Google Documents

30 November 2008

M
emang tidak sesempurna aslinya, tapi bagi yang ingin memasukkan file MS Word, MS Excel maupun Power Point dalam postingan sedikit terakomodir dengan adanya software Google DocumentsTM. Kita bisa mentransvers file office untuk dijadikan postingan yang hasilnya jelas beda dengan copy paste langsung.
Ilmu ini saya pelajari dari tutorialnya Kang RohmanTM, lalu saya ujicobakan.

Urutannya memang agak rumit, yaitu:

  • Login ke http://docs.google.com dengan account gmail Anda.

  • Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas

  • Klik tombol browse, masukkan file yang ingin diupload (word, excel, power point)

  • Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya

  • Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload. Anda bisa mengeditnya jika mau

  • Klik tab Share, pilih publish as a web page (kanan atas)

  • Klik tombol publish now yang ada di bawahnya

  • Klik link More publishing options (bawah) sampai muncul windows pop up

  • Klik menu drop down di sebelah tulisan File format, pilih HTML to embed a webpage

  • Klik tombol Generate URL

  • Ambil kode HTML untuk diposting


Ini contoh gratisnya:



Praktis Ekonomis, database bisa diedit. Hasilnya lebih jelas kerana bukan image, tersaji dalam worksheet.

Saya masih terpana...

Google tau apa yang saya pikirkan. Dewakah Dia?

(bisa nyanyi dong...)

mastermini
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

19 komentar :

  1. google itu bukan dewa tapi "de google" ato ada juga yang bilang "om google", kalo saya sering juga manggil "si google"... ah tergantung orang mau manggil pokoknya..hehehe

    BalasHapus
  2. @ Kang Rohman:
    Kebahagiaan bagi saya, Akang mau komentar di sini. Pertama kali saya latihan buat blog ini, saya belajar dari tutorialnya Kang Rohman.
    Sukses terus buat Kang Rohman.

    BalasHapus
  3. kalau saya menyebutnya "mbah google" lebih sakti dari mbah dukun dan lebih tahu apa yang kita pikirkan.
    kapan-kapan dicoba ah.. kalau saya bikin baris dan kolom pasti berantakan, mendingan langsung transfer dari excel pasti lebih rapi

    BalasHapus
  4. Nah..ini dia..ada ilmu baru nih...
    Perlu dicoba nih...
    Makasih Pak...
    :)

    BalasHapus
  5. ilmu baru nie

    kapan² dicoba

    BalasHapus
  6. lah baru tau neh...coba ahhh

    BalasHapus
  7. Kapan kapan kalau pas Copy darat, aku di ajari ya...
    Oooo Kang Sakdu itu murid toh

    BalasHapus
  8. binun...*sambil geleng-geleng kepala*...

    BalasHapus
  9. nambah ilmu lagi dari Pak Mar

    BalasHapus
  10. wahh mantap pak, perlu dicoba nehh, ditengah persaingan standarisasi format dokumen antara microsoft dengan kelompok open source, om gugel memberi jalan tengah dengan format dokumen-nya sendiri

    BalasHapus
  11. Kalau di kantor saya malah lebih sering bikin dokumen pakai Google Docs itu, alasannya; ada akses internet unlimited, bikinnya gampang, mudah dikonversi ke bentuk lain atau dikirim atau dipublikasikan, nggak menuh-menuhin harddisk karena disimpan online (saya sudah merasa banyak sekali punya dokumen, eee.. kata Google baru make 5% dari kapasitas yang disediakan, asyem tenan Google)...
    *Salut buat pak Mar yang rajin belajar walaupun sudah jadi guru, hehe

    BalasHapus
  12. Adalagi keunggulannya pak!...
    Google Docs itu nggak peduli kita pakai operating system apa saja, semua diterima pakai browser apasaja dengan akses internet apa saja (lebih cepat lebih baik).. artinya tetap halal, nggak mbajak, hehe

    BalasHapus
  13. Google emang top.. saya belum nyobah mister..

    BalasHapus
  14. Nah..ini dia..ada ilmu baru nih...
    Perlu dicoba nih...

    BalasHapus
  15. thanks ngab ilmunya, posting terus ilmu2 begini ya

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~