Curug Malela - Niagara Ala Bandung

27 Februari 2015
Semakin sulit dijangkau, maka akan semakin indah yang kita dapat. Slogan ini pas untuk menggambarkan keindahan Curug Malela, salah satu curug yang terletak di Desa Cicadas Bandung Barat.

Curug Malela yang dijuluki sebagai Little Niagara ini memang agak berbeda dengan curug biasanya yang menjulang tinggi. Malela melebar sekitar 50 meter dengan ketinggian 60-70 meter.

Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian 7 air terjun bertingkat sepanjang 1 kilometer. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngeubul, Curug Sumpel, Curug Palisir, dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk.

Untuk menuju ke curug ini dibutuhkan persiapan waktu dan fisik. Waktu tempuh dari Kota Bandung sekitar 3 jam, dengan rute Bandung-Cimahi-Cililin-Sendang Kerta-Bunijaya lalu masuk ke wilayah Perkebunan teh Montaya.
Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa ojek yang akan mengantar kita pulang pergi. Pada 15 menit awal, kondisi jalanan memang masih relatif bagus namun 30 menit berikutnya jalanan sangat rusak berbatu, bahkan berlumpur karena terguyur hujan semalam. Beberapa kali kami harus turun dari motor karena jalanan berlumpur yang cukup dalam.

Setelah 45 menit terguncang di atas motor, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit lagi. Sungguh bukan hal yang mudah untuk berjalan setelah kaki lemas menahan pijakan di atas motor.

Di beberapa titik pun jalanan penuh lumpur, terpaksa kami harus berjalan dengan kaki terbebani oleh lumpur. Perjuangan berat ini tidak akan percuma, karena begitu kita sampai di lokasi curug, pemadangannya sungguh indah karena bentuknya yang melebar itu.

Banyak batu-batu besar di sekitar aliran airnya. Pengunjung agar tetap berhati-hati, karena debit air di sini sangat deras, apalagi jika musim hujan.

Perjuangan untuk kembali ke tempat penitipan mobil tidak kalah serunya. Jalan pulang yang menanjak dan berlumpur, diiringi hujan sungguh membuat betis dan paha serasa terbakar. Lutut lemas tidak kuat menahan badan lagi dan nafas tersengal-sengal. Curug Malela, kau sungguh indah namun melelahkan.

sumber : travel.detik.com
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

4 komentar :

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~