Sejarah Catur

7 Januari 2015
Menurut salah satu penelitian ahli dari Swiss, ternyata secara ilmiah maupun empiris permainan catur sangat bermanfaat bagi anak-anak. Atas kenyataan tersebut maka pemerintah di sana tidak ragu lagi untuk memasukkan permainan ini ke dalam kurikulum di sekolah dasar.

Permainan catur juga dikenal sebagai sains, terbukti dengan puluhan buku yang bisa terbit pada setiap bulannya, dan mungkin sudah puluhan ribu judul buku yang ada di dunia ini.

Sejarah Awal Permainan Catur
Permainan catur muncul sejak ribuan tahun yang lalu saat munculnya peradaban dunia. Permainan ini pertama kali muncul di India, dengan nama Shaturanga pada abad 16. Permainan Shaturanga ini dimainkan oleh 4 orang pemain menggunakan dadu. Permainan catur berkembang dari permainan serupa selama kurun waktu ratusan tahun yang lalu. Orang telah memainkan versi yang berbeda-beda dari catur, seperti misalnya di China, orang memainkan Xiang Qi.
Selama abad 16 peraturan-peraturan dalam permainan Shaturanga mulai dibuat dan diubah untuk mengakomodasi hukum agama Hindu. Misalnya, pelarangan berjudi sehingga penggunaan dadu ditiadakan. Permainan Shaturanga yang dimainkan oleh 4 pemain, berubah menjadi 2 pemain saja dan nama permainannya pun berubah menjadi Shatranj.

Organisasi Catur Dunia
Federasi catur dunia adalah FIDE (Federation International des Echecs) yang dideklarasikan di Paris pada tahun 1924. Hingga kini, FIDE merupakan organisasi resmi untuk olah raga catur, dengan anggota mencapai 170 negara seluruh dunia. FIDE inilah yang membuat aturan dalam turnamen dan pertandingan catur. FIDE juga yang memberi gelar juara seperti Grandmaster, International Master, Woman Grandmaster dan lain-lain. Di Indonesia, organisasi resmi yang diakui FIDE dan KONI adalah PERCASI atau Persatuan Catur Seluruh Indonesia.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

20 komentar :

  1. Informasi Menarik Mengenai Cara Membuat Ramuan Obat Tradisional Congek dari Tanaman Obat Alami Herbal Sebagai Salah Satu Cara Cepat dan Ampuh Menyembuhkan Congek.

    BalasHapus
  2. Owh jadi ini to sejarah catur,, thanks gan udah di bantu

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak gan atas share infonya, salam kawan, berburu backlink ya gan

    BalasHapus
  4. makasih info tentang sejarah caturnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. ooow Begitu Teryata

    BalasHapus
  6. by hajiale14

    Informasi Menarik Mengenai Cara Membuat Ramuan Obat Tradisional Telinga Bernanah Menahun dan Tanaman Obat Alami Herbal Sebagai Salah Satu Cara Cepat dan Ampuh Menyembuhkan Telinga Bernanah.

    BalasHapus

  7. Informasi Mengenai Resep Obat Tradisional Kencing Batu dari Tanaman Herbal yang Bisa Anda Coba Sebagai Obat Alami Ampuh Untuk Kencing Batu.

    BalasHapus
  8. Seingatku memang berasal dari India om. Tapi artikel di atas bagus, terima kasih infonya..

    BalasHapus
  9. oh begitu sejarah catur makasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. terimakasih banyak bro atas infonya :D

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~