Bhinneka Tunggal IPA

18 Desember 2008



Y
ang punya anak kelas 1 SMA, sebentar lagi akan terima rapor bukti kemajuan yang dicapai anak kita. Wali kelas pasti mengingatkan, bahwa semester depannya ada kenaikan dan penjurusan. Sebagai orang tua, wajib hukumnya untuk tau itu sejak dini, hingga tidak kecewa di kemudian hari.


Apa makna penjurusan bagi anak kita?.
Sederhana saja, penjurusan itulah arah anak kita nantinya, ikut jadi penentu anak kita besok jadi apa. Memang tidak mutlak, tapi kalau anak kita masuk jurusan IPS, jangan mimpi besok jadi dokter atau insinyur, meskipun secara teori, anak IPS bisa ndaftar kedokteran maupun tehnik. Ibarat kura2 ikut lomba terbang, jelas kalah sama burungku.


Masih ada waktu 6 bulan untuk mengupayakan. Kalau anak kita maju di bidang bahasa dan kepariwisataan, biar aja pilih jurusan bahasa. Kita realistis saja, mahasiswa jurusan bahasa sudah bisa menghasilkan uang jajan dengan menjual jasa sebagai penterjemah. Dokter memang menjanjikan, tapi apa semua orang akan jadi dokter. Kalau memang kemampuan dan minat anak ke IPS, biarkan anak kita nyaman di situ, wong yang nglakoni bukan kita. Jangan dipaksa2, jangan menggunakan berbagai cara hanya sekedar anak kita bisa masuk IPA.

Jangan "Bhinneka Tunggal IPA", walau kemampuannya aneka ragam yang penting IPA. Kalau anak kita type burung, jangan dipaksa masuk jurusan lari, kalau anak kita type kijang, jangan paksa masuk jurusan renang dan kalau anak kita type bèbèk, jangan disuruh lari.


Ingat !

Jangan "Bhinnéka Tunggal IPA". Biarkan anak kita nyaman dengan pilihannya, nyaman dengan kesesuaian akademiknya.


Catatan:


  1. Seperempat abad lebih saya melihat fenomena, selalu ada saja orang tua memaksa anaknya masuk IPA. Pernah kejadian, ada anak yang memenuhi syarat masuk ke semua jurusan. Sesuai pilihan yang ditandatangani orang tua, anak tersebut diplot ke IPA. Anaknya stress karena pengin ke IPS. Dengan diantar ibuknya, anak tersebut menemui saya yang kebetulan tugas saya adalah mendistribusikan murid ke kelas sesuai jurusannya. Pagi harinya bapaknya datang ke sekolah sambil marah2 pada saya. Ternyata bapaknya ndak mengijinkan anaknya pindah IPS. Saya kaget, bukankah kemarin ibuknya menemui saya untuk mindah anaknya ke IPS sesuai kemauan anak?. Usut punya usut, ternyata orang tua tersebut sudah bercerai. Asem Tenan. Lha kalau begini saya mesti nuruti siapa?. Apa saya musti berperan jadi Hakim Agama?.
  2. Ndak usah orang awam, guru sendiripun banyak yang memaksakan kehendak untuk mengupayakan anaknya agar masuk IPA, tentu saja dengan segala daya upaya dan rekayasa
  3. Ini bukan salah kita, juga bukan salah sistemnya. Ini kesalahan orang2 di belakang sistem. (Saya tidak di belakang sistem tapi di dalam sistem)

  4. Saya ngajar Matematika, tapi anak saya masuk jurusan IPS. Sumpah!
  5. Monggo disimpulkan sendiri...


mastermini
Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

51 komentar :

  1. anything, i want to XI-IPA next year

    BalasHapus
  2. MAtematika Tinggal IPA, berarti IPA terakhir tesnya ...........

    BalasHapus
  3. Ben IPA Tunggal MAtematika

    BalasHapus
  4. Dulu waktu kelas 1 SMA saya paling jagoan soal Fisika. Ketika penjurusan saya milih IPS, dan saya jadi satu-satunya dari 8 anak di keluarga yang sekolah SMA Jurusan IPS, juga satu-satunya yang bisa kuliah dobel dalam waktu bersamaan, juga pemegang rekord NEM tertinggi di keluarga, bukan hanya saudara2, ponakan2 saya pun belum bisa memecahkan rekord nilai saya sampai sekarang. Hebat kan??? hehehe
    *Komentar bapak saya waktu saya milih Jurusan IPS, "Enjoy your life"... sampai sekarang saya masih enjoy aja, ha ha ha...

    BalasHapus
  5. Kalau ndak percaya POTONG UTANGKU! hehehe

    BalasHapus
  6. Yach biasanya IPA adalah segala-galanya...
    Dulu temen ane ada yang mau bunuh kediri gara2 masuk IPS

    BalasHapus
  7. banyak orang tua yang ingin menaikkan gengsi melalui anak
    kasihan anak harus menanggung beban yang tidak perlu

    BalasHapus
  8. saya dulu waktu sma tahun 90an sebenarnya pilih ips alasannya sederhana "ceweknya cuantik-2"
    tapi bapak saya memberi ultimatum kalau tidak IPA lebih baik pindah STM, akhirnya masuk IPA dan sekarang jadi tukang angkat-angkat

    BalasHapus
  9. aku dulu mau masuk jurusan bahasa..., tapi karena nggak ada di sekolahku maka masuklah aku ke IPA...

    BalasHapus
  10. Itu sama juga dengan diriku dulu dan sekarang. Sekarang saja, bapakku sering menyayangkan kalau aku tinggal di rumah saja di luar negeri lagi. Katanya, "Mbok ya sekolah lagi ambil master lalu doktor!"

    Kalo dulu omongannya masih aku turuti karena ancamannya penutupan kran finasial. Sekarang mah cuek aja. Lha wong aku ambil hakku nganggur untuk momong anak, negara bayar lagi. Sekarang dia ngak bisa ngancam-ngancam, karena aku bebas merdeka.

    Oh ya, dulu aku masuk IPA/Fisika dan kuliah teknik. Tahu ngak kerjaku apa? Malah jualan yang mengutamakan kemampuan bahasa.

    BalasHapus
  11. Duh pada ngomongin apaan siy? Maria Eva? Bukankah sekarang pamornya sedang turun?
    Saya dulu pernah kuliah Di MIPA, tapi ndak lulus akhirnya dagang MIPAngsit.... hehehehe

    BalasHapus
  12. Stigmanya kali pak. kalo masuk ips dianggep anak bodo'.
    atau mungkin karena kalau masuk IPA nantinya bisa jadi apa saja , beda kalau masuk IPS.
    ah mending masuk stm saja pak kayak saya ... padahal habis gitu dulu diomelin bapak "Ngapain masuk stm" ... "ikut-ikutan pak " .. hehehe

    BalasHapus
  13. wedew kalo jaman saya dulu jurusan "IPA" anaknya pinter2(katane seperti itu)

    Tapi untung pada saat itu saya ngk masuk SMA/SMU tapi STM he he he

    BalasHapus
  14. Salam kenal

    BalasHapus
  15. Sama Mas, ibuku guru matematika tapi saya masuk IPS (SMAN 1 Tasikmalaya Th. 94) (kata orang sih saya lumayan pinter :D )jadi bukan berarti saya gak bisa masuk IPA, tapi saya pikir di IPS lebih banyak ilmu yang berguna buat kehidupan. Ya waktu berlalu..... takdirnya saya jadi PNS :D

    BalasHapus
  16. kalo anaknya tipe cebong jangan dipaksain jadi macan
    megap megap di daratan

    BalasHapus
  17. wah emang iya juga yah kalo di paksa meski ke IPA kasihan yah kalo emang punya kemampuan sih ngggak masalah kalo endak kan repot ..kalo saya nggak pake SMA sih jurusannya Mesin D3 mesin S1 Elektro S2 Tehnik hahaha salam mbah guru kalo jadi kesemarang Insya Allah pengen mampir ke kendal

    BalasHapus
  18. betul, pak..
    kalo cita-citanya sekedar mo ngeblog dan cari duit di internet,
    ngapain juga stress milih mo ipa atau ips. toh daftar di adsense atau sponsor review ga ditanyain tuh kita jurusan apa.

    BalasHapus
  19. Percuma pinter pinter milih jurusan IPA ... mau kerja dimana? Mendingan di IPS aja, lapangan pekerjaan banyak dan kalau nanti mau kelola usaha sendiri juga sudah ada dasar.

    BalasHapus
  20. iyah walaupun saya dari IPA...tapi saya bingung koq ada yang menganggung-anggungkan jurusan ini sedemikian tingginya...perasaan biasa aja deh...

    BalasHapus
  21. Wkt SMA sy msk jurusan IPA. Tp suka kasian y.. kl jurusan IPS itu di anggap jurusan buat anak-anak yg gak terlalu pinter. Padahal seharusnya gak begitu ya... Kl mau jadi ahli ekonomi atau ahli bahasa misalnya kan gak perlu masuk IPA juga..

    BalasHapus
  22. klo anaknya malas hitung2an pasti masuknya IPS :)

    BalasHapus
  23. Saya seneng mata pelajaran untuk jurusan IPA karena bisa dipake buat itungan-itungan togel Singapura, hahahahhaaa

    BalasHapus
  24. bener tuh bang biar mereka pilih sendiri

    BalasHapus
  25. IPA IPS sama saja.. yang penting ilmunya

    BalasHapus
  26. ga' bisa komeng pak..

    aku ga' ngerasakke SMA..

    SMP langsung STM jd wes langsung Jurusan Jaringan KAbel

    BalasHapus
  27. teniin lho pak..aku tuh STM.

    ngeplurk ya pak?


    hehe titip plurk aja yaa "chita_cute (sedang) nongkrong di BLOG M" jgn lupa BLOG M nya ngelink sini ya paak...

    BalasHapus
  28. Memang betul ada 'image' bahwa IPS itu 'kelas dua' dibandingkan dengan IPA, tapi sebetulnya tiap orang punya bakat dan talenta sendiri.

    Saya dulu IPA, kalo dulu disuruh IPS, mungkin hasilnya tidak optimal alias jeblok.. saya anggap ilmu ekonomi, IPS itu lebih sulit daripada IPA.. jadi kalo bukan bakatnya.. memang hasilnya jelek..

    Itu gara2 Pemerintah yang meng'kelasdua'kan IPS dengan memperbolehkan anak IPA bisa pilih jurusan IPA atau IPS di Sipenmaru/ UMPTN, tapi anak IPS ga boleh pilih jurusan IPA.

    Wis wis wis.. wis kadung... yang penting saat bekerja, bisa sekuat tenaga utk mengaktualisasikan. Saya tidak tanya pada orang: kamu jurusan apa dulu nya? IPA atau IPS?

    Malah dulu th 87an ada jurusan Bahasa segala.. kalo menurut saya sih enak jurusan 'bahasa tubuh"..

    BalasHapus
  29. kita jangan jaga gengsi tapi mengukur dari pada kemampuan Aqiu...Thanks

    BalasHapus
  30. kakak saya IPA, tapi saya jurusan keagamaan. sumpah!

    BalasHapus
  31. saya jurusan ke surabaya aja mas

    BalasHapus
  32. banyak cewek yang dari IPA kerjanya di bank. alasannya gampang, yaitu masuk gampang enak, rapi, wangi, ber AC, masuknya juga gampang. GUBRAKK!@#$$%

    BalasHapus
  33. Sumpah juga pak Mar...aku nggak punya niat masukkan anakku di IPA...anakku biar di SMK aja seperti pesan Mendiknas..SMK Bisa !

    BalasHapus
  34. HIDUP IPA!!
    walau alasan saya masuk IPA sangat konyol (membuktikan bahwa "sekolah di Madrasah 'Aliyah non-negri ujung-ujungnya selalu kuliah hanya di Sekolah-sekolah tinggi agama", seperti kata sodara-sodara saya yang cukup membat kuping saya berasap, itu tidak benar), tapi sekarang saya senang bisa kuliah di Teknik Sipil berkat embel-embel I.P.A. walau cuma di Malang.

    BalasHapus
  35. sistem sombong, masih SMA aja udah dijurusin, dikotak-kotakan, iki pinter iki bodo, iki exak iki sosial,
    apatah artinya...sombong sekali, mending ke SMK lebih jelas...
    salam kenal pak ..tabik

    BalasHapus
  36. di sini ada pengelompokan tapi tetap semua orang bisa masuk ke kedokteran misalnya (asal berusaha) ...
    Kalau memang tidka mampu di IPA kenapa harus dipaksa?

    EM

    BalasHapus
  37. setelah belajar bahasa sekarang belajar ipa, keep posting pak

    BalasHapus
  38. sperti saya dulu.. ambil IPA, ternyata kuliah sampai berkarir di grafis... tp gpp.

    BalasHapus
  39. anak sulungku masih klas satu SD, slasa besok bagi raport..hiks

    BalasHapus
  40. Waduh, komen apa yak,...
    Zaman SMA, saya sempat bingung juga:
    1. kalo masuk IPA,gak bisa MAFIA babar blas!
    2. MAsuk IPS, males ngapalin sekian teori yang berjubel
    3. Akhirnya masuk kelas bahasa
    4. Ortu mah adem ayem aje (sak'karepmu, apik lan ora kowe dewe sing ngrasakke)
    5. dan Tuhan mentakdirkanku jadi guru bahasa Indonesia

    BalasHapus
  41. Hmmm.. bingung juga ya.. tp kalo disuruh pilih jadi dokter atau pemusik, saya pilih jadi dokter yg pemusik :D

    BalasHapus
  42. Saya mantan anak IPA, tapi dulu milihnya demi gengsi emang, aneh juga ya

    BalasHapus
  43. Bukannya apa, soalnya anak IPS dulu di SMA saya itu kesannya yang malas belajar dan suka kongkow bareng gak jelas :)

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. IPA yes, IPS yes ... yg penting sukses

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~