Ikan Gurami

5 Agustus 2015
Ikan Gurami atau Osphronemus goramy adalah ikan air tawar yang populer dan banyak dikonsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan, serta dipelihara dalam akuarium. Selain disebut Gurami, ikan ini memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame grameh, kalui dll.

Ikan gurami digemari sebagai ikan konsumsi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini berharga cukup mahal.

Khasiat Ikan Gurame untuk Kesehatan
  1. Membantu Perkembangan Otak
    Nutrisi yang hanya dihasilkan oleh golongan pisces adalah adanya asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk perkembangan sel otak, apalagi untuk usia anak-anak.
  2. Meminimalisir Kemungkinan Penyakit Degeneratif, yaitu penyakit yang terjadi manula misalnya jantung koroner, tekanan darah tinggi serta kanker. Ikan gurame memiliki protein tinggi namun kadar lemaknya yang rendah.
  3. Mencegah Marasmus, yaitu kekurangan gizi yang paling kerap dialami balita usia 0-2 tahun berupa retardasi pertumbuhan tubuh dan kurangnya lemak serta otot dibawah kulit.
  4. Menghindari Cachexia yaitu kekurangan protein yang membuat penderitanya merasa gampang kelelahan padahal hanya melakukan aktivitas ringan.
  5. Menghaluskan Kulit
    Banyak krim atau alat kosmetik yang didalamnya terkandung protein, karena salah satu fungsinya adalah untuk membantu meregenerasi kulit. Protein akan lebih baik penyerapanya jika diolah didalam tubuh. Sehingga kalau anda meu tetap tampil cantik, konsumsilah ikan gurame yang kaya protein ini.
  6. Sumber Energi
    Manfaat lain yang dihasilkan oleh asam amino esensial (kandungan yang banyak dalam ikan gurame) adalah sebagai energy pengganti dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan. Ia juga menjadi sumber energy selain dari kerbohidrat dan lemak.
  7. Mempercepat Penyembuhan Luka
    Protein pada ikan air tawar digunakan tubuh sebagai unsur fibrinogen dan tromboplastin. Fungsinya untuk membantu pembekuan darah jika terjadi luka. Fungsi tromboplastin bekerja. Setelah itu fibrinogen membantu dengan membentuk jaringan baru sebagai pengganti jaringan rusak akibat proses jatuh tadi. Dengan adanya stimulus fibrinogen yang banyak, maka kesembuhan luka juga semakin cepat.
  8. Untuk ibu hamil ternyata juga dapat kita andalkan sebagai salah satu nutrisi yang sangat baik. Suatu hal yang riskan oleh Ibu Hamil adalah menjaga makanan yang berbahaya untuk janin. Kebanyakan Ibu Hamil menghindari memakan seafood seperti sushi, ikan asap, kerang, ikan tongkol, ikan mas, dan sebagainya karena takut tercemar merkuri.

Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

11 komentar :

  1. blog ini memang selalu menghadirkan informasi yang baru..
    thanks ya selalu berbagi info dan tips nya dengan kami..
    sukses terus gan

    BalasHapus
  2. info yang sangat bermanfaat,, ditunggu info lainnya :D

    BalasHapus
  3. artikel yang sangat bagus min.. topiknya bermanfaat banget
    thanks ya

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk informasinya gan..
    semua yang disajikan sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  5. Saya sangat suka artikel yang disajikan diblog ini..
    thanks for sharing ya gan,, salam sukses

    BalasHapus
  6. Makasih banyak atas semua informasinya..
    sukses terus untuk blog 'em

    BalasHapus
  7. Thanks for sharing ya gan.. ditunggu update terbarunya
    sukses

    BalasHapus
  8. Terimakasih telah berbagi informasi menarik dan bermanfaat ini..
    good job, gan. sukses terus

    BalasHapus
  9. bedanya ikan gurame sama ikan mujair apa sih gan?? bantu jawab ya..
    thanks juga nih infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. ada persamaan gak sih antara ikan gurami dan ikan mujair??
    bantu jawab ya gan.. thanks

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~