Khasiat Buah Pepaya

20 November 2015
Pepaya atau Carica papaya mengandungVitamin A (Retinol), Vitamin B komplek, Vitamin C, Niacin, Kalsium, Riboflavin, Kalori, Zat Besi, Fosfor, Kalium, Karbohidrat, Lemak dan Protein

Hampir 50% vitamin tersimpan dalam buah pepaya sehingga pepaya penting dalam mengontrol kondisi kesehatan seseorang. Apa saja manfaat pepaya bagi kesehatan, berikut ini penjelasannya.
  1. Kesehatan Kulit.
    Pepaya mempunyai peran aktif dibidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya untuk permukaan kulit dalam hal melembabkan ataupun mencerahkan serta menyegarkan kulit yang kusam. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C dan E dalam buah pepaya.
  2. Mengoptimalkan Fungsi Pencernaan.
    Pepaya bisa melancarkan sembelit, hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada buah pepaya mampu diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Sementara kandungan antioksidannya mampu membersihkan sisa makanan pada usus dan membuangnya melalui saluran pembuangan.
  3. Meminilasir Risiko Mata Rusak.
    Jika Anda orang yang terus bertatapan dengan layar kaca tiap harinya, penuhi kebutuhan vitamin A agar mata tetap sehat dan segar. Caranya yaitu rutin konsumsi daging pepaya pada jam-jam tertentu, misalnya sehabis makan atau waktu istirahat. Dengan demikian risiko mata mengalami kerusakan semakin kecil.
  4. Menangkal Radikal Bebas.
    Jika tubuh mengalami radikal bebas, kulit akan menanggung beragam masalah seperti keriput. Untuk itu jika Anda tidak ingin terlihat tua di usia muda, rajin-rajin makan buah pepaya karena kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas.
  5. Obat Bekas Gigitan Ular Berbisa.
    Perlu penanganan sesegera mungkin jika Anda terkena gigitan ular berbisa. Siapkan 5 ruas jari akar pepaya, bersihkan dengan air, halus dengan ditumbuk, balurkan obat ini pada kulit yang tergigit. Setelah itu dibalut menggunakan kain lap, ganti 2 kali sehari.
  6. Obat Kulit Melepuh.
    Bisa karena terbakar atau terkena knalpot yang panas, segera obati dengan ramuan ini. Ambil kulit buah pepaya, peras dan tampung getahnya. Oleskan pada kulit yang melepuh secara merata, diamkan seharian. Apabila kulit yang melepuh terlalu lebar, gunakan daging buah pepaya yang ditumbuk untuk mengobatinya.
  7. Obat Demam atau Malaria.
    Ambil selembar daun lelaya, tumbuk hingga memenuhi 1/2 gelas. Tuangkan air sebanyak 3/4 gelas, dan masukkan garam. Peras daun pepaya, saring airnya lalu minum 3 kali sehari. Pengobatan ini bisa Anda lakukan minimal 5 hari berturut-turut dalam seminggu.
  8. Obat Untuk Menambah Nafsu Makan.Anda atau si kecil sedang tidak nafsu makan? Coba minum obat untuk merangsang nafsu makan ini. Caranya dengan memetik selembar daun pepaya, cuci dan lumatkan dengan tangan. Tambahkan garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras daun. Airnya diminum sampai habis.
  9. Obat Flu.
    Petik 2 lembar daun pepaya muda, lumatkan, tuangkan air, setelahnya diperas. Tambahkan garam dan minum air perasan daun pepaya ini sehari 2 kali untuk dosis anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dosis orang dewasa.
  10. Obat Sakit Gigi.Cukup dengan meneteskan getah daun pepaya muda pada gigi yang sakit menggunakan kapas. Lakukan hingga semua bakteri terbunuh dan rasa sakit gigi mereda.
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

8 komentar :

  1. akhirnya bisa dapet ramuan obat gigi

    BalasHapus
  2. enak banget dan baik buat khesehatan

    BalasHapus
  3. artikelnya sangat inspiratif banget gan, dan bermanfaat

    BalasHapus
  4. ternyata banyak juga manfaat nya, Saya kirain hanya untuk pencernahan saja,,, thanks gan infonya.
    Lihat Livescore
    main Sepak Bola
    Majalah Pria Dewasa
    Agen Bola Terpercaya



    BalasHapus
  5. Info yang bagus..
    terimakasih banyak.

    BalasHapus
  6. salah satu buah yang saya sukai sedari kecil, bukan karena apa2 apa tapi memang di kebun banyak

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~