Aneka Bumbu Dapur

2 November 2012
Tak bisa dibayangkan apa yang terjadi jika di dunia ini tak ada bumbu dapur. Semua masakan pasti hambar adanya. Kita yang ada di Indonesia pantas bersyukur karena negara kita kaya akan bahan untuk bumbu dapur.

  • KETUMBAR
    Jika ingin mendapatkan aroma ketumbar yang tajam, sebaiknya disangrai dulu sebelum dihaluskan.
  • ASAM JAWA
    Cara menggunakan asam jawa yang benar adalah hanya menggunakan air asamnya saja. Rendam dalam air hangat, aduk lalu saring. Asam jawa berfungsi untuk memberi rasa masakan menjadi lebih mewah.
  • BAWANG MERAH
    Bawang merah adalah bumbu dapur yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan tradisional Indonesia. Cara penggunaan dalam masakan adalah dapat diiris atau digiling halus.
  • BAWANG PUTIH
    Seperti halnya bawang merah, bawang putih pun termasuk bumbu dapur yang banyak digunakan. Bisa diiris atau dikeprak sebelum digunakan bersama bumbu dapur lainnya. Bawang putih yang sudah dikupas dapat disimpan tahan lama dalam wadah tertutup yang kering dan taruh di dalam kulkas bagian bawah, jangan dicampurkan dengan bahan sayuran lainnya yang berkondisi basah.
  • KEMIRI
    Agar kemiri tahan lama disimpan, sebaiknya disangrai terlebih dahulu hingga berwarna agak kecokelatan. Simpan dalam wadah tertutup dan siap digunakan kapan saja. Kemiri digunakan untuk membuat masakan menjadi gurih.
  • CABAI MERAH
    Cabai merah terdiri dari dua macam, yaitu cabe merah besar dan cabe merah keriting. Jika suka dengan masakan yang tidak terlalu pedas dan warna masakan lebih menarik, gunakan cabe merah besar. Namun jika doyan masakan yang pedas-pedas, gunakanlah cabe merah keriting tetapi warna masakan yang dihasilkan tidak terlalu merah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, padukan kedua jenis cabe tersebut dalam satu masakan.
  • DAUN SALAM
    Daun salam digunakan sebagai pengharum masakan. Boleh digunakan daun salam utuh yang masih segar (baru dipetik) atau yang sudah kering dikarenakan rasa masakan yang akan dihasilkannya sama saja.
  • MERICA Merica termasuk bumbu dapur yang harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ingin praktis, sekarang ini sudah banyak dijual merica bubuk di pasaran yang siap pakai.
  • KUNYIT
    Kunyit yang berwarna kuning ini akan lebih mudah dikupas kulitnya jika dibakar dulu hingga berwarna kehitaman. Selain membuat warna masakan menjadi menarik (baca: orange menyala), kunyit juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari masakan. Kunyit sebaiknya disimpan dalam wadah terbuka dan kering. Jika ingin praktis dan tidak suka jari terkena warna kuning dari kunyit, sudah banyak dijual kunyit bubuk di pasaran.
Selamat memasak bagi yang suka masak, jangan lupa gunakan bumbu secukupnya saja.


Postingan ini dilengkapi fasilitas pengaturan jenis dan ukuran font.
Pilih dan atur sesuai selera agar nyaman di mata. Terima Kasih.

48 komentar :

  1. arikelnya mantap gan..................

    BalasHapus
  2. Sebenarnya Bumbu dapaur masih banyak lagi...Namun Asli Indonesia yang mana Ya..hehehehhee salam Blogwalking...

    BalasHapus
  3. mantap gan infonya makasih banget .. memang blog ini keren sekali... semoga blog ini semakin banyak pengunjungnya.. amin.. keep your blog until the end..

    BalasHapus
  4. udah gak asing lagi gan sama yang namanya bumbu dapurmah tiap hari pasti liat

    BalasHapus
  5. terimakasih banyak atas tipsnya sangat bermanfaat sekali tuk saya........!

    BalasHapus
  6. Hallo sobat ? ikut gabung sini lagi ya

    BalasHapus
  7. Makin mantab aja ni sob informasinya

    BalasHapus
  8. mantap seklai gan ... bubur aku banget ....

    BalasHapus
  9. mantap deh ganinfonya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  10. Makasih buat infonya infonya sampe ngos ngosan nih bacanya ..heheee
    tetap semangat menjalankan aktivitas di dunia bloging yah gan..
    :D

    BalasHapus
  11. bumbu dapur itu sangat penting buat masak.karena tidak akan enak bila tidak memakai bumbbu-bumbu tersebut

    BalasHapus
  12. Signature dish...hmm,indonesia memang kaya rempah2!!
    berbagai macam bumbu dapur pun bisa ditemukan di indonesia

    BalasHapus
  13. wah, kalo melihat bumbu,, bawaannya pengen ngintip dapur nih..

    BalasHapus
  14. bumbu dapur buat masak daging gan ha ha ...

    BalasHapus
  15. bumbu dapur yang selalu ikut dalam masakan apapun.

    BalasHapus
  16. indonesia memang kaya akan rempah-rempah.

    BalasHapus
  17. yang paling sering saya ikut sertakan dalam masakan sehari-hari yaitu kemiri, ketumbar, bawah putih, cabe sama bawang merah.

    BalasHapus
  18. artikel yang bagus untuk pembelajaran bumbu masak bagi yang baru pertama kali akan belajar masak.

    BalasHapus
  19. makasih gan atas infonya suatu keberuntungan ane bisa terdampar di blog ini.. blog sangat bagus... makasih yah sekali lagi moga z blog ini tercatat dalam dunia search engine GOOGLE dan lainnya.

    BalasHapus
  20. sukses terus buat blognya kawan.. :)

    BalasHapus
  21. Nice share broo..
    Mudah2an bermanfaat buat kita2 :)
    Keep poting yaa..

    BalasHapus
  22. bumbu dapur buat bikin makanan spesial ha ..

    BalasHapus
  23. Saya kalau masak lebih banyak bumbu bawang putihnya, kalau kurang rasanya gimana gitu..

    BalasHapus
  24. ngmeng" masak jadi laperrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  25. Indonesia memang kaya akan rempah...

    BalasHapus
  26. untung yaaa kita jadi org indonesia.. :D

    BalasHapus
  27. masih bnyak lagi tuh yang blum di sebutin bumbunya..hhe

    BalasHapus
  28. bumbu dapur khas Indonesia selalu Laziesssss :D

    BalasHapus
  29. jadi teringat jaman bunda belajar masah, semua dicatat dengan indah

    BalasHapus
  30. infonya mantaapp gan. . .
    makasih bnyak...

    BalasHapus
  31. wh kayaknya nikh buat yang mau belajar masak ,hhe

    BalasHapus
  32. sukses terus buat blognya yah.

    BalasHapus
  33. Indonesia kaya akan rempah rempah dan sebagainya.

    BalasHapus
  34. makasih bamyak gan informasi nya, , ini artikel nbukan sekedar membahas bumbu dapur, tapi menurut saya ini artikel ini juga membahas ke kayaan hasil alam indonesia, yaitu rempah-rempah yang bnyak tumbuh di indonesia.

    BalasHapus
  35. Luar biasa sekali bumbu dapur hasil alam indonesia ini. dengan tips dari agan kita bisa lebih memaksimal bumbu dapur itu agar masakan menjadi lebih enak.

    BalasHapus
  36. ini sangat bagus nih buat pengetahuan kita tentang bumbu dapur, dan cara memaksimalkan bumbu dapur tersebut. langsung saja kasih tahu orang tua kita, agar masakan di rumah menjadi lebih mantap.

    BalasHapus
  37. ternyata bumbu dapur yang sering ibu kita gunakan untuk memasak ternyata masih bisa di maksimalkan.

    BalasHapus
  38. aku ga tau tu yang bekituan

    yang aku tau cuma siap utuk di makan

    jheheeeee

    BalasHapus
  39. makasih gan atas infonya. . bermanfaat banget
    update terus ya gan info terbarunya.

    BalasHapus
  40. Mantap banget gan. . sajikan terus ya artikel-artikel lainnya
    salam seha

    BalasHapus

Random Post

Back to top

Sugeng

Selamat
Hari

Have
a nice day

~mars~