Percaya Ndak Percaya

14 Desember 2008



O
po rak wedi nèk udunen Pak...*)
Begitu tanya istri saya saat lihat saya duduk di bantal. Saya ndak njawab, karena saya ndak siap njawab. Mau bilang tidak, wong saya juga ada sedikit rasa takut, mau bilang takut kok ngisin-isini temen, karena secara ilmiah jelas belum bisa dibuktikan bahwa orang yang duduk di bantal akan wudunen.
Yang ada justru, orang duduk pakai bantal ya karena wudunen itu, biar empuk.

Cara orang tua kita dulu dalam ngajari kita untuk menempatkan segala sesuatu pada tempat yang semestinya memang kadang ndak secara langsung.
Contoh lainnya kalau mengingatkan anak perempuannya agar kalau nyapu ndak ada yang terléwat adalah dengan sedikit ancaman: "kalau nyapunya ndak bersih, nanti jodohnya kumisan". Bagi anak perempuan yang memang mendambakan pria berkumis pasti kalau nyapu akan sak pénaké déwé. Yang payah kalau yang nyapu anak laki2. Lha rak medèni uwong**), nèk laki2 jodohnya kumisan. Bisa2 TMT (Térong Makan Térong)...

Biar saya ada referènsi, bagaimana pendapat sampéyan tentang duduk di bantal yang dihubungkan dengan sakit wudun ini?


catatan:

*) Apa ndak takut kalau bisulan Pak?

**) Lha kan nakutin orang


mastermini
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

31 komentar :

  1. kayaknya PREMIUM
    Begitulah orang jawa, selalu menjunjung tinggi budaya dan etika sedari kecilg. cm sayang, kadang memakai hal2 yg berbau irasional

    BalasHapus
  2. hehehehehehe...
    jeruk makan jeruk dong...
    ada2 aja mas...

    BalasHapus
  3. wudunen artinya paan mas....saya gak tao...maklum saya org minang..di minang hampir sama kali ama di jawa org tuanya segala sesuatu yg jelek ada akibatnya contohnya kalo duduk di bantal akan bisulan anunya(pantatnya)..

    BalasHapus
  4. @ Mas david, setiap kata aneh di tulisan saya pasti terhubung ke kamus. Silahkan di klick aja...

    BalasHapus
  5. sy justru lg mikir kok bisa y duduk di bantal bisulan. Lagian kl emang bisul bukannya akan lebih enak kl duduk di tmp yg empuk? Maap kl gak bs bantu. Hehehe...

    BalasHapus
  6. emang ada yang terbukti ..

    BalasHapus
  7. (@_@) bggak ngerti nih, udah bukan orang jawa lagi

    BalasHapus
  8. wudun membuat kita tersiksa

    BalasHapus
  9. saya ndak percaya, jadi nggak usahlah kasih referensi, tapi dulu saya sering bisulen. kata dokter saya harus pantang makan samubarang ndog... (nggak tahu, apa termasuk ndog uwong -saya ga mau coba)... akhirnya setelah beberapa bulan, saya tidak bisulen lagi..

    BalasHapus
  10. kalau kita benar2 percaya dan takut setengah mati bahwa setelah menduduki bantal akan bisulen, niscaya pasti akan bisulen juga. Orang jawa sering bermain dengan sugesti. Sugesti yang kuat membuat kata jadi realita. leres mboten? :)

    BalasHapus
  11. jiakakakakakaka....lucu.....(****hayaah padaha aku gag ngerti artrinya....****) soalnya semua pada ketawa yah aku ketawa juga...hehehehehe, met sore dan salam kenal kang dari ciamis

    BalasHapus
  12. Ya sama dengan nyapu tadi kali pak?
    Wong bantal buat sirah kok dipakek lenggah?
    Mboten pantes to? akhire poro si mbah berunding, nakut-2in cucunya dengan cara bilang udunen tadi.
    Kira-2 begitu pak
    hehehe

    BalasHapus
  13. iya pak mar, kok kayaknya ndak ada alasan yang rasional untuk udun karena duduk di bantal....

    BalasHapus
  14. hehhee... orang dulu itu maksudnya kan supaya sopan masa duduk di bantal tapi sekarang malah banyak bantal dijual untuk duduk namanya bantal duduk hehehe

    BalasHapus
  15. njenengan ini ada-ada saja..tapi yang pasti itu memang sering terjadi..
    nah kalau yang tadi terong makan terong, kalau cewek sama cewek apa pak mar..? met malam salam kenal saya menapak jejak pak mar dari mas andy.

    BalasHapus
  16. bantal tempat kepala pak.... bukan pantat, hehehehehe...

    mohon kritik dan saran serta makian yang membangun : (http://pmdarulihsan.blogspot.com/)

    BalasHapus
  17. Memang didikan kolot baheula mah edun!, tapi kadang kita baru menyadari saat mereka telah tiada, :(

    BalasHapus
  18. Kalau duduk di bantal yang ada di dada ...wudhunnya ada di perut Boss..he he

    BalasHapus
  19. sama kayak ibuku, larang duduk di bantal... heheheheh.... ceritanya seru bais deh..... salam kenal nih!!!

    BalasHapus
  20. Kalau di tempat saya; bersiul malam - malam bisa didatengi hantu.

    BalasHapus
  21. Wah, kata emak saya...
    "ga sopan gung... Bantal itu untuk kepala bukan untuk pantat..."
    menurut saya sih ada benarny juga kata emak saya itu. Klo qt duduk *apalagi sambil kentut* d bantal, sama aja kita dudukin kpala orang. Gimana klo bantal itu milik ortu qt?

    BalasHapus
  22. orang tua jaman dulu memang suka bilang getu kalo anaknya duduk dibantal memang sih gak ada alasan yang rasional tapi ada juga lohyang kejadia **katanya

    BalasHapus
  23. hmm...
    bisa jadi istriku dulu kalo nyapu halaman juga ndak bersih
    :-/

    BalasHapus
  24. hehe... ada-ada saja ,jangan2 bantalnya itu ada virus udunnya pak

    BalasHapus
  25. ndak percaya.titik. ya mungkin itu sekedar g sopan, wong bantal buat kepala kok y di ambon amboni pantat

    BalasHapus
  26. klo makan sambil tiduran ntar jadi ularrrr...
    takut ahh..

    BalasHapus
  27. haha ,, lucu sekali ,, menarik gan

    BalasHapus
  28. hehee.......lucuu........, aq percaya kamu bohong, hehehee
    keren gan, di tunggu artikel lainnya ya..mantab

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~