas informasinyagan,,,,,

    BalasHapus
  41. Thank you for your article. I hope there will be more about other information that his

    BalasHapus
  42. 110 V , yah mungkin aman , tapi yg sekarang masih aja 220 V

    BalasHapus
  43. terima kasih atas informasinya pak, mudah mudahan informasi yang anda share bermanfaat

    BalasHapus
  44. enek banget gue sama yang namanya amerika....

    BalasHapus
  45. kirain 220 lebih bagus eh malah bahaya ya....

    BalasHapus
  46. gan gan ,, mantap banget sih beritanya

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~