Kalkun

18 Mei 2015
Ayam Kalkun merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki ukuran fisik besar. Rentang sayapnya bisa mencapai 1,5 hingga 1,8 meter sehingga membuat ayam kalkun mudah untuk dikenali.

Karena kebutuhan daging ayam kalkun dari tahun ketahun terus meningkat, maka beternak kalkun merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan.

Beeberapa hal yang harus diperhatikan dalam beternak ayam kalkun adalah pemilihan bibit dan lokasi. Ada baiknya Anda memilih tempat yang mudah untuk mendapatkan makanan tambahan misalnya di sekitar pantai, danau, sungai dan pesawahan.
Cara Merawat Ayam Kalkun:
Perawatan pertama (basic care), yaitu perawatan yang dilakukan terhadap anakan usia 0 s.d 1,5 bulan. Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan yaitu warming lamp atau yang lebih populer disebut pemanasan suhu kandang ayam. Suhunya harus diatas 30-45 oC agar sama seperti saat dia dierami induknya.

Feeding atau proses pemberian makan juga harus diperhatikan. Pada usia 0 s.d 20 hari ayam harus diberi makan khusus yang disebut BR-1. BR-1 ataupun bekatul dengan pemberian campuran air panas yang diberikan sawi ataupun sayuran yang dipotong secara chopping kemudian diaduk menjadi satu adonan. Selain itu pastikan kandang anakan ayam ini berukuran rapat agar tidak terganggu hewan lain seperti kucing, tikus, dll.

Perawatan menengah (Medium care)
Pada perawatan ini, anakan kalkun sudah berusia lebih dari 1,5 bulan hingga 6 bulan. Secara fisologis, anakan kalkun yang sudah akan memasuki masa remaja sudah akan terlihat perbedaan jenis kelaminya. Pemberian lampu atau Warming lamp sudah tidak dibutuhkan lagi dan persiapan kandang yang lebih luas agar ayam bisa bergerak secara bebas. kalkun pada usia ini juga sudah bisa dibiarkan lepas dari kandang dengan catatan jauhkan benda-benda kecil berbahaya seperti peniti, silet dan plastik-plastik yang berceceran sebab benda-benda tersebut akan dimakannya dan berakibat ayam akan sakit. Pemberian makan juga masih diberikan seperti metode diatas yaitu pemberian adionan yang dijelaskan di basic care

Perawatan Lanjutan (advanced care)
Bila kalkun sudah memasuki usia lebih 6 bulan, jenis kelamin ayam kalkun sudah terlihat jelas jantan dan betinanya dan libido sexual mereka akan tampak. Dalam masa itu, pisahkan ayam kalkun yang berjenis kelamin jantan dengan pejantan lainya untuk menghindari perkelahian sesama pejantan. Bila kalkun betina tampak merunduk-runduk maka kalkun itu sudah siap untuk kawin dan sebentar lagi akan betelur. saat usia itulah ayam kalkun akan mengawali masa reproduksi. Pada umur sekitar 8 bulan ayam kalkun bisa mencapai 7 kg-8 kg bila faktor gizinya diperhatikan.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

18 komentar :

  1. makasih infonya tentang kalkun

    BalasHapus

  2. izin buka lapak, hapus aja kalo spam gan - Cara Alami Mengobat Kencing Batu dengan Obat Herbal Kencing Batu Murah dan Bergaransi Jelly Gamat Gold G.

    BalasHapus
  3. makasih banyak infonya tentang kalkun bermanfaat

    BalasHapus
  4. thanks ya gan atas share infonya, salam berburu backlink

    BalasHapus
  5. Thank's ya gan atas infonya. .
    salam sehat dan sukses untuk blognya

    BalasHapus
  6. Makasih ya gan atas informasinya. . sangat membantu dan TOP banget deh
    sukses terus ya,

    BalasHapus
  7. Injin nyimak artikelnyaya gan. . semoga bisa bermanfaat dan sukses untuk blognya
    terimakasih

    BalasHapus
  8. Makasih banyak gan atas infonya,. . sangat bermanfaat
    salam kenal dan sukses terus

    BalasHapus
  9. Thank's untuk tipsnya gan. . sangat membantu

    BalasHapus
  10. thanks untuk artikelnya semoga bermanfaat khususnya untuk pebisnis peternakan ayam kalkun

    BalasHapus
  11. suara dari burung kalkun ini eummmm mantap gan, , tapi terkadang takut juga sih kalo deket-deket :-)
    thank's deh atas infonya

    BalasHapus
  12. Artikelnya mantap banget gan. . sukses terus ya untuk blognya
    Thank's

    BalasHapus
  13. Pagi gan. . salam sehat dan sukses terus ya untuk blognya
    Mantap & bermanfaat sajinnya, thank's

    BalasHapus
  14. Terimakasih banyak atas informasinya. .
    menarik & mantap banget gan. sukses

    BalasHapus
  15. thank's gan info tentang kalkun dan cara merawatnya. . bisa membantu banget nih untuk pecinta dan peternak kalkun. NICE

    BalasHapus
  16. daging kalkun itu boleh dimakan gak sih? :-)

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~